youngster.id - Memperingati Bulan Kesadaran Kanker Payudara Starbuck bersama dengan LovePink (Yayasan Daya Dara) menggelar kampanye #Pinkvoice. Kampanye ini berhasil mengumpulkan donasi lebih dari Rp 500 juta dari penjualannya dari Cups of Goodness Pink.
”Senangnya, kampanye ini mendapat respon positif dan antusiasme yang besar dari masyarakat. Lebih dari 200 ribu cup dan memberi kontribusi lebih dari Rp 500 ribu untuk mendukung program Lovepink yang akan digunakan untuk meningkatkan kesadaran terkait masalah kanker payudara dan menekankan pentingnya pemeriksaan payudara secara rutin sebagai pencegahan kanker payudara yang mendasar,” ucap Anthony Cottan Direktur Starbucks Indonesia Kamis (9/11/2017) di Jakarta.
“Terima kasih kami kepada pelanggan dan semua tim karena lebih dari 200.000 pink beverages terjual dan memberikan kontribusi sebesar Rp. 510.684.326 untuk mendukung program ini,” sambungnya.
Shanti Persada, founder Lovepink mengatakan, dukungan adalah yang paling dibutuhkan untuk pasien kanker payudara mulai dari melakukan diagnosa hingga pengobatan.
”Bahkan saat perawatan selesai, pasien masih memerlukan dukungan dari keluarga, saudara, terutama kelompok pendukung sebagai sumber informasi yang paling terpercaya,” jelasnya.
Sebelumnya, hasil survei yang diinisiasi oleh Lovepink, Prodigy (konsultan komunikasi), dan MARS (sebuah lembaga survei independen) pada bulan September menemukan bahwa pasien kanker payudara bergerak menuju kelompok usia muda (30-40 tahun) dan sebagian besar terdeteksi pada tahap selanjutnya. Pasien muda ini menganggap mereka tidak berisiko terkena kanker payudara sehingga mereka tidak pernah melakukan tindakan pencegahan seperti BSE biasa (Breast Self-Exam) atau CBE (Clinical Breast Exam).
Belum lagi, dalam perjalannya Lovepink menemukan masalah korban yang dihadapi di luar Jakarta seperti kurangnya kegiatan pendidikan seminar reguler tentang kesehatan payudara dan kesadaran akan kanker payudara, kurangnya fasilitas ahli dan kesehatan di daerah setempat, dan perawatan yang mahal.
“Melalui kegiatan ini tentunya ‘Lovepink akan bermitra dengan perwakilan seperti di Jogjakarta, Padang, dan Banjarmasin melalui berbagai kegiatan edukatif (seminar, pembicaraan) untuk menyebarkan masalah kesadaran akan kanker payudara. Lovepink juga akan bermitra dengan Starbucks lokal sebagai tempat berbagi cerita, memberikan dukungan dan menyuarakan isu penting ini. Dan kami berharap ini dapat mendukung visi kami untuk mengurangi kanker payudara di indonesia,” kata Shanti berharap.
FAHRUL ANWAR