Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Strategi Penjual Menjaga Pelanggan di Marketplace Agar Tetap Loyal

19 Agustus 2023
in Headline
Reading Time: 2 mins read
marketplace

Nilai Penjualan FMCG di E-commerce Capai Rp57,6 Triliun di 2023 (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Naiknya fee di marketplace menjadi tantangan tersendiri bagi para penjual: bagaimana strateginya untuk menjaga pelanggan tetap loyal.

Seperti diketahui, e-commerce mulai mengenakan biaya jasa layanan yang berkisar antara Rp1.000 sampai dengan Rp2.000 pada setiap transaksi. Selain itu, sejak kuartal I/2023, pihak marketplace juga menaikkan komisi yang dikenakan kepada penjual yaitu dari sekitar 1-4% menjadi sekitar 5-6%.

Adanya biaya jasa layanan dan kenaikan komisi marketplace itu menjadi tantangan baru bagi penjual karena berpotensi mengubah perilaku konsumen dalam berbelanja secara online.

Untuk memahami perilaku konsumen, merilis laporan berjudul “Kenaikan Fee di Marketplace: Customer Loyalty dan Strategi Bagi Pebisnis 2023”, yang membahas bagaimana strategi pebisnis untuk menjaga customer tetap loyal meski fee di marketplace naik.

Laporan itu menyebutkan, ternyata program seperti gratis ongkir dan promo masih menjadi faktor utama dalam berbelanja di e-commerce. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia masih cukup sensitif terhadap harga. Tambahan pula, 42.9% konsumen mengaku akan mengurangi pembelian di marketplace dikarenakan adanya biaya jasa layanan aplikasi.

Baca juga :   Digitalisasi Pelaku Usaha F&B, Solusi SleekFlow Bantu Efisiensi

Artinya, kini konsumen lebih kritis dalam bertransaksi dan merespons kenaikan harga. Untuk itu, bisnis perlu beradaptasi dengan diversifikasi kehadiran tidak hanya di marketplace, tapi juga channel lainnya seperti Whatsapp, media sosial, dan website sendiri atau optimalisasi omnichannel. Dengan begitu akan tercipta brand loyalty yang lebih kuat dibandingkan fokus di marketplace saja.

Selain itu, laporan itu juga menyebutkan bahwa 91,43% konsumen yang menggunakan marketplace cenderung membeli produk yang dibutuhkan tanpa memikirkan apakah itu toko yang sama atau tidak. Artinya, discoverability suatu toko dan brand adalah kunci untuk meningkatkan penjualan.

Bahkan, 43% konsumen akan memilih cari toko baru yang menjual produk serupa jika toko yang pernah jadi tempat belanjanya tidak ada lagi di marketplace. Lalu, 29% pelanggan memilih ‘mungkin’ berbelanja di platform lain.

Dengan perilaku konsumen itu, pebisnis online yang hanya fokus di satu platform akan kesulitan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Untuk itu, pebisnis online perlu mengoptimalkan keberadaan bisnisnya di berbagai platform seperti, memanfaatkan media sosial, website, hingga aplikasi pesan instan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Baca juga :   Minat Belanja Online dan Pembayaran Digital Meningkat Setiap Periode Khusus

Selain itu, brand juga dapat mengoptimalkan omnichannel dalam bisnisnya. Misalnya, dengan mendorong konsumen bertransaksi di website sendiri dengan harga lebih terjangkau, brand bisa membuat konsumen lebih loyal. Apalagi, jika website tersebut terhubung dengan aplikasi pesan instan seperti Whatsapp, sehingga setiap ada keluhan ada keinginan konsumen bisa direspons dengan baik oleh pebisnis. Dari sini, konsumen akan merasa lebih dekat dengan brand dan menciptakan brand loyalty yang optimal.

Regional GM ASEAN SleekFlow, Asnawi Jufrie mengatakan, konsep omnichannel menjadi kunci sebuah bisnis memberikan pengalaman kepada konsumen secara konsisten. Antara lain, konsumen bisa menemukan produk di website, bertanya lebih detail di Whatsapp, hingga akhirnya menciptakan transaksi.

“Tidak mungkin pelanggan berinteraksi dengan sebuah bisnis hanya melalui satu channel. Pendekatan omnichannel dapat menjadi solusi untuk menyediakan customer experience terbaik,” kata Asnawi, Jum’at (18/8/2023).

Baca juga :   Festival Belanja Online 11.11, J&T Express Sentuh 6 Juta Paket Pengiriman

Menurut Asnawi, untuk mendukung transformasi UMKM agar bisa memanfaatkan omnichannel dalam bisnisnya, SleekFlow sebagai platform social commerce menyediakan produk yang membantu pengalaman konsumen seperti, melakukan percakapan dengan konsumen via WhatsApp, SMS, Facebook, Instagram, live chat di website, dan berbagai aplikasi jejaring sosial serta aplikasi instan. Dengan layanan itu, pebisnis bisa menyederhanakan dan optimalisasi proses penjualan menjadi lebih baik.

Selain fitur yang mendukung social commerce, SleekFlow juga hadir sebagai solusi CRM yang dapat memudahkan bisnis dalam mengelola databasenya, CRM SleekFlow juga dilengkapi dengan fitur automation yang dapat membantu bisnis dalam menjalankan campaign marketing dengan lebih efektif lagi sehingga tetap relevan dengan konsumen.

Sepanjang 2022, SleekFlow mencatatkan kenaikan jumlah pengguna sebanyak 6 kali dibandingkan periode sebelumnya. Adapun, dengan menggunakan layanan SleekFlow, sekitar 5.000 penggunanya telah mengirimkan sekitar 32 juta pesan Whatsapp.

 

STEVY WIDIA

Tags: marketplacemenjaga loyalitas pelangganSleekFlow
Previous Post

Perluas Jangkauan Layanan Bagi Penggunanya, Indodana Jalin Kerja Sama dengan Tiket.com

Next Post

Bank DBS Siapkan Dana Sebesar SGD 1 Miliar Untuk Dukung Komunitas Rentan

Related Posts

Transaksi e-Commerce Diproyeksi Bisa Capai Rp1,2 Triliun, Ini Ide Jualan Yang Bakal Tren di 2025
News

Pemerintah Pungut Pajak Digital Lewat E-Commerce

15 Juli 2025
0
BukaTabungan
News

Bukalapak Tutup Layanan Marketplace, Tinggal Jualan Produk Virtual

8 Januari 2025
0
e-commerce
Headline

Inilah Marketplace Pilihan Brand Lokal dan UMKM di 2024

15 November 2024
0
Load More
Next Post
Bank DBS Indonesia

Bank DBS Siapkan Dana Sebesar SGD 1 Miliar Untuk Dukung Komunitas Rentan

Huawei Cloud & IDA

Huawei Network Summit 2023 Asia Pasifik CloudFabric 3.0: Konektivitas Tinggi, Memperkuat Era AI

E-commerce Buka Peluang UMKM Dalam Negeri Ambil Bagian Ekonomi Digital Global

E-commerce Buka Peluang UMKM Dalam Negeri Ambil Bagian Ekonomi Digital Global

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version