Teknologi Markerless AR Dorong Interaksi Dengan Konsumen Tanpa Batas

AR&Co Markerless AR

AR&Co menghadirkan fitur Markerless AR. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - WIR Group melalui anak usahanya AR&Co menerapkan penggunaan teknologi Markerless Augmented Reality (AR), yang menghadirkan objek virtual tanpa bantuan marker atau alat penanda. Teknologi ini diharapkan dapat mendorong interaksi antara industri dan masyarakat tanpa batas.

Chief of Sales and Marketing WIR Group Gupta Sitorus menjelaskan, saat ini, sebagian masyarakat masih teradaptasi dengan teknologi Augmented Reality yang memerlukan marker untuk memunculkan objek visualnya.

“Hanya melalui gawai digenggamannya, konsumen dapat merasakan pengalaman yang menarik untuk mengenal suatu produk atau jasa yang diberikan oleh penggerak industri atau brand,” ucap Gupta dalam keterangan pers, Senin (1/5/2023).

Menurut Gupra, WIR Group melalui AR&Co telah menjelajah industri ini sejak 2009 hingga saat ini mendorong penggunaan Markerless AR, sebagai terobosan untuk memudahkan penggerak industri dan brand dalam memberikan pengalaman imersif kepada konsumen dengan lebih mudah dan dan tanpa batas.

“Teknologi ini menggunakan sensor pada perangkat seperti kamera, accelerometer, dan sensor lainnya untuk mengenali dan melacak lingkungan fisik. Teknologi Markerless AR dapat memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menampilkan objek digital secara imersif dan interaktif untuk mendorong penguatan branding pada berbagai industri seperti bisnis, pendidikan, kesehatan, hiburan, bahkan dunia real estate,” paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam Markerless AR, perangkat akan memindai lingkungan fisik untuk mencari fitur-fitur khusus yang dapat digunakan sebagai titik referensi untuk menempatkan objek virtual. Setelah fitur-fitur dimaksud telah ditemukan, maka perangkat akan menggunakan informasi untuk mengenali dan melacak posisi objek virtual dalam lingkungan fisik secara real-time.

Keuntungan dari Markerless AR adalah fleksibilitas dan kemudahan penggunaannya. Teknologi ini juga memerlukan algoritma dan pemrosesan yang lebih kompleks dibandingkan dengan Marker-based AR.

“Kedepannya, AR&Co akan menjajaki berbagai bidang sebagai upaya merevolusi potensi dari berbagai industri di Indonesia,  Transformasi digital yang terjalan dengan baik nantinya akan menciptakan pertumbuhan ekonomi dan menjawab isu yang dapat dihadirkan dari solusi teknologi,” tutup Gupta.

Sebelumnya AR&Co telah menghadirkan fitur Markerless AR melalui salah satu kegiatan konferensi global yang mempertemukan kreator konten, digital influencer, hingga youtuber, memberikan potensi baru untuk masa depan dunia entertainment khususnya konten kreator dan brand di mana mereka dapat memberikan pengalaman yang unik bagi pengguna internet.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version