youngster.id - Perusahaan e-Commerce SIRCLO mengumumkan perolehan pendanaan sejumlah senilai US$36 juta atau sekitar Rp 515 miliar. Investasi ini akan digunakan untuk mengembangkan kapabilitas teknologi yang ditawarkan perusahaan, serta mengakselerasi digitalisasi ritel bagi berbagai usaha di seluruh Indonesia.
Putaran pendanaan kali ini dipimpin oleh East Ventures (Growth Fund) dan PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. (Saratoga), dengan partisipasi dari Traveloka, Sinar Mas Land, dan investor lainnya.
“Dengan suntikan dana ini, kami berencana membangun momentum tingginya minat konsumen untuk berbelanja di kanal e-commerce selama masa pandemi dan setelahnya,” ujar Brian Marshal, Founder dan Chief Executive Officer SIRCLO dalam keterangannya Senin (13/9/2021).
Brian menyebut SIRCLO terus berpegang pada misi perusahaan membantu para pemegang merek berjualan online melalui pendekatan omnikanal.
“Kisah sukses seluruh brand partner inilah yang turut mendongkrak pertumbuhan kami secara lebih pesat. Kami yakin dapat terus meningkatkan kapabilitas solusi kami dalam menjamin kesuksesan klien dan brand partner,” tutur Brian.
Sebelumnya SIRCLO telah mengembangkan platform Software-as-a-Service bernama SIRCLO Store, untuk membantu brand berjualan online melalui berbagai berbagai kanal sekaligus, seperti website, marketplace, dan penjualan berbasis percakapan (chat commerce).
Pengembangan kapabilitas SIRCLO Store terus dilakukan dengan pendekatan omnichannel, sehingga pemilik merek semakin dimudahkan untuk menjangkau konsumen dari berbagai kanal penjualan online utama di Indonesia.
Selain itu, SIRCLO juga melebarkan kapabilitas teknologi bagi klien dengan menghadirkan dasbor yang mampu menganalisis data transaksi usaha dari berbagai kanal penjualan secara real-time.
Dalam rangkaian inisiatif Online-To-Offline (O2O), SIRCLO tengah mengembangkan solusi finansial yang ditujukan untuk mendukung para pelaku UMKM agar semakin percaya diri dalam bersaing dengan pemain-pemain ritel yang berskala lebih besar.
Presiden Direktur PT Saratoga Investama Sedaya Tbk., Michael W.P. Soeryadjaya, menyatakan investasi ini merupakan kesempatan sangat baik bagi Saratoga untuk memperkuat dukungan di sektor teknologi digital. “Ini akan menyediakan posisi pijakan yang mantap untuk mengkapitalisasi pasar e-commerce Indonesia yang tumbuh dengan pesat, didorong oleh demografi yang menguntungkan dan peningkatan UMKM di Indonesia,” katanya.
“SIRCLO adalah salah satu contoh klasik dari startup yang melakukan maraton. Sejak didirikan pada tahun 2013, kami merasa bahwa SIRCLO agak terlalu cepat dari market-timing. Namun, fokus akan visi dari pendiri SIRCLO yang konsisten sejak awal membuat mereka bisa bertahan dan tumbuh selama ini,” tutur Willson Cuaca, Co-Founder dan Managing Partner East Ventures.
Sepanjang masa pandemi, SIRCLO mencatat lonjakan transaksi hingga 5x lipat yang didorong oleh perubahan perilaku konsumen selama pandemi COVID-19. Hingga tahun ini, SIRCLO telah membantu lebih dari 100.000 brand untuk berjualan online, baik dari skala pengusaha perseorangan, UMKM, hingga perusahaan-perusahaan besar.
STEVY WIDIA
Discussion about this post