Startup Indonesia Masuk Daftar Alibaba AsiaStar 10×10

CEO eFishery Gibran Huzaifah

CEO dan Co-Founder eFishery Gibran Huzaifah. (Foto: stevywidia/youngster.id)

youngster.id - Industri digital di Asia Tenggara terus berkembang yang diiringi dengan pertumbuhan ekosistem startup di kawasan. Untuk mendukung keragaman pencapaian dari berbagai entitas teknologi Alibaba Cloud melalui AsiaStar 10×10 memberikan apresiasi bagi 100 perusahaan, komunitas, dan proyek di sepuluh kategori dari kawasan ini, termasuk startup dari Indonesia.

Dalam keterangannya, para penerima penghargaan yang terpilih telah melalui proses kurasi ketat yang dilakukan langsung oleh pihak Alibaba Cloud, regulator, investor, expertise, dan juga kalangan media, dengan aspek penilaian yang meliputi aspek revenue, pendanaan, dampak, keunikan, potensi dan masih banyak lainnya.

Dari proses evaluasi yang telah dilangsungkan, sejumlah startup Indonesia turut masuk daftar tersebut. Diantaranya ada eFishery, Kopi Kenangan, Mekari, Xendit, dan Nusantics.

Berikut nama-nama penerima penghargaan dalam setiap kategori:

1. Trailblazers Merupakan kategori yang diisi oleh perusahaan yang telah menerima pendanaan seri-B hingga pre-IPO, yang telah berperan secara esensial dalam memajukan ekosistem teknologi di kawasan. Berikut nama penerima penghargaan: Aerodyne, Kumu, NinjaVan, ShopBack, Sunday, GrowSari, eFishery, MoMo, Kopi Kenangan, dan Jirnexu.

2. Gamechangers Merupakan kategori yang diisi oleh perusahaan yang berhasil menetapkan rekor terkait aksi korporasi di kawasan Asia Tenggara seperti; IPO Grab, IPO Bukalapak, merger antara Gojek dan Tokopedia, pertumbuhan eksplosif GCash, pendanaan seri-A Avant Meat, ekspansi global dari TiNDLE, pengakuisisian 2C2P oleh Ant Financial, ekspansi VinFast EV ke pasar Amerika Utara dan juga dua perusahaan yang melantai di bursa saham Amerika Serikat seperti Society Pass (NASDAQ) dan PropertyGuru (NYSE).

3. Growth Startup early-stage yang diketahui telah mengembangkan produk dan solusi yang inovatif dan unik, serta berhasil memperoleh pendanaan seri-B seperti; ProfilePrint, SariSuki, AiTreat, Rovula, Duckie Land, Eatcosys, GlobalTrack Smart Logistics, PolicyStreet, Speedwork Autocare, dan KAMEREO.

4. Enablers Diisi oleh perusahaan berbasis SaaS yang mampu menyediakan dukungan krusial bagi perusahaan di setiap lini. Startup yang di kategori ini ialah; aCommerce, ADVANCE.AI, Dropee, Mekari, NexMind, PatSnap, Peddlr, Sprout Solutions, Wiz.ai, Xendit.

5. Explorers Kategori ini diisi oleh startup yang berasal dari Tiongkok yang berhasil mendirikan fundamental kuat di kawasan seperti; PingCAP, Cyclone, Dianxiaomi, Agora, J&T Express, SUNMI, Hago, Mobvista, 37GAMES, dan TapTap.

6. Open Source Merupakan kategori yang ditujukan bagi proyek-proyek yang telah memberikan akselerasi bagi perkembangan digital di kawasan dengan menyediakan inisiatif dan tools yang dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi baru seperti; ABYRES, Bluzelle, LottieFiles, MAPID, NukeViet, Somleng, SpaceChain, Supabase, Unicorn, and UniKey.

7. Frontiers Kategori ini berisikan startup-startup yang diklaim telah mengembangkan produk dengan teknologi mutakhir seperti teknologi komputasi quantum, biotech & medical advancements, space-tech, dan lainnya. Startup di dalam kategori ini yaitu; Baiya Phytopharm, Cortical Labs, EyRIS, Gero, MiRXES, Nusantics, SpeQtral, Transcelestial, WIR Group, dan Yobite.

8. Impact Kategori ini diisi oleh startup yang memiliki pertumbuhan signifikan dari skala grassroot hingga advance seperti; Agrabah Ventures, Amaan, Bidanku, Magorium, Mio, Saora Industries, Sati App, Super, Umitron, dan Zennya.

9. Launchpads Kategori ini diisi oleh startup di bidang edukasi, inkubator, dan accelerator yang telah menyediakan lingkungan untuk pertumbuhan startup seperti; BLOCK71 (NUS), CU Innovation Hub, Draper Startup House, IMDA Innovation Team, Indigo, QBO Innovation Hub, ScaleUp Malaysia, SMU Institute of Innovation & Entrepreneurship (SMU IIE), UEH Institute of Innovation (UEH UII), dan UPSCALE Innovation Hub.

10. Investors Alpha JWC, East Ventures, Gobi Partners, iGlobe Partners, Kickstart, Quest Ventures, ThinkZone Ventures, Venturra Capital, Vertex Ventures SEAI, dan Vietnam Silicon Valley (VSV) Capital.

 

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version