The Big Start Roadshow di Yogyakarta

Blibli.com menggelar roadshow The Big Start di Alun Alun Yogyakarta. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Blibli.com menggelar roadshow The Big Start (TBS), berupa festival UMKM the Big Start pada 19-21 Juli 2019 di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta. Sekitar 100 pengusaha kreatif memamerkan produk mereka sekaligus ikut serta dalam kompetisi ini.

Sejak berdiri di 2011, Blibli.com sudah membantu UMKM di seluruh Indonesia, termasuk di Yogyakarta, untuk go online. Kini, sudah ada sekitar 800 mitra UMKM Yogyakarta yang tergabung di Blibli.com per kuartal dua 2019, angka yang menunjukkan kenaikan sebesar 2 kali lipat dibanding periode yang sama di tahun 2018.

“Kami senang menerima kepercayaan serta dukungan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan merasa terhormat karena dapat berperan dalam peningkatan kompetensi pengusaha-pengusaha kreatif di Yogyakarta yang banyak dari mereka menjalankan usaha tergolong UMKM,” ungkap Andy Adrian, Deputy CMO Blibli.com dalam keterangannya, Sabtu (20/7/2019).

Para UMKM ini menghadirkan sekitar 10.000 SKU produk, jumlah yang juga naik 200% dibanding periode yang sama tahun lalu. Mayoritas UMKM Yogyakarta yang tergabung di platform kami terdiri dari pengrajin kain tenun, batik, fashion moda, serta rumah & dekorasi (kriya).

Menurut Andy, melalui kompetisi The Big Start yang memasuki tahun keempat, Blibli.com ingin melanjutkan komitmen jangka panjang untuk menyokong UMKM. “Usaha kami sejalan dengan visi-misi program Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mendayagunakan potensi UMKM,” ujarnya.

Sementara itu, Trisaktiyono, Asisten Perekonomian dan Pembangunan DIY mengatakan, kemajuan dunia digital memiliki peran yang sangat penting bagi kegiatan UKM di era Revolusi Industri 4.0. Hingga akhir 2018, terdapat setidaknya 258.000 UMKM di Yogyakarta yang sebagian besar belum tergabung dalam platform e-commerce. Tentu pembinaan dan pemberdayaan UKM go digital menjadi kebijakan pendorong efektivitas usaha dan meningkatkan kesejahteraan lewat penguatan ekonomi rakyat melalui penciptaan wirausaha baru.

“Inisiatif Blibli.com sangat mendukung program pemerintah dalam mendorong pertumbuhan UKM Yogyakarta melalui program TBS Season 4. Kami berharap inisiatif ini dapat mendukung realisasi target DIY dalam meningkatkan kontribusi pertumbuhan UKM, yang bermuara pada target Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara 2020,” ungkapnya.

STEVY WIDIA

Exit mobile version