Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Innovation

SIPANDA, Aplikasi Pengaduan Masyarakat dan Pengawasan Pembangunan Infrastruktur Daerah

13 September 2021
in Headline, Innovation
Reading Time: 2 mins read
Aplikasi SIPANDA

Aplikasi SIPANDA. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pemerintah terus mendorong pembangunan yang transparan dan bertanggungjawab. Dengan demikian, masyarakat dapat melihat progres pembangunan infrastruktur beserta anggarannya. Selain itu dapat juga memberikan saran dan kritik terhadap pembangunannya.

Merujuk pada UU No. 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik dijelaskan tentang pentingnya keterbukaan publik untuk mewujudkan partisipasi dan penyelenggaraan negara yang transparan, efektif, efisien, dan akuntabel, kemudian keterbukaan publik merupakan hak asasi dari setiap warga negara.

Hal ini mendorong tim mahasiswa Telkom University menciptakan sebuah aplikasi SIPANDa. Aplikasi ini solutif untuk Sistem Pengaduan dan Pengawasan Insfrastruktur Daerah (SIPANDA). Aplikasi ini dapat membantu masyarakat serta pemerintah/instansi untuk memantau progres pembangunan infrastruktur yang sedang dan akan berlangsung.

Aplikasi ini dikembangkan oleh lima mahasiswa jurusan sistem Informasi, Fakultas Rekayasa Industri dan Teknik Telekomunikasi, Fakultas Teknik Elektro Telkom University, diantaranya Ahmad Faris Hisyam Maulana, Dea Rahman Fauzi, Muhammad Azaria Widyadhana, Nur Muhammad Fadhilah, dan Nur Rizki Rahmatulloh.

Baca juga :   KPU Jabar dan Tel-U Gelar Kompetisi Aplikasi Bagi Penyandang Tunarungu

Lalu bagaimana aplikasi ini bekerja dalam menciptakan keterbukaan informasi dalam pembangunan infrastruktur? Fadhil menjelaskan, SIPANDA memungkinkan masyarakat untuk dapat melihat progres pembangunan infrastruktur beserta anggarannya. Selain itu dapat juga memberikan saran dan kritik terhadap pembangunannya. Bagi Pemerintah/Instansi, SIPANDA dapat dimanfaatkan untuk mengawasi progres pembangunan serta penggunaan anggaran. Pemerintah juga bisa melihat feedback dari masyarakat.

“Saat ini kami sudah mengajukan proposal ke Kabupaten Bandung untuk implementasi aplikasinya, semoga saja dalam waktu dekat sudah bisa digunakan oleh warga kabupaten Bandung sebagai langkah awal, dan mudah-mudahan bisa digunakan oleh warga Indonesia demi mewujudkan infrastruktur di Indonesia menjadi lebih baik,” ungkap Fadhil dalam siaran pers Humas Telkom University.

Selama pengembangan aplikasi, para mahasiswa tersebut dibimbing oleh Warih Puspitasari S.Psi., M.Psi,dosen Sistem Informasi Telkom University.

Baca juga :   Telkom University Jadi PTS Terbaik Untuk 2 Bidang Keilmuan Versi THE WUR

“Alhamdulillah kampus (Telkom University) selama ini membantu persiapan untuk maju persiapan Monev (PKP2) seperti pembekalan teknik presentasi, pembekalan monev internal, pemantauan progres kesiapan PKM dan juga proaktif membantu memberikan saran dan masukan apabila ada kesulitan dalam pembuatan aplikasi yang kurang kami pahami” jelas Fadhil.

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari hadirnya aplikasi SIPANDA ini, adalah membuat masyarakat lebih aktif serta kritis terhadap kebijakan pembangunan di sebuah daerah. Aplikasi ini juga bisa menjadi wadah aspirasi masyarakat kepada pemerintah. Menariknya, aplikasi SIPANDA dibuat oleh mahasiswa Telkom University yang menjadi aplikasi perantara antara masyarakat dan pemerintah.

Hal yang melatarbelakangi pembuatan aplikasi ini adalah untuk menciptakan transparansi serta hubungan timbal balik antara masyarakat dan pemerintah. Mengingat bahwa keterbukaan informasi publik dari pemerintah merupakan hak setiap warga Indonesia.

Baca juga :   THE Impact Rankings: Telkom University Menjadi PTS Terbaik di Indonesia

Warih Puspitasari selaku dosen pembimbing juga berharap aplikasi ini dapat memberikan dampak positif serta membantu mengurangi tingkat korupsi di Indonesia.

“Dengan hadirnya aplikasi SIPANDA ini, masyarakat dapat melaporkan permasalahan terkait infrastruktur di sekitar mereka dan turut serta memonitor proses pengerjaan pembangunan infrastruktur secara aktif dan masif. Bagi pemerintah sendiri, harapannya aplikasi ini akan dapat membantu pemerintah dalam mengawasi perkembangan proyek infrastruktur daerah dan memantau anggaran proyek infrastruktur secara langsung dan pemerintah dapat memantau kinerja proyek infrastruktur dari hasil feedback yang diberikan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Sejak diluncurkan pada Mei 2021 aplikasi masih terus disempurnakan hingga saat ini. Aplikasi mobile SIPANDA yang diperuntukkan untuk warga masih tahap proses pengunggahan ke Play Store. Sedangkan untuk versi website untuk pemerintah dan kontraktor/vendor sudah bisa diakses melalui halaman sipanda.my.id.

 

STEVY WIDIA

Tags: aplikasi SIPANDAFakultas Rekayasa Industri Teknik TelekomunikasiFakultas Teknik Elektro Telkom UniversitySistem Pengaduan dan Pengawasan Insfrastruktur Daerah (SIPANDA)Telkom University
Previous Post

Penggunaan Instalasi PLTS Atap Meningkat, Percepat Target Energi Baru Terbarukan

Next Post

ShopeePay Gelar Google Play Festival Untuk Fasilitasi Kebutuhan Hiburan Masyarakat

Related Posts

Alibaba Cloud x Telkom University
News

Perkuat Pengembangan Talenta AI di Indonesia, Alibaba Cloud Gandeng Telkom University

14 Agustus 2025
0
Feedloop - Telkom University
News

Dorong Kemajuan Pendidikan dan AI, Feedloop AI dan Telkom University Berkolaborasi

27 Maret 2024
0
EDOTCO x Tel-U
News

Kolaborasi Tel-U, EDOTCO, dan TIP untuk Merevolusi Lanskap Telekomunikasi di Asia Tenggara

28 Februari 2024
0
Load More
Next Post
google play

ShopeePay Gelar Google Play Festival Untuk Fasilitasi Kebutuhan Hiburan Masyarakat

NeptuneTV

Sajikan Informasi Mendalam Tentang Sektor Kelautan dan Perikanan, IndiHome Resmi Siarkan NeptuneTV KKP

Bank Neo

Kantongi Izin OJK, Jumlah Nasabah Bank Neo Commerce Meningkat Cepat

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version