Rabu, 1 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Studi: Popularitas Musik Pop dan K-Pop Terus Meningkat di Indonesia

1 April 2024
in Headline
Reading Time: 2 mins read
streaming musik K-Pop

Studi: Popularitas Musik Pop dan K-Pop Terus Meningkat di Indonesia (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Popularitas layanan streaming musik di Tanah Air mendorong penelitian baru di kalangan ilmuwan untuk menemukan faktor penentu kesuksesan sebuah lagu yang akan dirilis. Apa kunci sukses sebuah lagu?

Fitur Spotify Wrapped dari layanan streaming musik Spotify yang setiap tahun meramaikan linimasa berbagai media sosial memperlihatkan bagaimana sebagian besar pengguna, yang berasal dari kalangan Gen Z dan Milenial, menikmati fitur rangkuman musik tahunan tersebut.

Spotify Wrapped tahun lalu menyoroti keberhasilan single K-pop berjudul ‘Seven’ milik solois sekaligus anggota boyband BTS, Jungkook, yang bertengger di puncak tangga lagu paling banyak didengar, yakni sebanyak 1 miliar kali. Di saat yang sama, lagu-lagu hits melankolis milik para penyanyi lokal juga meraih banyak atensi, seperti lagu ‘Sial’ oleh Mahalini, ‘Rayuan Perempuan Gila’ oleh Nadin Amizah, ‘Penjaga Hati’ oleh Nadhif Basalamah, dan ‘Somebody’s Pleasure’ oleh Aziz Hendra yang masing-masing melampaui 100 juta pendengar.

Menariknya, dalam laporan yang disampaikan oleh Spotify Advertising Team, pendengar lagu bertema ‘patah hati’ tersebut banyak didominasi oleh Gen Z, sementara generasi Milenial disebut lebih menyukai lagu yang dapat membangkitkan suasana hati positif.

Berkenaan dengan fenomena tersebut, sebuah studi yang disusun oleh IDN Research Institute telah memaparkan tren kebiasaan musik di Indonesia. Peneliti menemukan musik sudah menjadi bagian dari rutinitas harian pada dua generasi muda yang paling mendominasi penduduk Indonesia saat ini. Penelitian melibatkan sampel acak dari 10 kota, yang terdiri dari 560 responden generasi Milenial dan 602 responden Gen Z. Hasilnya, sebanyak 33% generasi Milenial dan 38% Gen Z terbukti sering kali mengeksplorasi musik baru dengan mengandalkan rekomendasi musik dari platform streaming. Penelitian juga mengungkap genre musik pop mendominasi dengan 50% preferensi, diikuti K-pop dengan hampir 15%.

Baca juga :   Google Duo Populer dan Telah diunduh 1 Miliar Kali di Play Store

Analisis ini selaras dengan temuan Dr Harriman Samuel Saragih, Asisten Profesor dari Departemen Inovasi Bisnis, Monash University Indonesia dalam sebuah studi bertajuk “Predicting song popularity based on Spotify’s audio features: insights from the Indonesian streaming users”, yang menyebut fitur audio, yang bisa didapatkan dari layanan streaming, mempengaruhi preferensi dan popularitas lagu di Tanah Air.

“Studi ini memanfaatkan data dari Spotify dan memilih pengguna streaming dari Indonesia sebagai sampel yang representatif. Dengan menganalisis berbagai atribut audio yang meliputi tempo, energi, dan irama yang danceable, serta aspek instrumental dari sebuah lagu, penelitian ini menggunakan metode machine learning untuk memprediksi popularitas sebuah lagu. Hasil studi menemukan pengguna streaming di Indonesia pada umumnya menyukai lagu yang fresh, happy, positive & danceable,” jelas Harriman, Senin (1/4/2024).

Baca juga :   Agar Bisa Survive, Pelaku Industri Musik Harus Adaptasi dengan Teknologi Digital

Temuan tersebut pun antara lain memberikan titik terang mengapa lagu ‘Seven’ yang dibawakan oleh Jungkook dari BTS dengan mudah memenangkan hati para anak muda.

Berdasarkan studi tersebut, beberapa faktor yang menentukan kesuksesan sebuah lagu meliputi: Waktu rilis yang tepat untuk menarik perhatian pasar, Komposisi suara, perpaduan suara digital dan vokal untuk menghasilkan harmonisasi unggul, Hindari rap dan instrumental penuh, karena lagu yang tidak beresonansi kurang digemari, Lagu yang memiliki getaran positif dan mampu meningkatkan suasana hati, Kolaborasi yang unik antara instrumental dengan vokal yang menonjol, Temukan keunikan untuk membuat karya yang berciri khas dan berbeda dari orang lain.

Rekomendasi lagu yang dipersonalisasi dari layanan streaming, yang didorong oleh algoritma, telah menjadi andalan pendengar Milenial dan Gen Z di Indonesia dalam menemukan lagu baru yang sesuai selera mereka.

Baca juga :   Antler Pilih 55 Founder Jadi Angkatan Pertama Pemimpin Berbakat

Musisi, produser musik, hingga label atau pemasar bisa menggunakan studi terkait sebagai bahan pertimbangan ketika akan merilis lagu baru di Indonesia agar karya mereka mendapatkan dampak positif lebih di pasar.

 

STEVY WIDIA

Tags: Fitur Spotify Wrappedstreaming musik
Previous Post

Kolaborasi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian Demi Keberlanjutan Pangan

Next Post

Menyulap THR Jadi Investasi Properti

Related Posts

resso launching
News

Layanan Streaming Musik Resso Tak Lagi Gratis

5 Mei 2023
0
Spotify
News

Pengguna Aktif Bulanan Spotify Tembus 500 Juta

28 April 2023
0
Spotify Luncurkan Program Khusus untuk Kreator Podcast
News

Spotify Tutup Layanan Live Streaming Audio

6 April 2023
0
Load More
Next Post
Pinhome - Investasi Properti

Menyulap THR Jadi Investasi Properti

eFeeder

Beri Bantuan eFeeder kepada Pembudidaya Ikan, DED Kominfo Gandeng eFishery

pabrik INOV

Miliki Banyak Pabrik Pengolahan Plastik, Inocycle Optimis Penjualan Bertumbuh Tahun Ini

Discussion about this post

Recent Updates

Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version