SIRCLO Akuisisi Warung Pintar, Perkuat Layanan Omnichannel bagi UMKM

Sirclo Warung Pintar

kiri-kanan: Agung Bezharie & Brian Marshal. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - SIRCLO mengakuisisi startup Warung Pintar. Pasca akuisisi, Warung Pintar tergabung sebagai bagian dari SIRCLO Group untuk bersama-sama menghadirkan solusi omnichannel menyeluruh bagi principal atau brand, distributor, pelaku usaha, hingga end-consumer—baik secara online maupun offline.

CEO SIRCLO Group Brian Marshal mengatakan, akuisisi ini didasari oleh kesamaan misi SIRCLO dan Warung Pintar untuk mempermudah seluruh pelaku usaha di Indonesia untuk berjualan di berbagai channel dari online hingga offline.

“Setelah lebih dari 8 tahun bergerak di model bisnis B2B (business-to-business) bagi brand berskala enterprise dan entrepreneur, kami menyadari bahwa ekosistem ritel tidak luput dari peran warung dan toko kelontong sebagai salah satu opsi pemenuhan kebutuhan harian masyarakat Indonesia. Pentingnya ketersediaan produk, efisiensi alur distribusi, kemudahan akses bagi brand untuk menjangkau para mitra hingga end-consumer, serta potensi warung terhadap sektor ekonomi secara umum, mendorong kami untuk turut berfokus pada model bisnis B2B2C dengan menggandeng Warung Pintar ke dalam ekosistem kami,” ungkap Brian dalam keterangan pers, Rabu (26/1/2022).

Menurut dia, memanfaatkan keandalan dari segi infrastruktur teknologi dan jaringan distribusi ritel, SIRCLO dan Warung Pintar memperkuat posisinya dengan mendongkrak potensi model bisnis B2B2C (business-to-business-to-consumer) melalui strategi omnichannel commerce, yang mengkombinasikan kanal penjualan online dan offline secara seimbang.

Melalui akuisisi ini, SIRCLO Group mencatatkan, lebih dari 150.000 brands, lebih dari 500.000 pemilik warung atau toko kelontong, jangkauan terhadap lebih dari 25 juta end-consumers serta lebih dari 80 titik distribusi di seluruh Indonesia.

“Langkah strategis ini merupakan wujud komitmen SIRCLO untuk memperluas layanan enabler dan mengakomodasi lebih banyak pelaku usaha dengan skala yang lebih luas agar dapat merambah pasar online,” kata Brian lagi.

Sementara itu, Co-Founder dan CEO Warung Pintar Agung Bezharie mengatakan, langkah strategis ini akan menambah strategic value untuk mengakselerasi perkembangan produk dan layanan Warung Pintar.

“Ke depannya, kita ingin membuka lebih banyak kesempatan dan membawa transparansi serta efisiensi yang lebih baik bagi setiap pelaku UMKM, sehingga warung dapat pulih dari dampak pandemi dan tumbuh bersama,” ujarnya.

Selain itu, menurut Agung, sinergi ini dapat mengakomodasi brand untuk meningkatkan visibilitasnya ke warung sebagai kanal distribusi terbesar di Indonesia, sehingga principal atau brand mampu menjangkau lebih banyak end-consumer.

Akuisisi Warung Pintar oleh SIRCLO Group akan menggabungkan hampir 2.000 karyawan, di mana Warung Pintar akan terus beroperasi sebagai entitas mandiri yang terintegrasi sebagai layanan new retail di bawah payung SIRCLO Group.

Pada tingkat manajemen, Brian Marshal kini merupakan CEO SIRCLO Group dan Agung Bezharie (Co-Founder dan CEO Warung Pintar) akan memimpin pilar bisnis SIRCLO yang baru yakni layanan ‘New Retail’. Selain itu, Danang Cahyono akan memimpin pilar bisnis ‘Enterprise Solutions’ dan Ferry Tenka akan memimpin pilar bisnis ‘Entrepreneur Solutions’.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version