youngster.id - TikTok menggelar TikTok SEA Growth Summit 2025. Kegiatan ini menjadi wadah yang mempertemukan kreator dan publisher dari seluruh kawasan untuk berbagi wawasan seputar tren konten hingga strategi pengembangan komunitas di platform milik ByteDance ini.
General Manager Content Operations, Southeast Asia TikTok Angga Anugrah Putra mengungkapkan, inisiatif ini merupakan bentuk komitemen TikTok untuk menyatukan kreator dan publisher di Asia Tenggara yang ingin berbagi dan saling belajar untuk membuat konten-konten berkualitas serta strategi monetisasi.
“Ini juga spesial karena ini kali pertama kami mempertemukan kreator dan publisher sekaligus. Biasanya sesama kreator, nah ini sekarang kreator dan publisher yang berharap ini juga jadi media untuk berkolaborasi dan bisa menginspirasi konten-konten berkualitas,” katanya dikutip Kamis (31/7/2025).
Saat ini TikTok beroperasi di 11 negara di Asia Tenggara dan memiliki lebih dari 465 juta pengguna aktif bulanan. Tiga negara yang memiliki basis pengguna TikTok terbesar adalah Indonesia dengan lebih dari 160 juta pengguna aktif bulanan, diikuti dengan Vietnam dan Thailand masing-masing dengan 70 juta dan 50 juta pengguna aktif bulanan.
Karena itu, Jakarta dipilih sebagai tuan rumah TikTok SEA Growth Summit 2025 karena Indonesia memiliki basis pengguna TikTok terbesar di Asia Tenggara.
“Sekarang ada lebih dari 1 miliar pengguna datang ke TikTok setiap bulannya, tidak hanya datang untuk terhibur, tetapi juga menemukan sesuatu baru dan belajar,” ungkapnya.
Angga menambahkan pertumbuhan pengguna TikTok di Asia Tenggara juga dibarengi dengan ekosistem kreator, publisher, dan brand yang semakin luas dan beragam dalam menawarkan konten berkualitas tinggi
Salah satu kreator yang berhasil mengembangkan komunitasnya di TikTok adalah Thanyaporn Sanguanlosit yang kerap disapa Farm. Kreator kuliner asal Thailand ini berhasil mengembangkan hobi memasaknya menjadi akun TikTok @farmiscooking yang saat ini memiliki lebih dari 1,4 juta pengikut dan 50 juta likes.
“Sejak saya menjadi TikTok creator saya merasa bahwa ini memberikan saya ruang untuk membagikan apa yang sangat saya sukai,” ujar Farm dalam kesempatan yang sama.
“Sebelumnya saya tidak begitu bagus bicara di depan kamera, saya sekarang lebih percaya diri dan TikTok sudah memberikan saya kesempatan bekerjasama, berkolaborasi dengan berbagai brand,” pungkasnya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post