Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Startup StickEarn, Merevolusi Industri Iklan Luar Ruang di Indonesia

1 Mei 2025
in Headline
Reading Time: 2 mins read
StickEarn

Startup StickEarn, Merevolusi Industri Iklan OOH di Indonesia (Foto: Istimewa/Dok. East Ventures)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Industri periklanan luar ruang atau out-of-home (OOH) di Indonesia memiliki potensi besar sebagai ceruk bisnis yang dapat dikembangkan. Namun, masih minim inovasi dibandingkan dengan kota-kota global seperti New York dan Singapura.

Menangkap peluang tersebut, empat sekawan Archie Carlson, Garry Limanata, Sugito Alim, dan Hartanto Alim mendirikan perusahaan teknologi periklanan PT Paragon Pratama Technology, dengan merek StickEarn, pada 2017. Mereka berambisi merevolusi industri periklanan melalui iklan mobil dengan harga lebih terjangkau bagi pasar Indonesia.

“Kami bukanlah yang pertama dalam bisnis ini, tetapi kami mampu tumbuh paling cepat dan menjadikan iklan mobil sebagai pilihan utama dalam iklan luar ruang hingga saat ini,” kata Garry, co-founder dan CFO StickEarn, dikutip Kamis (1/5/2025).

Sebagai solusi, StickEarn menghadirkan layanan iklan mobil yang dapat dilacak, diukur, dan diperluas ke berbagai kota. Kesuksesan konsep ini mendorong perusahaan untuk berekspansi ke sektor lain dalam industri periklanan luar ruang. StickEarn telah mengembangkan beberapa layanan iklan luar ruang yang terukur seperti StickMob (Mobil), StickMotor, StickBus, StickAngkot, StickPlane, dan StickMart.

Baca juga :   SIRCLO Umumkan 4 Pemenang Panen Omset Batch Pertama 2024

Hingga saat ini, startup teknologi periklanan offline-ke-online (O2O) tersebut berhasil melayani lebih dari 800 jenama seperti Coca-Cola, Netflix, HBO, hingga Unilever, di lebih dari 40 kota, dengan lebih dari 20.000 mitra pengemudi di platform.

Dalam kurun 2,5 tahun, StickEarn bekerja sama dengan lebih dari 300 klien dan brand hingga meraup pertumbuhan pendapatan hingga 300 persen. Pada 2019, StickEarn juga telah beroleh pendanaan US$5,5 juta dari East Ventures.

“Saya selalu percaya bisnis itu jangan takut untuk gagal. Learn from that. Gunakan itu sebagai learning curves. Yang kedua, bisnis harus bisa di-scale up fast, dan don’t limit yourself,” tambah Garry.

Baca juga :   5 Tips Kembangkan Bisnis UKM Warung

Sebagai Co-founder dan CEO StickEarn, Archie memimpin pertumbuhan perusahaan dari tim kecil menjadi lebih dari 250 karyawan. Dalam tujuh tahun beroperasi, perusahaan mencapai pendapatan kumulatif US$5 juta.

Meskipun menghadapi tantangan dari pandemi COVID-19, Archie membantu StickEarn melewati krisis, pulih dari penurunan pendapatan sebesar 90 persen, dan mencapai profitabilitas sejak 2021 dan terus tumbuh setiap tahun.

Archie memimpin tim dalam mengembangkan dan meluncurkan Playlog, platform OOH lengkap pertama di Indonesia, yang mengumpulkan lebih dari 27.000 inventaris OOH di Indonesia dan juga menyediakan dasbor pemantauan bagi klien untuk kampanye. Pada 2024, StickEarn juga meluncurkan Lynx SSP, SSP terprogram DOOH pertama di Indonesia.

Baca juga :   Aplikasi TCash Wallet Bisa Validasi Data lewat Video Call

“Prinsip utama dalam mengembangkan bisnisnya adalah integritas. Dengan menjunjung tinggi nilai tersebut, sebuah perusahaan dapat membangun kepercayaan dan menciptakan hubungan jangka panjang yang kuat. Kepercayaan dianggap sebagai inti dari setiap kemitraan yang sukses, sehingga bertindak sesuai prinsip tetap menjadi prioritas, bahkan dalam situasi sulit,” kata Archie.

Selain itu, pertumbuhan berkelanjutan juga dinilai menjadi faktor penting dalam menghadapi dunia bisnis yang terus berubah. Mengadopsi pola pikir untuk terus belajar, mengembangkan keterampilan baru, dan memahami tren industri memungkinkan perusahaan untuk tetap adaptif dan inovatif.

Dengan bersikap terbuka terhadap peluang baru serta aktif mencari saran, perusahaan dapat menghadapi tantangan dengan perspektif yang segar, mendorong inovasi, dan memastikan keberlanjutan bisnis pada masa mendatang. (*AMBS)

 

Tags: iklan luar ruang atau out-of-home (OOH)PlaylogStartup StickEarn
Previous Post

Buyer Persona: Membuat Kampanye B2B Marketing yang Tepat Sasaran

Next Post

Jobstreet by SEEK: Pengetahuan AI Jadi “Nilai Tambah” dalam Rekrutmen Tenaga Kerja

Related Posts

No Content Available
Load More
Next Post
rekrutmen tenaga kerja

Jobstreet by SEEK: Pengetahuan AI Jadi “Nilai Tambah” dalam Rekrutmen Tenaga Kerja

Appdome

Cegah Pencurian Identitas Seluler, Appdome Hadirkan 32 Plugin Pertahanan

Indosat Ooredoo Hutchison

Indosat Catatkan Pertumbuhan ARPU dan Jumlah Pelanggan di Kuartal I 2025

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version