youngster.id - Meski ada kekhawatiran tentang kondisi ekonomi saat ini, sekitar tiga dari lima calon wirausaha (63%) di Asia Pasifik berencana merintis usaha kecil dalam waktu 18 bulan mendatang.
Hal itu terungkap dalam survei Herbalife yang dijalankan oleh Talker Research pada Juni 2024, bertajuk “Asia Pacific Business of Wellness Survey”. Survei itu juga menyebutkan: 59% responden memiliki sentimen positif seputar kewirausahaan, serta merasa optimis atas rencana merintis usaha dalam beberapa bulan ke depan.
Selain itu, survei ini juga mengungkap sejumlah peluang di segmen kesehatan dan gaya hidup dari sisi tingkat belanja konsumen dan potensi bisnis: lebih dari setengah (51%) responden akan meningkatkan belanja di segmen kesehatan dan gaya hidup pada tahun ini. Juga, calon wirausaha menilai sektor kesehatan dan gaya hidup sebagai industri keempat yang paling menarik untuk merintis usaha, setelah sektor makanan dan minuman (44%), ritel (30%), serta teknologi (25%).
“Kami mengamati sikap positif responden di Asia Pasifik seputar kewirausahaan. Dalam survei ini, banyak pemilik usaha kecil di Asia Pasifik memperkirakan tahun 2024 sebagai periode yang lebih baik bagi bisnis dibandingkan tahun lalu. Namun, merintis bisnis baru merupakan hal yang rumit. Demi mengurangi risiko, calon wirausaha dapat mempertimbangkan model bisnis yang modalnya lebih kecil, serta memiliki komunitas suportif yang bisa menyumbangkan wawasan dan keahlian tepat,” ujar Thomas Harms, Senior Vice President & Managing Director, Asia Pasifik, Herbalife.
Kondisi ekonomi berdampak pada kemampuan para pelaku usaha melunasi utang sehingga mengakibatkan lonjakan biaya, serta perubahan produk dan layanan yang ditawarkan. Meski demikian, 81% pelaku usaha yang disurvei di Asia Pasifik memperkirakan kinerja usaha menjadi lebih baik pada 2024 dibandingkan tahun lalu.
Di sisi lain, tiga tantangan terbesar yang dihadapi pelaku usaha tersebut antara lain, kemampuan memperoleh penghasilan di tengah lonjakan inflasi (32%), mempertahankan pelanggan, serta tuntutan bekerja dengan lebih banyak waktu (25%).
Generasi Z dan Milenial lebih berambisi merintis usaha dibandingkan Generasi X dan Boomer. Sebanyak 87% Generasi Z dan Milenial bahkan telah memiliki usaha kecil atau ingin merintis usaha kecil pada masa mendatang. Angka tersebut lebih tinggi dari Generasi X (83%) dan Boomer (59%).
Dengan beragam model bisnis dan saluran interaksi yang tersedia bagi calon wirausaha masa kini, survei ini mengungkap, Generasi Z bersikap paling terbuka (70%) untuk metode penjualan langsung (direct selling), disusul Generasi Milenial (65%). Di sisi lain, metode penjualan langsung juga dipandang positif oleh pemilik bisnis di Indonesia (91%), Filipina (86%), Vietnam (87%), Thailand (77%), dan Malaysia (62%).
Alasan-alasan terbesar bagi Generasi Z dan Milenial untuk merintis usaha antara lain, memperoleh penghasilan yang lebih besar, memiliki entitas yang dibangun sendiri, serta memiliki wadah untuk bekerja sesuai minat. (*AMBS)
Discussion about this post