youngster.id - Perusahaan rintisan atau startup, Paxel meraih pendanaan series C sebesar US$23 juta atau sekitar Rp345 miliar. Dengan pendanaan series C ini, Paxel akan memperbesar jangkauan area operasional keluar pulau Jawa serta memperkuat last mile cold chain dan fulfilment cold chain untuk melayani Business to Consumen (B2C) dan Business to Business (B2B).
Pendanaan putaran keempat yang ditutup pada Juni 2022 ini mendapatkan dukungan dari PT Astra Digital Internasional (ADI), Central Capital Ventura (CCV) BCA, MDI Ventures (Telkom), SIG, Endeavour Catalyst, FJ Labs, serta PT Amsaka Investama Sejahtera.
ADI adalalah salah satu anak perusahaan PT Astra Internasional Tbk (Astra). Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro mengatakan, investasi pada bisnis digital ini sejalan dengan langkah Astra mempercepat transformasi digital serta memberikan produk dan layanan inovatif kepada masyarakat. Apalagi, Paxel yang mulai beroperasi pada tahun 2018 sebagai startup logistik berbasis teknologi juga memberikan dukungan terhadap UMKM.
“Kolaborasi ini diharapkan menjadi salah satu upaya untuk mengoptimalkan besarnya potensi perekonomian digital Indonesia,” kata Djony dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (8/8/2022).
Sementara itu, Presiden Direktur CCV Armand Widjaja mengungkapkan, CCV telah memperluas fokus kepada keuangan tertanam atau embedded finance seperti perusahaan logistik dan commerce yang bertujuan untuk memecahkan masalah utama di Indonesia, sehingga tidak lagi hanya kepada perusahaan teknologi keuangan (financial technology/fintech).
“Kami percaya pertumbuhan pesat Paxel hingga saat ini akan terus memberikan dampak besar kepada UMKM sebagai pendorong ekonomi Indonesia,” ujar Armand. Menurut Armand peluang sinergi yang besar antara Paxel dan ekosistem keuangan CCV untuk mendukung Paxel dalam mengembangkan ekonomi Indonesia.
Managing Partner MDI Ventures Kenneth Li mengatakan industri logistik Indonesia merupakan salah satu penyumbang produk domestik bruto (PDB) nasional terbesar dan terus tumbuh selama pandemi lantaran penerapan pembatasan membuat konsumen dan pelaku bisnis mencari cara alternatif mendistribusikan produk ke konsumen, terutama di sektor makanan dan minuman.
“Kami melihat Paxel memiliki solusi dalam bidang ini karena telah membangun infrastruktur yang memungkinkan pengiriman cepat dan produk mudah rusak lainnya dimana mereka dapat mengirimkan produk dari kota ke kota dalam waktu kurang dari 24 jam,” kata Kenneth.
Peran serta ASTRA, MDI, dan CCV sebagai perusahaan yang berpengaruh di Indonesia dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp1,5 triliun menunjukkan bahwa kepercayaan modal ventura terhadap perusahaan rintisan masih terbilang tinggi dan Indonesia masih membutuhkan lebih banyak startup baru dan bisa tumbuh untuk membawa ekonomi Indonesia lebih baik lagi.
Kolaborasi antara Paxel dan perusahaan besar yang sudah memiliki ekosistem seperti Astra, Telkom, dan BCA akan sangat membantu dalam pengembangan produk Paxel untuk bisa memberikan solusi yang lebih baik bagi konsumen terutama UMKM.
Dalam empat tahun terakhir, Paxel telah mencapai pertumbuhan pendapatan sebesar 240% per tahun dan peningkatan pengguna mencapai 176% setiap tahunnya. Tidak hanya dari sisi pertumbuhan, margin kotor juga mengalami pertumbuhan sebesar 3,6 kali dan menjadi positif pada triwulan III-2020.
STEVY WIDIA
Discussion about this post