Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Tahun 2021, Startup ‘Haus!’ Bukukan Pendapatan Rp 250 Miliar

21 Januari 2022
in Headline
Reading Time: 3 mins read
Gufron Syarif

Gufron Syarif, Founder & CEO Haus! (PT Inspirasi Bisnis Nusantara) (Foto: Dok. Pribadi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Startup yang bergerak di bidang makanan dan minuman (F&B) kekinian ‘Haus!’ mencatat performa bisnis yang gemilang sepanjang tahun 2021, dengan raupan pendapatan yang mencapai Rp 250 miliar.

Kinerja baik tersebut ditopang oleh catatan penjualan produk dari 162 gerai Haus! yang mencapai rerata penjualan senilai Rp 6,5 juta per harinya.

CEO & Co-Founder ‘Haus!’ Gufron Syarif mengatakan pertumbuhan bisnis ‘Haus!’ yang berkelanjutan merupakan salah satu target perusahaan yang ingin dijaga. “Sejak didirikan pada tahun 2018, ‘Haus!’ ingin menjadi perusahaan yang tumbuh secara berkelanjutan dengan misi untuk menyebarkan kebahagiaan lewat segelas minuman,” ujar Gufron, dalam keterangannya Jumat (21/1/2022).

Dalam tiga tahun perjalanannya, ‘Haus!’ telah menjangkau sejumlah kota di Indonesia, bahkan hingga kota di luar Jabodetabek seperti Surabaya, Bandung, Jogja, Solo, Karawang, Serang, dan Cilegon yang cukup antusias terhadap produk ‘Haus!’. Saat ini lebih dari 60% komposisi penjualan produk ‘Haus!’ ditopang oleh aplikasi agregator layanan pesanan antar online seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood.

Berbeda dengan startup F&B sejenis, ‘Haus!’ tidak menerapkan sistem franchise (waralaba) dalam ekspansi bisnisnya, tetapi seluruh gerai dimiliki atau dikelola penuh oleh manajemen ‘Haus!’.

Baca juga :   Aplikasi Agnez Mo untuk Berinteraksi dengan Penggemarnya

“Kami sangat gembira dengan animo masyarakat Indonesia yang menilai kualitas produk kami tidak kalah dengan kompetitor sejenis yang bermain di segmen lebih premium. Kami optimistis untuk terus bersaing di segmen produk minuman kekinian ini sekaligus menjangkau target pasar ‘Haus!’ yang merupakan masyarakat dari kalangan aspiring middle class dan middle class,” jelas Gufron.

Hal tersebut diperkuat dengan data Laporan eConomy 2021 yang dirilis Google, Temasek, dan Bain & Company yang menyebutkan peningkatan sektor layanan pesan antar sebesar 36% di Indonesia pada tahun 2021 dan diprediksi akan terus meningkat hingga tahun 2025 dengan GMV (gross merchandise value) yang mencapai US$ 16,8 miliar. Tren ini juga berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan penjualan ‘Haus!’ sebesar 54,5% dari US$ 11 juta (Rp 156 miliar) pada tahun 2020 menjadi US$ 17,53  juta (Rp 252 miliar) pada tahun 2021.

Laporan eConomy 2021 juga menyoroti tentang beralihnya kebiasaan masyarakat Indonesia yang mulai menggunakan layanan digital dengan tambahan 21 juta pengguna baru layanan tersebut sejak semester pertama 2021, yang 72%-nya berasal dari kota non-metropolitan.

Baca juga :   Startup ‘Haus!’ Tagetkan Bisnis Capai Rp719 Miliar di 2022

“‘Haus!’ sendiri memiliki basis pelanggan yang cukup kuat di wilayah non perkotaan. Gerai yang berada di kota seperti Sukabumi, Gresik, dan Sidoarjo misalnya, volume transaksi penjualannya tidak kalah dengan gerai kami yang ada di Jabodetabek. Oleh sebab itu ‘Haus!’ juga akan terus berekspansi ke kota tier 2, tier 3 dan tier 4 untuk menjadi brand minuman favorit bagi seluruh masyarakat Indonesia,” kata Gufron.

Pada awal tahun 2022, Gufron menargetkan untuk melipatgandakan pendapatan ‘Haus!’ menjadi US$ 50 juta atau Rp 719 miliar. Untuk mencapai hal tersebut, ‘Haus!’ akan fokus dengan rencana ekspansi yang agresif dengan menambah sekitar 338 gerai baru di 2022 guna mempertahankan kepemimpinan brand ‘Haus!’ di pasar minuman kekinian.

Selain itu, ‘Haus!’ juga memiliki sejumlah rencana strategis perusahaan seperti rencana penggalangan dana dari investor pada kuartal kedua tahun 2022 dan sejumlah kolaborasi dengan beberapa brand terkemuka di Indonesia. ‘Haus!’ terakhir kali tercatat mendapatkan suntikan dana dari BRI Ventures senilai Rp 30 miliar pada Desember 2020 lalu.

Baca juga :   Pemerintah Siapkan Domain Gratis Bagi 1 Juta UKM

“Saat ini kami sedang menjajaki rencana pendanaan dengan beberapa rekan investor yang kami targetkan dapat rampung di kuartal kedua tahun 2022. Hal ini sejalan dengan sasaran kami untuk memperkuat ekspansi di beberapa fokus wilayah seperti Jawa dan Bali,” tambah Gufron.

Sebagai bagian dari target jangka panjang perusahaan untuk menjadi pemimpin di industri F&B, ‘Haus!’ menargetkan untuk memiliki 1.000 gerai pada tahun 2025 dengan memperhatikan beberapa aspek bisnis seperti mempertahankan profit, meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap brand, sekaligus membangun dasar untuk pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan.

“’Haus!’ merupakan brand yang menurut kami paling sesuai dengan karakteristik masyarakat, baik dari segi harga, pola komunikasi, serta kualitas produk yang ditawarkan karena mewakili aspirasi dari gaya hidup 70% populasi Indonesia,” tutup Gufron.

 

STEVY WIDIA

Tags: Haus!startup F&B kekinian
Previous Post

Dapat Pendanaan, Startup Riliv Perluas Layanan Kesehatan Mental

Next Post

Kamera Mirrorless Hybrid Ini Siap Dukung Konten Kreator Profesional

Related Posts

Haus!
Headline

Haus! Siap Ekspansi 1.300 Toko Dan Rampungkan Pendanaan Seri B2

24 Desember 2022
0
Haus!
Headline

Total Penjualan Haus! Tumbuh 73% dan Buka 71 Gerai Baru Pada Semester I 2022

14 Oktober 2022
0
Grab Ventures Velocity Batch 5 X Sembrani Wira
Headline

Program Grab Ventures Velocity Batch 5 X Sembrani Wira Pilih 5 Startup Terbaik

5 Oktober 2022
0
Load More
Next Post
LUMIX GH5M2

Kamera Mirrorless Hybrid Ini Siap Dukung Konten Kreator Profesional

GandengTangan

Permudah UKM Jalankan Usahanya, Tahun Ini GandengTangan Siapkan Beberapa Model Pendanaan

Telkomsel 4G

Telkomsel Secara Bertahap Upgrade Seluruh Layanan 3G ke 4G di 2022

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version