Startup Indonesia Diharapkan Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Founder Komunal. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Indonesia berada di peringkat ke-5 dunia sebagai negara dengan jumlah startup terbanyak. Karena itu, pemerintah menargetkan agar Indonesia menjadi nomor satu dan terdepan. Tercatat, pada 2021, jumlah perusahaan rintisan di Indonesia sebanyak 2.391, di antaranya 14 startup berstatus unicorn dan 2 unicorn.

Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia juga menjadi tujuan pengembangan startup untuk investasi. Pertumbuhan startup Indonesia menunjukkan peningkatan yang positif. Pada 2021, dalam bidang investasi startup Indonesia menduduki peringkat tertinggi di Asia Tenggara, dengan nilai investasi 42 persen dari seluruh negara-negara kawasan Asia Tenggara.

Untuk itu Kementerian Komunikasi dan Informatika terus berupaya agar para startup Indonesia terus naik kelas dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Salah satu caranya dengan menggelar perhelatan HUB.ID Summit 2022 pada 5-6 September 2022 di Nusa Dua, Bali.

“Kita tidak puas hanya punya seribu startup, punya startup-startup kecil. Kita ingin ke depan Indonesia juga punya startup besar, yang klasifikasinya unicorn atau decacorn. Kita ingin agar startup Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri, menjadi penguasa, menjadi leader di negeri sendiri,” kata I Nyoman Adhiarna Direktur Ekonomi Digital Kemkominfo dalam siaran pers, Rabu (6/9/2022).

HUB.ID Summit 2022 merupakan ajang mempertemukan pelaku perusahaan rintisan (startup) dengan para pemodal ventura dan mitra bisnis. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian side event Presidensi G20 Indonesia 2022 bidang teknologi.

“HUB.ID Summit 2022 adalah puncak dari rangkaian startup gathering di Jakarta, kemudian berlanjut pada business partner gathering, dan venture engagement di Jepang dan Singapura,” jelas Direktur Nyoman.

Tak hanya itu, menurut Nyoman, forum HUB.ID Summit 2022 ini sekaligus sebagai peluang bagi Indonesia untuk meningkatkan jumlah startup yang ada. Sebanyak 80 startup digital dan 80 mitra bisnis ikut hadir dalam acara tersebut

Pertemuan puncak para pelaku startup dan ekonomi digital G20 tersebut diikuti oleh startup yang bergerak di lima sektor bisnis, yakni Enterprise and Government Tech, Agritech and Fishery, Healthcare Tech, Social Commerce and SNI Enablers, serta Web 3.0. Sejumlah startup lokal turut serta dalam HUB.ID Summit, antara lain Cakap, Komunal, Nusantics, Sinbad, dan Xurya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version