Startup Xurya Dapat Tambahan Pendanaan Sebesar Rp510 Miliar dari Perusahaan Raksasa Jepang

Gerakan Nasional Sejuta Surya Atap

Xurya inisiasi Gerakan Nasional Sejuta Surya Atap. (Foto: istimewa)

youngster.id - Startup Xurya mendapat tambahan pendanaan seri A dari perusahaan raksasa Jepang Mitsui & Co. (Mitsui) dan PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA). Itu artinya pendanaan yang terhimpum telah mencapai US$33 juta atau sekitar Rp510 miliar.

Xurya yang sebelumnya menerima pendanaan Seri A berjumlah US$21.5 juta dari East Ventures (Growth fund), Saratoga, Schneider Electric, dan New Energy Nexus pada akhir 2021. Kini dengan pendanaan tambahan dari Mitsui dan PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA).

Managing Director dan Co-Founder Xurya Eka Himawan mengungkapkan Mitsui dan Surya Semesta Internusa merupakan partner strategik Xurya untuk menjangkau perusahaan-perusahaan di Indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi kepercayaan yang diberikan oleh Mitsui, Surya Semesta Internusa serta para partner kami dan customer Xurya. Dukungan pendanaan ini akan kami alokasikan untuk perluasan pembangunan PLTS untuk mempercepat transisi energi bersih dan berkelanjutan bagi perusahaan di Indonesia,” kata Eka dalam keterangan pers, Jumat (21/10/2022).

Eka mengungkapkan, Xurya berencana untuk mengalokasikan pendanaan pada ekspansi pembangunan PLTS yang telah mengalami pertumbuhan hingga tiga kali lipat sejak awal tahun 2022. Selain itu, dana ini juga akan digunakan untuk perkembangan teknologi serta menambah sumber daya manusia untuk mendongkrak kinerja perusahaan dalam akselerasi implementasi energi terbarukan untuk energi bersih dan berkelanjutan di Indonesia.

Saat ini, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan bauran energi baru dan terbarukan mencapai 23% di tahun 2025.

GM Div Bisnis Hilir Baru Mitsui & Co, Ltd Hiromu Kayamori mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mengembangkan dan mempromosikan teknologi dan bisnis baru yang mengurangi dampak lingkungan secara global.

“Kami bertujuan untuk berkontribusi pada pertumbuhan Xurya dan dekarbonisasi Indonesia dengan memanfaatkan keahlian kami yang dikembangkan di seluruh dunia dan jaringan kami yang luas di Indonesia,” kata Hiromu.

Sebelumnya startup dengan bendera PT Xurya Daya Indonesia ini menerima modal awal yang penting dari SEACEF (dana yang dikelola oleh Clime Capital) yang didedikasikan untuk mempersiapkan bisnis energi bersih mendapatkan investasi skala besar.

Hingga penghujung bulan September 2022, bisnis Xurya telah berkembang sangat pesat dan kini telah mengoperasikan PLTS Atap di lebih dari 60 perusahaan dan sedang melakukan pemasangan di lebih dari 40 perusahaan lainnya.

Presiden Direktur PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA), Johannes Suriadjaja mengungkapkan, pendanaan ini merupakan bentuk dukungan kami untuk mempercepat pemanfaatan energi baru terbarukan melalui instalasi solar panel (PLTS Atap), salah satunya di kawasan industri. Sekaligus komitmen kami dalam menciptakan kawasan industri yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia,” pungkasnya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version