Kamis, 2 Februari 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Startup Aruvana Terapkan Gamifikasi dan Teknologi VR untuk Terapi Pasien Stroke

6 Desember 2022
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Aruvana Vinera

Penggunaan Vinera untuk terapi pasca stroke. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Mengutip data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, penyakit stroke merupakan penyebab kematian kedua tertinggi di dunia dan menjadi penyebab kematian nomor satu dengan pembiayaan kesehatan yang paling mahal di Indonesia.

Hal ini mendorong startup teknologi imersif, Aruvana untuk menghadirkan solusi terapi pasca stroke menggunakan teknologi Virtual Reality (VR). VINERA adalah aplikasi berbasis teknologi VR pertama di Indonesia yang hadir untuk membantu pelatihan “home therapy” bagi penderita stroke.

CEO Aruvana Indra Haryadi menjelaskan, Kolaborasi antara Aruvana dan PT Medika Brain Sejahtera di bidang health tech ini menunjukkan teknologi VR terus berkembang dan tidak mengenal batasan, juga sangat bermanfaat bagi pasien pasca stroke.

Baca juga :   Telkom Solution Dukung Digitalisasi Ekosistem Bisnis Pariwisata

“Kami percaya bahwa teknologi harus memberikan nilai bagi masyarakat. Perbaikan sistem saraf yang rusak baik secara fungsional maupun patologik di tangan paska stroke atau hand neurorestoration post-stroke adalah langkah pertama untuk membuat inovasi dan pelatihan terapi menjadi lebih terjangkau, menarik, dan menyenangkan,” kata Indra dalam keterangan pers, Selasa (6/12/2022).

Dia menerangkan, VINERA dilengkapi dengan sistem gamifikasi sehingga pasien dapat melakukan latihan terapi secara mandiri tanpa bantuan profesional dan berulang dengan cara yang lebih menyenangkan. Pasien akan menjalankan serangkaian skenario latihan dengan berorientasi tugas yang dibalut dengan pendekatan game. Selanjutnya hasil latihan akan dipantau oleh terapis melalui jarak jauh secara teratur. Menggunakan teknologi VR, terapi pasien bisa berjalan lebih intens dan efektif dibanding terapi konvensional.

Baca juga :   Paving Block Ramah Lingkungan Dari Limbah Jagung dan Padi

“Perawatan khusus bagi pasien pasca stroke dapat menjadi kendala bagi pasien kala akan berkunjung ke rumah sakit, ditambah tidak adanya pendamping profesional yang dapat menyebabkan terlewatinya proses terapi mandiri di rumah. Hadirnya VINERA dapat membantu pemulihan pasien stroke tanpa terbatas waktu dan tempat dengan pendekatan yang berbeda untuk mempercepat proses terapi mandiri tersebut,” ungkapnya.

Komisaris PT Medika Brain Sejahtera Hendry Gunawan menyambut positif kerja sama dengan Aruvana.

“Di tengah ragam kendala yang dihadapi oleh pasien stroke seperti terbatasnya kemampuan gerak, waktu, dan tempat, kami harap VINERA mampu menjadi solusi dalam membantu pasien dan menjadi salah satu layanan neurorestorasi yang berguna bagi masyarakat baik promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Teknologi VINERA dapat digunakan di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan dan bersifat mobile serta lebih terjangkau oleh masyarakat,” ujar Hendry.

Baca juga :   Ekraf Indonesia Diprediksi Naik Tahun Ini

Di tahap awal, VINERA dirancang untuk membantu pemulihan pasien stroke yang memiliki disabilitas pada tangan. Ke depannya, VINERA juga akan dikembangkan untuk berbagai macam jenis penanganan pasien pasca stroke dari level ringan sampai berat yang disesuaikan berdasarkan assesment dari pendamping pasien atau terapis.

 

STEVY WIDIA

Tags: Aruvanapasca strokepelatihan “home therapy”PT Medika Brain Sejahterastartup teknologi imersifVinera
Previous Post

Nex-BE Fest 2022: Telkom Melalui MDI Ventures dan TMI hasilkan lebih dari 150 Potensi Sinergi dan Kolaborasi antar BUMN dan Startup

Next Post

Digitalisasi e-Ticketing, Ferry Gandeng tiket.com

Related Posts

Peris.ai
Headline

Raih Dana Segar Startup Cybersecurity Peris.ai Akan Bina Komunitas Peretas Etis

2 Februari 2023
0
RANS
Headline

RANS Jajaki Ekspansi Bisnis ke Industri F&B dan Gaya Hidup

2 Februari 2023
0
Etiket.id
Headline

Startup Etiket.id Tawarkan Kemudahan bagi Penikmat Musik dan Industri Hiburan

1 Februari 2023
0
Load More
Next Post
asdp ferry

Digitalisasi e-Ticketing, Ferry Gandeng tiket.com

Pemkot Medan x PaperID

Digitalisasi UMKM di Kota Medan, Pemkot Medan Menjalin Kerja Sama dengan Paper.id

reckitt Indonesia

Fight for Access Accelerator Program Akselerator Kewirausahaan Sosial di Bidang Kesehatan

Discussion about this post

Berita Terbaru

Peris.ai

Raih Dana Segar Startup Cybersecurity Peris.ai Akan Bina Komunitas Peretas Etis

2 Februari 2023
0
Yakes Telkom x Primaya

Terus Perluas Layanan Kesehatan, Yakes Telkom Jalin Sinergi Dengan Rumah Sakit Primaya Group

2 Februari 2023
0
Goethe-Institut x Kemenkes

Goethe-Institut dan KemenKes Jalin Kerja Sama Pengintegrasian Bahasa Jerman

2 Februari 2023
0
Huawei dan KemenPPPA

Huawei dan KPPA Bersinergi Cetak Talenta dan Pemimpin Digital Perempuan

2 Februari 2023
0
RANS

RANS Jajaki Ekspansi Bisnis ke Industri F&B dan Gaya Hidup

2 Februari 2023
0
Gerakan #OneActionOneTree

Gerakan #OneActionOneTree Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan

1 Februari 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version