Startup Greens Buka Pusat Pertanian Multidimensi

Greens

Co Founder Greens. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Startup agritech Greens, membuka pusat pertanian multidimensi. Ini merupakan inovasi baru dalam penyajian pangan kaya nutrisi yang disebut dengan live salad yang dihadirkan dalam mal. Setelah memilih menu, pembeli dapat melihat langsung cara salad disajikan.
Chief Business Officer dan Co-Founder Greens Erwin Gunawan mengatakan, Greens memiliki misi untuk mencegah kehilangan sumber pangan (food loss) dan menghadirkan sumber nutrisi yang terbaik.

“Greens menghadirkan sistem pertanian metafarming. Artinya, masyarakat dapat berkontribusi secara langsung untuk menanam serta menghasilkan sumber pangannya sendiri di dunia virtual dan dapat dipanen di dunia nyata. Kami berharap langkah ini dapat menjadi kegiatan ekonomi kreatif,” kata Erwin dalam keterangannya, Jumat (23/12/2022).

Dia menjelaskan, keunikan dari konsep ini sayuran microgreens yang menjadi bahan utama dari salad tersebut ditanam dan dipanen langsung di mal itu. Karena, Greens mengadopsi sistem pangan hyperlocal alias tempat sumber pangan ditanam, dipanen dan disajikan di tempat yang sama sehingga sumber pangan aman, terjamin kualitasnya, dan bernilai gizi tinggi.

Teknologi agrikultur Greens berbentuk pod yang memanfaatkan sistem penanaman dalam ruangan menggunakan teknologi blockchain, artificial intelligence (AI), dan internet of things (IoT) untuk menciptakan desentralisasi sumber pangan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Greens pod dapat mengatur suhu udara, kelembapan udara, pengaturan cahaya, hingga perencanaan penanaman sumber pangan jangka panjang sehingga hasil panen terprediksi, lebih konsisten, dan memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi.

Karena bentuknya yang portabel dan moduler, Greens pod mudah ditempatkan di berbagai lokasi sehingga dapat menghasilkan hasil tanam yang dapat langsung di panen, diolah, dan dikonsumsi di tempat yang sama (hyperlocal food).

“Pengembangan bisnis seperti ini tentu perlu dukungan pemerintah agar semakin banyak masyarakat yang mengenal dan berpartisipasi menjadi petani online sehingga visi & misi kami mengenai sistem ketahanan pangan dapat terwujud,” ujar Erwin.

Pembukaan gerai itu dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, dan CEO Plaza Indonesia Tan Boon Piin.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version