Sociolla Gandeng Sukin Untuk Kumpulkan 1 Ton Sampah Industri Kecantikan

Sociolla

CMO Sociolla Chrisanti Indriana. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Masalah sampah di industri kecantikan cukup besar. Pasalnya, sampah bukan saja dari kemasan produk itu sendiri tetapi juga dari pengemasan saat pengiriman penjualan. Peduli akan hal itu itu mendorong platform Sociolla berkolaborasi dengan brand skincare Sukin, meluncurkan inisiatif Waste Down, Beauty Up.

CMO Sociolla Chrisanti Indriana mengatakan, kolaborasi ini sebagai langkah awal dalam perjalanannya menuju industri kecantikan berkelanjutan.

“Sebagai perusahaan beautytech di Indonesia, Sociolla senantiasa berkomitmen bahwa setiap inovasi serta langkah bermakna lainnya dapat terus membawa dampak positif tidak hanya bagi para penggiat kecantikan, namun juga bagi lingkungan,” ujar Chrisanti dalam jumpa pers virtual, Jumat (4/3/2022).

Sebelumnya Sociolla telah meluncurkan kampanye bertajuk “Waste Down Beauty Up”. Melalui kampanye ini, Sociolla mengajak masyarakat agar lebih bijak dalam membeli produk kecantikan.

“Kami ingin memulai dari perilaku konsumen dulu. Setop membeli barang yang kamu gak perlu. Tidak usah beli produk kalau kalian tidak yakin produk itu cocok, gak usah beli kalau cuma karena tren. Tetapi kita bakal bantu kalian menemukan produk yang cocok,” imbuh Santi yang juga Co-Founder Sociolla.

Untuk itu, bekerjasama dengan organisasi Waste4Change, Sociolla berupaya mengepul aneka kemasan bekas produk kecantikan dari segala brand, untuk kembali diolah menjadi barang yang lebih berguna, sehingga dapat mengurangi limbah kosmetik.

“Kami ingin mewujudkan bumi yang lebih indah melalui inisiatif Waste Down, Kindness Up dengan meluncurkan Sociolla X Sukin Recycle Station di 34 gerai offline Sociolla,” ujar Chrisanti.

Langkah ini mendapat dukungan dari Sukin Indonesia. Brand Representative Manager Sukin Indonesia Vania Anissa menjelaskan, pihaknya memiliki target untuk mengumpulkan satu ton sampah bekas kemasan produk kecantikan ini untuk kembali diolah.

“Sebanyak satu ton beauty waste ini nantinya akan terus dikumpulkan hingga bulan Desember 2022, dan akan dikepul oleh partner kami di Waste4Change untuk diolah menjadi sesuatu yang lebih berguna,” jelas Vania.

Sebelum diserahkan ke Sociolla X Sukin Recycle Station, Vania meminta para konsumen untuk terlebih dahulu membersihkan kemasan tersebut. “Yang pasti habiskan dulu produknya, copot labelnya, dan bersihkan kemasannya hingga tidak ada sisa produk, kemudian baru bisa dikumpulkan,” ujarnya.

Selain berguna untuk mengurangi limbah plastik dan kaca, setiap konsumen yang turut serta dalam gerakan Waste Down, Kindness Up ini akan mendapatkan reward berupa 5 Soco Point yang dapat ditukar kembali untuk berbelanja di Sociolla.

“Inisiatif Sociolla dan Sukin ini sungguh bermanfaat bagi lingkungan dan patut mendapatkan apresiasi karena mengurangi sampah langsung dari sumbernya. Saya rasa target satu ton sampah kecantikan ini bisa tercapai, dan menuju Indonesia bebas zonasi sampah di 2025, karena semua sampah bisa terkelola dengan baik,” ujar Saka Dwi Hanggara Campaign Manager Waste4Change.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version