youngster.id - Program pemberdayaan perempuan dari PT XL Axiata Tbk Sisternet telah menjaring 1.024.139 perempuan Indonesia sebagai penerima manfaat. Program yang tersebar di 21 kota/kabupaten ini menyediakan 1.480 kelas edukasi dengan total 177.890 jam sesi kelas, serta memberikan 1 juta kuota internet. Dengan kontribusi selama tahun 2024, Sisternet juga berhasil mendorong UMKM Perempuan Indonesia meraih peningkatan hingga 13% profit, 75% digitalisasi, serta 30% kualitas barang.
Group Head Corporate Communications XL Axiata, Reza Zahid Mirza mengatakan, pencapaian ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak perempuan untuk bergabung dan memanfaatkan platform ini dalam perjalanan mereka.
“XL Axiata berharap dapat memberdayakan perempuan untuk menjadi lebih mandiri dan sukses dalam menjalankan bisnis mereka, serta berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif di Indonesia,” katanya dikutip Sabtu (28/12/2024).
Reza mengungkapkan, Sisternet telah meluncurkan berbagai program strategis yang dirancang untuk memberdayakan perempuan dari berbagai latar belakang. Mulai dari pelatihan literasi digital, dukungan kepada UMKM perempuan, hingga inisiatif pemberdayaan perempuan di bidang karir tentang kepemimpinan , Sisternet telah menjadi mitra terpercaya bagi perempuan Indonesia dalam mengatasi berbagai tantangan, termasuk akses terhadap teknologi dan pengembangan keterampilan.
Di tahun 2024, Sisternet juga memperluas jangkauan programnya dengan melibatkan lebih banyak kolaborasi dengan lebih dari 40 mitra strategis yang di antaranya adalah Bank OCBC, Grab Indonesia, ERHA Clinic Group, Glints Indonesia, Kementerian PPPA, dan berbagai universitas yang berada di Indonesia.
“Melalui kolaborasi dengan para mitra strategis, Sisternet terus berinovasi dalam merancang program-program baru yang relevan dengan kebutuhan perempuan masa kini. Di tahun 2025, Sisternet memiliki target 2,5 juta penerima manfaat, ” katanya.
Sekarang ini fitur Aplikasi Sisternet menawarkan solusi baru yang memudahkan bagi pengguna. Seperti Finansister, solusi digital untuk membantu womenpreneur mengelola keuangan dengan mudah dan mengakses produk serta layanan keuangan.
Lalu ada Toko Sister, platform untuk meningkatkan produktivitas UMKM melalui perluasan brand awareness dan pengembangan channel penjualan.
Kemudian untuk pengembangan diri, hadir fitur kompetisi yang menawarkan berbagai lomba menarik di bidang bisnis, kreativitas, dan pengembangan diri. Selain itu ada agenda berbagi jadwal acara seperti webinar untuk edukasi seputar bisnis dan pengembangan diri. Tak ketinggalan kumpulan artikel informatif tentang bisnis, teknologi, gaya hidup, kesehatan, dan pemberdayaan perempuan.
“Bagi perempuan yang mencari peluang karir ada fitur Vakansis yang menyediakan informasi dan peluang karier di dunia profesional yang dapat diikuti oleh member Sisternet. Fitur ini terhubung langsung dengan sistem rekrutmen karyawan XL Axiata dan juga job aggregator di Indonesia, sehingga memudahkan pengguna menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian mereka,” kata Reza.
Bukan hanya aplikasi saja, tetapi Sisternet juga menggelar kompetisi Modal Pintar, untuk UMKM perempuan dengan hadiah berupa pelatihan bisnis intensif dan pendanaan untuk pengembangan usaha UMKM Perempuan yang tersebar lebih di 12 (dua belas) kota di Indonesia. Kompetisi Modal Pintar memberikan hadiah modal bisnis senilai Rp. 110.000.000 dan akses kepada UMKM perempuan untuk mendapatkan pelatihan bisnis intensif dan pendanaan, yang sangat penting untuk pengembangan usaha mereka. Total binaan Sisternet saat ini terdapat lebih dari 4.000 UMKM Perempuan tersebar di seluruh Indonesia.
Selain itu ada Sisternet Goes to Campus Roadshow ke universitas di 5 (lima) kota besar Indonesia yang dihadiri lebih dari 5.000 mahasiswi. Kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa perempuan tentang kepemimpinan, kewirausahaan, dan pentingnya literasi digital. Program ini mencakup seminar, workshop interaktif, serta diskusi panel bersama para tokoh inspiratif yang telah berhasil dalam berbagai bidang.
Female Future Leader juga telah ditambahkan ke dalam daftar program unggulan Sisternet 2024, dengan fokus pada pengembangan kepemimpinan dan mentoring. Melalui program ini, Sisternet berhasil online roadshow sosialisasi program melalui Instagram live bersama dengan sebanyak 26 (dua puluh enam) universitas yang dihadiri total 67.664 peserta hadir secara online.
Di sisi lain ada program She Inspire untuk memberdayakan lebih dari 1.200 warga binaan lapas perempuan di 10 (sepuluh) kota besar di Indonesia melalui pelatihan keterampilan, dukungan psikologis, dan kewirausahaan. Ada juga Bonus Kuota Sisternet yang menawarkan bonus kuota internet bagi perempuan yang berpartisipasi aktif dalam program-program Sisternet, mendukung akses yang lebih mudah ke materi pelatihan online dan platform digital. Serta Ruang Aman Sister yang dirancang untuk memberikan dukungan emosional dan edukasi kepada perempuan, termasuk sesi diskusi tentang isu-isu sensitif, pelatihan kesadaran diri, dan akses ke layanan konseling profesional.
“Di tahun depan kami berencana untuk menyediakan fitur baru yang menyesuaikan dengan kebutuhan perempuan Indonesia serta memperkenalkan inisiatif baru yang berfokus pada pengembangan teknologi ramah lingkungan dan pemberdayaan ekonomi berkelanjutan, ” pungkas Reza.
STEVY WIDIA
Discussion about this post