youngster.id - Pandemi telah mengubah banyak aktivitas masyarakat, termasuk dalam menikmati hiburan. Kemudian berkat perkembangan teknologi berbagai kegiatan hiburan dapat dinikmati di rumah saja, mulai dari nonton film hingga karaoke. Kebutuhan ini mendorong Telkomsel dengan meluncurkan platform OTT ‘IndiHome Karaoke’, sebuah layanan hiburan digital yang memberikan pelanggan pengalaman karaoke interaktif di IndiHomeTV.
Vice President Home Broadband and FMC Consumer Marketing Telkomsel, Dedi Suherman mengatakan, melalui Inisiatif tersebut, Telkomsel melalui IndiHomeTV semakin mempertegas posisi menjadi ‘Home of Entertainment’ yang memberikan ragam hiburan digital berkualitas untuk dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.
“Sebagai penyedia layanan konvergensi terbesar di Indonesia, Telkomsel senantiasa terus meningkatkan kualitas dan kapabilitas layanan IndiHomeTV. Upaya tersebut selaras dengan semangat Telkomsel yang terinspirasi dari semangat Indonesia untuk menciptakan terobosan melalui kehadiran inovasi produk yang dapat memberikan layanan hiburan digital sesuai perkembangan dan kebutuhan digital masyarakat,” ucap Dedi pada jumpa pers, Jumat (23/12/2023) di Jakarta.
Menurut Dedi, platform OTT ‘IndiHome Karaoke’ ini sesungguhnya sudah hadir sejak 2 tahun lalu. “Layanan ini kami relaunch dengan melakukan refresh formatnya sehingga tampilannya lebih baik dari sisi User Interface (UI) dan User Experience (UX)-nya untuk berkaraoke kualitasnya juga bertambah,” ucapnya.
Adapun IndiHome Karaoke membawa fitur-fitur yang diunggulkan mulai dari Sync Link, Pengaturan Volume Vokal, Mode Instrumen, Mode Putar Fleksibel, dan Pengaturan Playlist yang dapat disesuaikan dengan selera pengguna. Selain itu, katalog untuk lagu-lagu juga bertambah dengan lebih dari 5.000 lagu Indonesia dari berbagai genre musik.
“Semua fitur kami disiapkan memberikan layanan sekelas layaknya di tempat karaoke. Tidak hanya menghadirkan pilihan untuk memilih dan memutar lagu. Jadi ada penyesuaian nada dengan suara pelanggan jadi ini fitur penting membuat suara jadi merdu,” kata Dedi lagi.
Melalui produk IndiHome Karaoke ini Telkomsel berharap dapat menjaring sekitar 33% dari 8,5 juta pelanggan IPTV. Untuk berlangganan layanan IndiHome Karaoke, pelanggan harus melakukan pembelian paket add-on dengan harga Rp20.000 untuk 30 hari, dan mengunduh aplikasi ‘Karaoke Seru Dari Rumah’ melalui IndiHome Apps Store.
Layanan ini melengkapi layanan musik lain yang sudah tersedia di IndiHomeTV seperti Langit Musik, channel TV: All Play, i-konser, MTV Live dan lainnya.
Dedi menegaskan, Telkomsel bekerjasama dengan Nuon dan Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (Asiri) untuk menjamin legalitas dari setiap lagu karaoke yang dihadirkan lewat IndiHome Karaoke.
“Lewat layanan ini juga kami ingin memberikan kesempatan kepada industri musik di Indonesia baik dari artis hingga pencipta lagu mendapatkan apresiasi. Ini juga menjadi cara mendukung industri kreatif,” pungkasnya.
STEVY WIDIA