Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Strategi Sukses Dongkrak Penjualan Daring Jelang Promo Tanggal Kembar

6 September 2024
in Headline
Reading Time: 3 mins read
Promo Tanggal Kembar

Strategi Sukses Dongkrak Penjualan Daring Jelang Promo Tanggal Kembar (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Dengan peningkatan jumlah pengguna internet dan infrastruktur digital yang semakin baik, ukuran pasar e-commerce Indonesia diperkirakan akan tumbuh dari US$52,93 miliar pada tahun 2023 menjadi US$86,81 miliar pada tahun 2028 selama periode tersebut.

Salah satu momentum yang turut memacu pertumbuhan transaksi e-commerce adalah kampanye Payday Sale dan Double Day Sale (Promo Tanggal Kembar) yang selalu dinantikan oleh konsumen.

Menjelang akhir tahun, festival seperti Hari Belanja Online Nasional (HarBolNas) telah menjadi amunisi pendorong pertumbuhan e-commerce di Indonesia selama lebih dari satu dekade. Sejak pertama kali digelar pada 12 Desember 2012, HarBolNas adalah salah satu festival belanja yang paling dinantikan oleh pembelanja online. Seiring berjalannya waktu, konsep Double Days, atau tanggal kembar pada setiap bulan, semakin tertanam dalam benak masyarakat.

Danang Cahyono, Chief Operating Officer SIRCLO mengatakan, pola belanja online di Indonesia menunjukkan tren pertumbuhan setiap kali kampanye serupa digelar. Menurutnya, dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan signifikan dalam jumlah pesanan dan konsumen baru selama periode Double Days.

“Berdasarkan data internal SIRCLO, pasca pandemi atau selama dua tahun ke belakang rata-rata jumlah pesanan pada promo 1.1 hingga 7.7 terus meningkat sebesar 32%, sementara jumlah konsumen baru naik sebesar 46% secara year-on-year,” kata Danang, Jum’at (6/9/2024).

Baca juga :   Stephanie Poetri Ajak Anak Muda Kembali Optimis

Fenomena lonjakan transaksi promo Double Days umumnya terjadi pada periode payday atau sekitar tanggal 25 setiap bulan, dan mencapai puncaknya pada festival Double Days. Survey dari SnapCart menunjukkan bahwa sebanyak 88% masyarakat Indonesia telah memanfaatkan promo Double Days, dengan anggaran belanja yang biasanya berkisar antara Rp100.000 hingga Rp500.000. Prospek promo Double Days diprediksi tetap positif, dibuktikan dengan 96% masyarakat Indonesia bersedia berbelanja kembali saat promo ini berlangsung di masa mendatang.

Mmenurut Danang, dengan minat belanja masyarakat yang tinggi saat promo Payday dan Double Day, pelaku usaha perlu memanfaatkan peluang ini guna mendatangkan traffic dan menggenjot penjualan. Berikut tiga strategi yang dapat diterapkan untuk memacu pertumbuhan saat periode promo berlangsung:

Pertama, Tingkatkan Konversi Penjualan saat Jam Puncak Konsumen Berbelanja. Data internal SIRCLO menunjukkan bahwa jam belanja yang paling populer selama Double Days dan Payday adalah pukul 12 siang, 8 malam, dan 12 malam. Pola ini menunjukkan bahwa konsumen cenderung memanfaatkan waktu luang mereka, seperti waktu istirahat makan siang dan sepulang kerja untuk berbelanja online. Dalam marketplace daring, brand dapat semakin meningkatkan visibilitas pada waktu-waktu tersebut dengan melakukan siaran langsung atau live streaming, karena aktivitas ini memiliki potensi besar dalam menarik pengunjung yang siap bertransaksi.

Baca juga :   Trinity Ventures Jadi Investor Pendanaan Seri B Startup Wahyoo

Kedua, Ragam Promosi untuk Menarik Minat Belanja Konsumen. Menggalakkan kampanye pemasaran khusus selama periode Double Days dan Payday dapat meningkatkan penjualan dan menarik konsumen baru. Menurut data dari Populix, 75% pembelanja online menantikan promo gratis ongkos kirim (ongkir), diikuti oleh flash sale dan diskon berlipat.

Tidak hanya potongan harga atau gratis ongkir, pelaku bisnis juga bisa mengoptimalkan strategi product bundling dan thematic campaign. Dengan merancang kampanye yang didasarkan pada tema spesifik, seperti musim, tren, atau momen spesial, bisnis dapat menciptakan daya tarik emosional yang lebih kuat bagi konsumen.

Ketiga, Perluas Jangkauan Bisnis Melalui Pemanfaatan dengan Strategi Omnichannel. Tidak hanya platform marketplace, pelaku bisnis juga perlu mempertimbangkan pemanfaatan strategi omnichannel commerce. Integrasi antar kanal penjualan online dan offline, mulai dari website, live commerce, dan toko offline—disertai strategi kampanye bersama Key Opinion Leaders (KOL) untuk memperluas pangsa pasar dan jangkauan konsumen. Menurut riset Capital One Shopping, pelaku usaha yang menggunakan strategi omnichannel dapat mempertahankan 91% lebih banyak pelanggan dibandingkan yang memiliki satu kanal penjualan. Maka, keberhasilan kampanye penjualan bergantung pada pemanfaatan kanal penjualan yang tersedia agar konsumen lebih mudah menemukan produk atau brand.

“Selama sebelas tahun berdiri, SIRCLO mendukung brands dalam merancang strategi penjualan online dan memastikan eksekusi yang matang. Strategi product bundling, live streaming, atau penjualan omnichannel adalah beberapa di antara banyaknya kiat yang kami adopsi untuk meningkatkan penjualan brands selama periode transaksi jual-beli online tertinggi sepanjang tahun; yaitu dari bulan September hingga Desember. Keberhasilan kampanye ini tentunya membutuhkan persiapan matang dan disertai mitra yang andal untuk menangkap peluang secara optimal,” tutup Danang.

Baca juga :   Strategi Menangkap Peluang Belanja Online di Bulan Ramadan

 

STEVY WIDIA

Tags: kampanye Payday Sale dan Double Day SalePromo Tanggal KembarSIRCLO
Previous Post

Percepat Inovasi Perbankan Digital di Indonesia, Krom Bank Manfaatkan AWS Cloud

Next Post

HUB.ID Fasilitasi Startup Indonesia Dapat Investasi Hingga Rp2,6 Triliun

Related Posts

e-commerce
Headline

Proyeksi e-Commerce 2025: Tren, Peluang dan Strategi

30 April 2025
0
SIRCLO
Headline

SIRCLO: Transkasi e-Commerce Meningkat 4,95% Sepanjang Tahun 2024

30 April 2025
0
Tren belanja Ramadan
News

Tren Belanja Ramadan Tahun 2024, dari Pola Konsumsi Hingga Kanal Belanja Terpopuler

27 Februari 2025
0
Load More
Next Post
HUB.ID Summit X Nexticorn 2023, Bahas Kalibrasi Ulang Strategi Industri Startup Teknologi dan Teknologi Masa Depan

HUB.ID Fasilitasi Startup Indonesia Dapat Investasi Hingga Rp2,6 Triliun

Drone Mungil Dengan Banyak Kemampuan, Layaknya Punya Videografer Pribadi

Drone Mungil Dengan Banyak Kemampuan, Layaknya Punya Videografer Pribadi

Tokopedia Beri Panggung Luas Untuk Brand Kosmetik Lokal Unjuk Gigi

Tokopedia Beri Panggung Luas Untuk Brand Kosmetik Lokal Unjuk Gigi

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version