Terjun ke E-Commerce, Tiktok Beri Pelatihan Gratis Bagi Pelaku Usaha

TikTok Shop Seller Conference

TikTok Shop Seller Conference. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - TikTok tak sekadar menjadi platform berbagi video tetapi telah mengembangkan diri sebagai e-commerce lewat fitur TikTok Shop. Hal ini mendorong TikTok untuk memberdayakan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) masuk ke ranah digital.

Bertepatan dengan Hari UMKM Nasional TikTok meluncurkan program #MajuBarengTikTok. Program yang  didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini memberikan edukasi selama hampir satu tahun dalam mengasah keterampilan digital dan pemanfaatan ekosistem TikTok bagi para pelaku UMKM.

Head of SMB TikTok Indonesia Pandu Nitiseputro mengatakan, Program #MajuBarengTikTok dirancang untuk membantu pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan sumber daya dari ekosistem TikTok untuk mengembangkan usaha mereka secara optimal, mulai dari TikTok LIVE, TikTok Shop, hingga TikTok For Business.

“Kami mengapresiasi dukungan dan kepercayaan yang diberikan oleh Kemenparekraf untuk bersama-sama memberdayakan UMKM lokal melalui program penyuluhan terpadu ini. Sebagai salah satu kekuatan ekonomi di negeri, berdayanya UMKM Indonesia juga dapat membantu Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat memasuki masa endemi,” ujar Pandu dalam jumpa pers Jumat (12/8/2022).

Menurut dia, TikTok juga menyelenggarakan program TikTok Shop Seller Conference kedua pada Hari UMKM Nasional. Selain menyediakan materi dan penyuluhan terkait TikTok Shop untuk para seller, acara ini juga menyediakan kesempatan bagi seller, kreator, dan pengguna untuk bertemu dan berkolaborasi dalam bisnis mereka di TikTok Shop. Kedua program ini menjadi bagian dari kampanye #SerunyaIndonesia dalam rangka merayakan HUT RI ke-77 untuk membantu Indonesia pulih dan bangkit lebih cepat.

Direktur Komunikasi Pemasaran, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) RI Martini M Paham mengatakan, di era digital, para pelaku UMKM diharapkan bukan hanya masuk ke platform digital, tapi juga bisa aktif memanfaatkan kekuatan yang ditawarkan platform digital.

“Program pelatihan selama hampir satu tahun yang disajikan di #MajuBarengTikTok diharapkan dapat membekali para UMKM dengan kemampuan dan keterampilan digital untuk memaksimalkan potensi online dari ekosistem TikTok,” ucapnya.

Program #MajuBarengTikTok ini akan dibagi ke dalam berbagai periode, serta tersedia dalam format online dan offline di berbagai kota di Indonesia agar memiliki cakupan nasional. Topik yang akan dibagikan di program tahun ini meliputi tiga fokus, yaitu TikTok LIVE dan kolaborasi bersama kreator, TikTok Shop untuk mengembangkan performa penjualan, serta TikTok For Business untuk membantu UMKM menjangkau target audiens melalui strategi pemasaran dan cara beriklan tepat guna di TikTok.

Pendaftaran program #MajuBarengTikTok resmi dibuka pada tanggal 12 Agustus 2022 dan dapat diikuti oleh UMKM di Indonesia secara gratis. Kelas pertama #MajuBarengTikTok akan dimulai pada bulan September 2022.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version