Tahun 2025 Generasi Muda High Net Worth Individual di Indonesia Akan Meningkat Dua Kali Lipat

High Net Worth Individual

Tahun 2025 Generasi Muda High Net Worth Individual di Indonesia Akan Meningkat Dua Kali Lipat (Foto: Ilustrasi)

youngster.id - High Net Worth Individual (HNWI) di Indonesia, yang pada tahun 2020 hingga 2025 diprediksi akan meningkat hingga dua kali lipat, beraspirasi mengelola dan melakukan perpindahan kekayaan ke generasi selanjutnya.

DBS Treasures Private Client mengidentifikasi tren generasi muda HNWI sejak Agustus 2021, yang saat ini mencapai 11% dari total nasabah. Potensi untuk terus tumbuh masih besar karena studi terhadap market yang dilakukan oleh DBS Treasures Private Client dengan Wunderman Thompson (2021) menunjukkan bahwa saat ini hampir separuh (48%) dari HNWI di Indonesia berusia di bawah 40 tahun.

Data kualitatif Wunderman Thompson di 2021 menunjukkan generasi muda HNWI memiliki karakter yang berbeda-beda; yakni Business Inheritor atau mereka yang mewarisi bisnis keluarganya; Passion Pathfinder adalah mereka yang memiliki usaha atau entrepreneur sesuai passion mereka sehingga berbeda dari bisnis orang tua; dan yang terakhir adalah Career Climber atau mereka yang tetap dijalur profesional sebagai karyawan namun merupakan bagian dari keluarga HNWI. Ketiganya menghadapi tekanan parameter kesuksesan generasi sebelumnya serta kebutuhan menjaga dan mengoptimalkan semua yang telah diraih.

Menurut data Williams Group Wealth Consultant, kekayaan keluarga mengalami penurunan lebih dari 50% di generasi berikutnya disebabkan perselisihan keluarga (60%), kurangnya persiapan ahli waris (25%), dan penyebab lain seperti pajak dan legal (15%). Tekanan ini semakin berat karena hanya 9,8% HNWI generasi muda yang memiliki literasi finansial untuk memilah data dan informasi dalam pengambilan keputusan finansial.

“Mengacu pada data tersebut, DBS Treasure Private Client memiliki peran penting sebagai mitra manajemen kekayaan untuk mendukung nasabah menavigasi kompleksitas pasar agar selalu terdepan, melalui personal growth dan curated wealth solutions,” kata Consumer Banking Director, PT Bank DBS Indonesia Rudy Tandjung.

Menurut Rudy, untuk memaksimalkan peluang serta insight terkini dalam mengelola dan menjaga aset nasabah, pihaknya secara aktif menghadirkan Personal Growth Program berupa acara networking bagi nasabah bersama komunitas HNWI untuk menjalin koneksi maupun mengeksplorasi bidang baru yang sedang berkembang, serta akses langsung kepada para pakar internal DBS dan eksternal melalui eTalk Series yang mencakup seluruh aspek wealth dan gaya hidup mulai dari perlindungan, perpajakan, hingga investasi.

“Fleksibilitas meraih peluang tersebut juga didukung oleh ketersediaan kantor cabang di titik strategis dengan berbagai keistimewaan khusus nasabah, untuk diskusi tatap muka dengan Seasoned Relationship Manager yang juga berusia muda, namun telah berpengalaman luas serta memiliki visi dan ambisi yang sama dengan para nasabah muda,” tutup Rydy.

 

HENNI SOELAEMAN

Exit mobile version