Startup Indonesia Jadi Salah Satu Pemenang AMEA Small Business Grant Contest 2022

Kargo Technologies

(ki-ka) Yodi Aditya dan Tiger Fang Founder Kargo Technologies. (Foto: istimewa/dealstreetasia)

youngster.id - FedEx Express (FedEx) menggelar Small Business Grant Contest (SBGC) 2022 di kawasan Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika (AMEA). Ini adalah kompetisi bisnis startup dan UKM lintas industri dengan total hadiah senilai US$69 ribu.

“Bisnis kecil memiliki kelincahan dalam berinovasi dan beradaptasi secara cepat terhadap perubahan kebutuhan pelanggan yang tidak dimiliki oleh beberapa perusahaan besar. The Small Business Grant Contest adalah salah satu upaya FedEx memberdayakan bisnis kecil guna memperkuat ide hebat mereka dan menciptakan dampak yang lebih luas,” kata Kawal Preet, presiden wilayah Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika (AMEA) di FedEx Ekspres dalam siaran pers, Rabu (30/11/2022).

Untuk kompetisi tahun ini FedEx bekerjasama dengan Forbes Asia untuk mengidentifikasi perusahaan startup yang sedang berkembang dari daftar Forbes Asia 100 to Watch list. Selain itu, juga ada juri dari FedEx dan Forbes Asia telah memilih beberapa perusahaan startup dan UKM yang unggul dari lintas industri di masing-masing wilayah.

Akhirnya terpilih empat startup sangat menunjukan visi mereka yang luar biasa dan ide bisnis yang terukur.

“Para pebisnis seperti ini membantu membentuk masa depan. Dari solusi e-commerce yang didukung AI hingga membantu pasien mengelola kondisi jantung, perusahaan yang menjadi pemenang menunjukkan bagaimana transformasi digital menciptakan kemungkinan dan memengaruhi kehidupan,” kata Preet lagi.

Pemenang utama dengan hadiah US$30 ribu diberikan pada Chirag Taneja CEO dan Co-Founder GoKwik dari India. GoKwik adalah e-commerce yang membantu menghubungkan brand ke konsumen dan marketplace secara langsung melalui teknologi kecerdasan buatan (AI) dan machine learning.

Kemudian, ada tiga perusahaan startup yang mendapatkan Special Mention dan masing-masing mendapatkan uang tunai sebesar USD 13.000. Yang pertama adalah Tiger Fang, CEO dan Co-Founder Kargo Technologies dari Indonesia. Lalu Hsu Po-Lin, CEO dan Founder magAssist dari China.Terakhir Gillian Tee CEO dan Founder Homage dari Singapura.

Managing Director, FedEx Express Indonesia Garrick Thompson juga bangga dengan keberhasilan Kargo Technologis dari Indonesia. Startup ini adalah platform mobile trucking yang menghubungkan konsumen dan bisnis pemilik truk, sebagai salah satu penerima penghargaan tahun ini.

“Saya tidak sabar untuk melihat bagaimana bantuan ini akan membantu Kargo mengembangkan bisnis mereka lebih jauh lagi,” ujar Thompson.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version