youngster.id - Pandemi Covid-19 telah menggeser perilaku dan gaya hidup masyarakat. Para pelaku bisnis perlu beradaptasi dengan cepat terhadap kondisi tersebut, termasuk dalam hal layanan pelanggan. Para pelaku bisnis perlu menempatkan pelanggan menjadi pertimbangan utama dalam setiap keputusan bisnis.
Demikian disampaikan, Menteri BUMN Eric Thohir pada pembukaan Telkom CX Summit 2022.
“Mereka yang mampu mendapatkan solusi yang tepat dan cepat serta mampu menciptakan komunikasi yang baik dengan pelanggan cenderung lebih mampu bertahan di tengah ketatnya kompetisi. Karena bisnis yang baik tak hanya berfokus pada kompetensi tetapi juga pada kepuasan pelanggan,” kata Eric dalam acara yang digelar PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) secara hybrid conference Rabu (12/10/2022) di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.
Menteri Erick, mengingatkan para pelaku bisnis untuk menempatkan pelanggan menjadi pertimbangan utama dalam setiap keputusan bisnis. Cara ini ia nilai efektif untuk mencari solusi yang tepat dan cepat untuk menjangkau komunikasi yang baik dengan pelanggan.
“Karena tanpa ada loyalitas pelanggan, bisnis pun akan sulit berjalan. Saya optimis Indonesia bisa mewujudkan visi sebagai service country pada 2045 dengan perusahaan-perusahaan yang memiliki daya saing global,” ujarnya.
Menteri Erick juga mengapresiasi kepada Telkom atas gelaran CX Summit 2022. “Ini menunjukkan komitmen Telkom Group dalam memperlihatkan kepuasan pelanggan dalam situasi ekonomi politik global yang penuh dinamika dan ketidakpastian,” ucapnya.
Pada kesempatan itu, CDIO Telkom Indonesia Muhamad Fajrin Rasyid mengatakan, teknologi merupakan salah satu senjata bagi bisnis. Teknologi dapat membantu operasional bisnis agar berlangsung dengan lebih efisien, misalnya melalui pengembangan aplikasi. Selain itu, masih banyak kemampuan teknologi lainnya yang juga dapat menunjang efisiensi operasional bisnis.
“Kami percaya untuk mengembangkan perusahaan, kita butuh sekali untuk bisa mengembangkan teknologi,” tutur Fajrin.
CX Summit 2022 ini menghadirkan para pakar di bidang bisnis, teknologi, dan CX. Antara lain tokoh bisnis dan mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, CEO Youth Lab Indonesia Muhammad Faisal, President General Electric (GE) Indonesia Handry Satriago, Direktur Utama Allo Bank Indra Utoyo, CEO PT Telkom Data Ekosistem Andreuw Th.A.F, dan Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas Taufik Hanafi.
Topik-topik menarik pun akan diangkat CX Summit 2022, seperti Next Business Megatrends, Understanding the Indonesian Future Market, Pursuing B2B CX Excellence, CX Excellence in Digital Connectivity Ecosystem, How Emerging Technologies Can Enhance Customer Experience, Trend in Customer Engagement, dan CX Excellence in Digital Banking.
STEVY WIDIA
Discussion about this post