youngster.id - Tahun 2022 industri penyelenggara kegiatan atau event organizer mulai menggeliat. Hal ini terlihat dari mulai kembali digelar berbagai aktivitas seperti konser musik, pameran dan seminar. Kini tahun 2023, industri ini memanfaatkan momentum untuk tancap gas.
Salah satu yang melakukan percepatan pertumbuhan adalah Threego Indonesia Group. Grup perusahaan yang bergerak pada industri penyelenggara event dan komunikasi kreatif kini memiliki lebih dari 120 unit bisnis. Mereka menargetkan untuk meningkatkan potensi bisnis dengan target Rp 1 Triliun, serta menyerap 3.000 tenaga kerja kreatif melalui jaringan terintegrasi yang tersebar di 30 kota di seluruh Indonesia.
CEO dan Founder Threego Indonesia Group Miftakul Arif mengatakan, industri event dan komunikasi kreatif di Indonesia masih menyimpan potensi yang sangat besar dan belum dimaksimalkan dengan baik.
“Melalui lebih dari 120 unit bisnis yang terintegrasi di dalam Threego Indonesia Group, kami memiliki target untuk dapat berakselerasi meningkatkan potensi industri kreatif hingga tiga kali lipat, serta mencapai target pendapatan hingga sebesar Rp 1 Triliun tahun ini,” ucap Miftakul pada konferensi pers, Jumat (27/1/2023) di Granada Ballroom Menara 165 Jakarta.
Menurut Miftakul, target tersebut akan dicapai melalui model bisnis terintegrasi yang mengutamakan konsep kolaborasi kreatif antar unit bisnis di bawah naungan Threego Indonesia Group. Anak perusahaannya diantaranya, Stellar Events, Difago, Adnomali, WANI, dan Bertiga Integrated Network.
“Kami juga berkomitmen untuk mendampingi pemerintah dan asosiasi terkait untuk dapat berkontribusi memajukan industri kreatif tanah air melalui standarisasi kompetensi bisnis bagi para pelaku didalamnya,” katanya.
Meski Threego Indonesia Group baru berdiri pada 2018 Miftakul optimis bahwa target tersebut akan tercapai melalui pemaksimalan konektifitas dan integrasi seluruh bisnis unit yang terdapat didalam ekosistem group.
“Dengan berbagai keunikan dan kekuatan seluruh unit serta semakin luas nya jaringan bisnis yang tersebar di seluruh nusantara akan makin memperkuat kapabilitas dari Threego Indonesia Group. Dengan memberikan strategi komunikasi dan penyelenggaraan kegiatan yang berdampak positif yang tidak hanya bagi sektor swasta namun juga industri ekonomi kreatif tanah air,” katanya yakin.
Sementara itu Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelanggara Kegiatan (Events) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Rizki Handayani Mustafa memberi dukungan pada Threego Indonesia. Menurut dia, sat ini, pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia menunjukkan tren positif, sehingga perkembangan sektor ini menjadi salah satu fokus pemerintah.
“Kami bisa liat ecosystem events yang luar biasa khususnya kaitannya dengan kreatif, target penyerapan tenaga kerja dan target impact secara evaluasi secara ekonomi yang dibutuhkan oleh kita semua,” ucap Rizki.
Threego Indonesia Group memiliki struktur jaringan perusahaan yang menjawab semua kebutuhan industri event dan komunikasi kreatif, antara lain, konsultan komunikasi kreatif, penyelenggara event dan festival, promotor musik, penyelenggara sportstainment, kerja sama pengelolaan venue, wedding organizer, hingga merchandise dan clothing line, serta layanan lain terkait pelaksanaan event.
STEVY WIDIA