Tiket Konser Berbentuk NFT Bisa Cegah Calo dan Penipuan

NFT Jazzy Cats

Nama koleksi NFT tiket untuk JGTC adalah Jazzy Cats. (Foto: istimewa)

youngster.id - Banyaknya jumlah acara juga memicu munculnya calo sebagai salah satu keluh kesan promoter acara. Tiket dalam bentuk NFT diklaim bisa mencegah adanya calo tiket.  Tiket NFT ini juga sebuah pengalaman baru untuk pengunjung.

“Dengan tiket NFT yang desainnya juga unik dan tidak ada yang sama, jadinya bisa membuat orang lebih ingin sharing pengalaman mereka, sebagai tanda bukti kalau mereka memang ada di dalam acara itu,” kata Muhammad Ishmael Raffly Project Officer Jazz Goes to Campus (JGTC) dalam keterangannya, baru-baru ini.

Menurut Ishmael, selain bentuk tiket menarik yang bisa dimiliki sebagai memorabilia, tiket NFT juga sebagai bentuk dukungan untuk artis lokal.

JGTC menggandeng SerMorpheus yang dikenal sebagai Web3 enabler untuk menghadirkan tiket konser dengan menggunakan NFT Token-gating system. Ada sekitar 12.000 tiket NFT terjual di platform SerMorpheus. Banyaknya transaksi tercatat di teknologi blockchain yang menjadikan acara Jazz Goes to Campus sebagai salah satu proyek tiket NFT terbesar di dalam Web3 Indonesia.

Melalui teknologi ini pembeli tiket dapat menikmati keuntungan seperti jalur masuk spesial, goodie bags, dan akses menonton interview artis favorit. Selain itu, tiket NFT bisa mengatasi masalah kehilangan tiket dan mencegah penipuan.

Nama koleksi NFT tiket untuk JGTC adalah Jazzy Cats, di mana kelucuan tingkah kucing digambarkan dengan unsur seni klasik berbeda. Mulai dari Jazzy cats yang bermain saxophone hingga rahasia-rahasia seni yang hanya bisa ditebak oleh para penggemar musik jazz dan penggemar berat seni.

“Tinggal tunjukkan barcode yang tokenID-nya sudah tercatat di sistem blockchain, jadinya hanya pemegang tiket sah yang bisa memasuki acara. Dan dengan mudahnya kita bisa langsung tahu yang mana tiket yang palsu,” ujar Ishmael.

Di sisi lain, promotor event bisa mengurangi fraud dan scam karena banyak jenis tipe penipuan yang sudah dikenal banyak orang. “Ini merupakan bukti dimana NFT project dengan real-life utitility (kegunaan) yang jelas akan tetap bisa berkembang di setiap keadaan market, apalagi di situasi bear market di mana banyak proyek Web3 harus mengalami penurunan drastic,” pungkas Ishmael.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version