Techpolitan, Ruang Edukasi Digital Bagi Anak Muda

Kelas Design 3D & Animation di Techpolitan, BSD City. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Selaras dengan rencana percepatan BSD City sebagai integrated smart digital city, Sinar Mas Land meluncurkan Techpolitan. Ini adalah ruang edukasi dan entertainment yang diperuntukkan bagi pemuda untuk menuangkan minat dan semangat berkreasi dalam industri teknologi digital.

Irvan Yasni, CEO Technology Business Sinar Mas Land mengatakan, Techpolitan merupakan ruang edutainment yang ditujukan sebagai digital hub bagi anak muda yang menyediakan kelas-kelas pelatihan seperti kelas coding, desain animasi, dan games developer.

“Visi yang diusung Techpolitan adalah mempersiapkan generasi muda untuk terlibat aktif dalam menciptakan perubahan kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik melalui inovasi teknologi digital. Besarnya potensi digital yang dimiliki Indonesia tentunya akan mendongkrak kemajuan negara baik dari ekonomi maupun ilmu pengetahuan apabila dimanfaatkan secara tepat dan efisien, ” ucap Irvan kepada media Minggu (7/10/2018).

Dia mengungkapkan, misi yang dituju Techpolitan adalah untuk menjembatani kesenjangan antara kebutuhan industri digital dengan keterampilan pemuda Indonesia. Techpolitan secara aktif mewadahi semangat, minat, dan bakat pemuda Indonesia melalui 4 pilar kegiatan yaituEntertainment, Education, Employment, danEmpowerment. Empat pilar kegiatan ini disediakan oleh Techpolitan dengan visi menyalurkan potensi pemuda Indonesia yang ingin terlibat aktif dalam industri digital.

“Techpolitan sebagai wujud komitmen perusahaan untuk mempersiapkan pemuda Indonesia memasuki era revolusi industri 4.0 yang menitikberatkan pada pergeseran dunia ke arah digital,” kata Irvan lagi.

Acara ini akan dimeriahkan oleh nama-nama terkemuka yang akan membagikan ilmu dan pengalamannya di bidang digital dan teknologi seperti Arief Widhiyasa (CEO Agate Studio), dan Victoria Tahir (Tahir Foundation). Selain itu di Grand Opening Ceremony Techpolitan juga disediakan kelas-kelas free trial yang dibuka bagi umum antara lain kelas Design 3D & Animation, kelas Game & Design Making for Kids, kelas Coding.

Saat ini Sinar Mas Land yang tengah menggarap proyek Digital Hub di BSD City, sebagai wadah berkumpulnya komunitas digital dan teknologi. Tak hanya berfokus pada teori, Techpolitan juga akan mewujudkan hasil kreasi yang dihasilkan dari kelas-kelas yang disediakan.

Salah satunya adalah dengan mewujudkan hasil kreasi animasi kelas Design 3D & Animation dalam bentuk nyata. Hasil kreasi animasi ini akan diwujudkan dalam bentuk tiga dimensi (3D) melalui teknologi 3D printer. 3D printer atau printing adalah proses pembuatan benda padat tiga dimensi dari suatu desain digital. Karena merupakan 3D, maka benda ini memiliki volume sehingga anda dapat memegang atau menyentuh secara langsung. Pada dasarnya memang tidak jauh berbeda dari alat printing biasa, hanya saja output yang dihasilkan berupa 3D.

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version