Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Strategi Tokopedia Untuk Bertahan Bukan Diskon

14 Oktober 2019
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Tokopedia Fokus Go Lokal

William Tanuwijaya Co-Founder dan CEO Tokopedia. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pertumbuhkan bisnis e-commerce di Indonesia semakin pesat dengan persaingan yang semakin ketat. Tokopedia yang telah berusia satu decade ingin perusahaannya tumbuh berkelanjutan (sustainable). Untuk itu, unicorn Tanah Air ini pun tak hanya mengandalkan promosi seperti diskon.

CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan, pihaknya akan fokus memperluas pasar bagi mitra penjual termasuk ekspor. Untuk bisa mencapai target itu, Tokopedia tidak mengandalkan promosi seperti Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dalam meningkatkan transaksi. Perusahaannya justru mendorong pengguna untuk terbiasa berbelanja online melalui kampanye seperti ‘Ciptakan Peluang’, ‘Sudah Cek Tokopedia Belum’, dan ‘Mulai Aja Dulu’. Tahun depan,

“Kami selalu percaya e-commerce itu seharusnya suistainable karena kami membantu bisnis untuk bertumbuh,” kata William dalam acara Super Ecosystem Tokopedia belum lama ini di Djakarta Theater, Jakarta.

Baca juga :   Kemenkop Gandeng PT Susun Strategi Pengembangan UMKM

Tokopedia memperkirakan nilai transaksi di platform-nya (gross merchandise value/GMV) tembus Rp 222 triliun pada tahun ini. Nilai itu setara 1,5% Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Terhitung sejak Mei lalu, GMV di Tokopedia mencapai US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14,1 triliun per bulan.

“Jadi (strategi bisnis kami) semuanya adalah tentang kebiasaan, bukan tentang diskon. Ketika perusahaan kami harus membuat kampanye yang sifatnya promosi sekalipun, kami mengambil budaya masyarakat Indonesia sendiri, yang memang lebih bermakna bagi mereka,” William.

Untuk bisa mengubah kebiasaan masyarakat dari belanja offline ke online, Tokopedia mempelajari budayanya. Contohnya, perusahaan e-commerce ini bakal memaksimalkan transaksi selama Ramadan karena konsumen di Indonesia banyak berbelanja pada periode ini.

Dengan strategi ini, ia berharap laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (earnings before interest, taxes, depreciation and amortization/EBITDA) bisa positif tahun depan. Selain itu, Tokopedia bakal berfokus menyasar pasar Indonesia. Apalagi, pengguna aktif telah mencapai 90 juta per akhir tahun lalu.

Baca juga :   Dukung Pertumbuhan E-Commerce di Indonesia SAP Express Perluas Jaringan

“Kami melihat potensi (bisnis perusahaan) yang terbesar itu ada di masyarakat perdesaan. Jadi dengan strategi berikutnya, kami akan ‘Go Local’ bukan ‘Go Global’. Kami merasa bahwa Boyolali lebih penting dan berpotensi daripada Bangkok, misalnya. Surakarta lebih penting dan berpotensi daripada Singapura,” katanya.

Menurut William, ada sekitar 100 juta masyarakat di Indonesia yang tinggal di perdesaan. Melihat potensi itu, menurutnya, perusahaan bisa membantu para pengusaha desa dan nasional untuk memperluas pasar. Dengan begitu, Tokopedia bisa berkontribusi maksimal terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Tanah Air. “Kami menargetkan hingga 10 tahun ke depan, Tokopedia bisa berkontribusi hingga 5% terhadap perekonomian di Indonesia,” kata dia.

Baca juga :   Artajasa Sasar Segmen e-Commerce

STEVY WIDIA

Tags: e-commerceGo LocalstrategiTokopedia
Previous Post

IFW 2020 Kembali Usung Tema Budaya Borneo

Next Post

Shopee Gelar Stories From Female Superheroes di ICC 2019

Related Posts

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline
News

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
0
Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
Headline

Penjualan Lazada 9.9 Mega Brands Sale 2025 Meningkat, AI Jadi Pendorong Performa

20 September 2025
0
e-commerce
Headline

Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

17 September 2025
0
Load More
Next Post
Shopee Gelar Stories From Female Superheroes di ICC 2019

Shopee Gelar Stories From Female Superheroes di ICC 2019

Erasmus Days 2019: Alumni Indonesia Gelar Sosialisasi Peduli Lingkungan

Erasmus Days 2019: Alumni Indonesia Gelar Sosialisasi Peduli Lingkungan

Bully Aja I Don’t Care, Pesan Positif Dari Korban Perundungan

Facebook Rilis Panduan Online Bullying

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version