Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Strategi Menangkap Peluang Belanja Online di Bulan Ramadan

26 Februari 2025
in Headline
Reading Time: 3 mins read
strategi belanja Ramadan

Strategi Menangkap Peluang Belanja Online di Bulan Ramadan (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Ramadan selalu menjadi momen yang dinantikan masyarakat Indonesia, sehingga persiapan dari aspek spiritual, fisik, hingga ekonomi menjadi perhatian utama. Tren ini tercermin dari lonjakan konsumsi masyarakat terjadi lebih awal, dengan peningkatan aktivitas belanja yang sudah dimulai sejak dua minggu sebelum Ramadan.

Survei dari InMobi dan Glance menunjukkan bahwa 40% pelanggan Indonesia telah memulai belanja dalam periode tersebut. Pola konsumsi diperkuat dengan pertumbuhan jumlah uang yang beredar pada 2024, yang mencapai Rp 8.888,4 triliun atau bertumbuh 7,2% secara tahunan (yoy), didorong oleh peningkatan mobilitas serta transaksi perdagangan barang dan jasa selama Ramadan.

Danang Cahyono, Chief Operating Officer SIRCLO mengatakan, menurut data internal SIRCLO, konsumsi masyarakat pada tahun 2022 hingga 2024 sejak persiapan bulan Ramadan hingga pasca Idul Fitri juga terus meningkat. Hal ini terlihat dari pertumbuhan rata-rata jumlah transaksi belanja online sebesar 76,5% dan jumlah konsumen turut meningkat sebesar 23,5%.

“Data ini menunjukkan bahwa tren pertumbuhan e-commerce selama Ramadan terus berlanjut dari tahun ke tahun. Dengan belanja yang semakin terdigitalisasi, bisnis memiliki peluang emas untuk mengoptimalkan strategi digital, menjangkau lebih banyak pelanggan, serta meraih pertumbuhan yang lebih besar di Ramadan tahun 2025. Pemanfaatan data yang tepat akan menjadi kunci bagi pelaku usaha dalam memenangkan hati konsumen di persaingan pasar yang semakin dinamis,” kata Danang, dikutip Rabu (26/2/2025).

Baca juga :   Optimalisasi Operasional Bisnis Ritel, SIRCLO Kembangkan Strategi Multi Origin Go-To-Market

Kesuksesan dalam memanfaatkan momentum Ramadan tidak hanya bergantung pada peningkatan permintaan, tetapi juga pada strategi yang tepat dalam menjangkau dan memenuhi kebutuhan konsumen. Brands ternama seperti Kalbe Nutritionals dan Nestlé telah membuktikan bahwa pendekatan berbasis data, inovasi produk, serta optimalisasi kanal digital dapat mendorong pertumbuhan yang signifikan selama Ramadan.

Berkolaborasi dengan SIRCLO Commerce untuk mengoptimalkan pertumbuhan di platform e-commerce, Kalbe Nutritionals menerapkan berbagai strategi khusus di bulan Ramadan, seperti product bundling, hampers, packaging, dan hadiah yang sesuai tema bulan suci, serta penyesuaian jadwal live streaming mengikuti jam puncak belanja. Berkat pendekatan yang selaras dengan tren konsumsi Ramadan, pertumbuhan jumlah transaksi year-on-year (YoY) 2023 hingga 2024 telah terjadi sebesar 32%, mempertegas pentingnya strategi pemasaran yang adaptif dalam mendorong performa penjualan di e-commerce.

Baca juga :   Fintech Berpotensi Besar Salurkan Pendanaan Produktif UMKM

Jenny Novina, Head of E-commerce Kalbe Nutritionals mengatakan, pihaknya melihat Ramadan sebagai momentum penting bagi konsumen untuk mendapatkan produk kesehatan yang mendukung mereka sehat agar ibadah tetap lancar.

“Untuk itu, kami menyesuaikan strategi dengan memahami pola belanja yang unik selama bulan suci, menghadirkan produk yang tidak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi tetapi juga memberikan nilai tambah, seperti bundling tematik dan hampers spesial. Ke depannya, kolaborasi bersama SIRCLO Commerce dalam menciptakan strategi yang efektif telah membantu kami meningkatkan penjualan di e-commerce yang berorientasi pada kebutuhan konsumen,” kata Jenny.

Dalam ranah live shopping, Nestlé berkolaborasi dengan SIRCLO StreamLab untuk berjualan di TikTok Live dan Shopee Live.

Feriana Chandra, Head of eCommerce Nestlé, mengatakan, Ramadan selalu menjadi periode penting bagi Nestlé untuk menjangkau konsumen dengan lebih efektif.

“Dengan meningkatnya preferensi terhadap live shopping, kami mengoptimalkan strategi pada kanal ini melalui perpanjangan durasi, tampilan live yang menarik, serta penyesuaian strategi pemasaran  untuk meningkatkan engagement. Kami harap strategi tersebut dapat menciptakan suasana live shopping yang tepat sasaran untuk memberikan pengalaman belanja yang lebih relevan di bulan yang penuh berkah ini,” jelas Feriana.

Baca juga :   Mbloc Academy Luncurkan Platform Pengembangan Jenama bagi UMKM

Melalui pendekatan yang tepat, Nestlé alami peningkatan Gross Merchandise Value (GMV) per jam, sebesar rata-rata 8 hingga 10% dibandingkan sebelum bulan Ramadan. Keberhasilan ini didukung oleh penjadwalan live streaming yang diperpanjang, terutama saat pencairan Tunjangan Hari Raya dan tanggal gajian, untuk menangkap lonjakan daya beli konsumen.

“Keberhasilan Kalbe Nutritionals dan Nestlé selama Ramadan mencerminkan bagaimana strategi yang terukur dan adaptif dapat mendorong pertumbuhan di e-commerce. Seiring dengan berkembangnya lanskap digital, brand perlu melihat lebih jauh dari tren yang ada saat ini dan mulai mengeksplorasi peluang baru, seperti Affiliator Marketing dan Multi-Origin Go-To-Market Strategy, untuk memperluas jangkauan di berbagai pulau luar Jawa, serta meningkatkan daya saing di pasar yang semakin dinamis. Dengan terus beradaptasi, brand dapat melayani lebih banyak konsumen selama Ramadan dan menciptakan pengalaman belanja yang lebih relevan serta bernilai,” tutup Danang.

 

STEVY WIDIA

Tags: Belanja Online di Bulan RamadanSIRCLOstrategi ecommerce
Previous Post

BINUS University Gandeng Microsoft Untuk Integrasikan AI di Kampus

Next Post

Gandeng Grab, OYO Sediakan Layanan Transportasi dan Pesan Antar Makanan di Semua Properti

Related Posts

e-commerce
Headline

Proyeksi e-Commerce 2025: Tren, Peluang dan Strategi

30 April 2025
0
SIRCLO
Headline

SIRCLO: Transkasi e-Commerce Meningkat 4,95% Sepanjang Tahun 2024

30 April 2025
0
Tren belanja Ramadan
News

Tren Belanja Ramadan Tahun 2024, dari Pola Konsumsi Hingga Kanal Belanja Terpopuler

27 Februari 2025
0
Load More
Next Post
OYO x Grab

Gandeng Grab, OYO Sediakan Layanan Transportasi dan Pesan Antar Makanan di Semua Properti

Danantara

Kelola Dana US$900 Miliar, DANANTARA Jadi Salah Satu SWF Terbesar di Dunia

solusi keamanan siber

Sinergi Indosat, Lintasarta dan Cisco Untuk Bangun Solusi Keamanan Siber di Indonesia

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version