Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

TikTok Dukung Tokopedia dan ShopTokopedia di Era ‘Discovery e-Commerce’

24 Desember 2024
in Headline
Reading Time: 3 mins read
tiktok Tokopedia

TikTok dukung Tokopedia dan ShopTokopedia di era ‘discovery e-commerce’ (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Data penjualan e-commerce melonjak hampir 95%, dengan jumlah pengguna mencapai 65,65 juta pada tahun 2024. Hal ini juga didorong tren live shoping. Hal ini mendorong TikTok sebagai platform berbagi video singkat dengan 125 juta pengguna di Indonesia komitmen mendukung Tokopedia dan ShopTokopedia memasuki era “discovery e-commerce.”

Communications Director, TikTok Indonesia, Anggini Setiawan menjelaskan, banyak juga pengguna yang menemukan inspirasi produk dari para penjual yang mempromosikan produk mereka, baik melalui video singkat maupun siaran langsung yang interaktif. Semua ini dimungkinkan berkat kekuatan penemuan TikTok, yang didorong sistem rekomendasi terpersonalisasi, konten yang autentik, dan dukungan komunitas yang kuat. Kekuatan penemuan ini juga mendukung era <span;>discovery e-commerce<span;>.

“Kekuatan penemuan TikTok memungkinkan pengguna Tokopedia dan ShopTokopedia serta kreator untuk tidak hanya terhibur, tetapi juga menemukan konten dan produk yang mereka butuhkan. Masyarakat dapat mengakses berbagai sajian konten dari para kreator dan penjual, mulai dari unboxing, tutorial, hingga cara pakai, yang bisa menginspirasi pembelian produk kebutuhan dari jutaan penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia,” ungkapnya pada Media Gathering Selasa (23/12/2024) di Jakarta.

Baca juga :   Penjualan Mobil dan Motor Listrik Naik 2 Kali Lipat di Tokopedia

Anggini menyebut, per Desember 2023, ada lebih dari 8 juta kreator yang menerima penghasilan dari TikTok. Selain itu, 60% konten promosi yaitu video pendek dan LIVE di TikTok digunakan untuk mendukung produk lokal di ShopTokopedia. TikTok juga memberdayakan komunitas pengguna, termasuk para penjual di Tokopedia melalui berbagai kesempatan kolaborasi atau peluang commerce, kampanye, dukungan akun dan fitur, serta program pemberdayaan, seperti #MajuBarengTikTok dan Jalin Nusantara.

“Di era discovery e-commerce, pelaku usaha bisa mencapai lebih lewat konten promosi dan pemasaran dalam bentuk video pendek hingga live di platform seperti TikTok. Pelaku usaha yang live streaming di TikTok mengalami kenaikan penjualan di ShopTokopedia rata-rata 7 kali lipat. Pemanfaatan teknologi dengan cara baru ini artinya bisa mendorong kemajuan pelaku usaha dan pertumbuhan ekonomi digital,” kata Aditia Grasio Nelwan Head of Communications of Tokopedia and TikTok E-commerce.

Baca juga :   Indonesia Jadi Pasar Terbesar Kedua TikTok Shop di Dunia

Menurut dia, peran positif kreator terhadap kemajuan pelaku usaha, khususnya UMKM, melatarbelakangi Tokopedia dan ShopTokopedia menggelar program pemberdayaan kreator, yaitu Creators Lab dan Youth Affiliate Program. Creators Lab, yang diluncurkan sejak pertengahan tahun 2024, telah melatih ratusan kreator dari beragam latar belakang termasuk komunitas difabel.

“Inisiatif ini menghasilkan berbagai dampak positif. Salah satunya, setelah berkolaborasi dengan kreator naungan Creators Lab, sejumlah penjual di Pasar Tanah Abang mengalami peningkatan nilai transaksi rata-rata hampir 9,5 kali lipat. Youth Affiliate Program di lain sisi memberikan pelatihan kepada generasi muda di sejumlah universitas untuk menjadi kreator ulung. Jumlah UMKM yang terhubung dengan affiliate content creators melalui program ini meningkat 45%,” ungkapnya.

Keduanya menyatakan, Tokopedia dan ShopTokopedia memiliki keunggulan masing-masing yang melengkapi satu sama lain untuk membawa dampak positif bagi pertumbuhan perdagangan daring dan ekonomi digital tanah air. Di Tokopedia, masyarakat cenderung sudah mengetahui apa yang dibutuhkan atau akan dibeli. M

Misalnya, pada momen Natal. Sejumlah produk yang mengalami peningkatan tertinggi jumlah pesanan menjelang Natal 2024, antara lain: hampers (contoh: kue kering, cokelat), pohon Natal, dan hiasan pohon Natal (contoh: slinger, lampu), dengan rata-rata hampir 3 kali lipat. Berbeda dengan yang terjadi di ShopTokopedia. Masyarakat cenderung mengonsumsi konten video di TikTok terlebih dahulu, sebelum akhirnya terinspirasi membeli produk dari penjual di ShopTokopedia.

Baca juga :   Modal Ventura Siap Kucurkan Pendanaan Bagi Startup Di Luar Teknologi di Tahun 2021

“Tokopedia dan ShopTokopedia memungkinkan masyarakat menemukan berbagai produk kebutuhan lewat pengalaman yang mulus, kohesif, dan komprehensif, serta kampanye kolaboratif, seperti always-on campaign Beli Lokal dan Promo Guncang di setiap tanggal kembar. Di jam pertama puncak kampanye Promo Guncang 12.12 tahun ini, nilai transaksi di ShopTokopedia melalui fitur LIVE di TikTok bahkan tercatat meningkat hingga 50 kali lipat dibandingkan hari biasa, ” pungkas Aditia.

 

STEVY WIDIA

Tags: Creators labLive shoppingShop|TokopediaTikTokTokopedia
Previous Post

Jadi AI Factory Indosat, Lintasarta Hadirkan Beragam Inovasi Digital di 2024

Next Post

Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Asing Karyawan, PFN Gandeng Cakap

Related Posts

TikTok
News

TikTok Kini Punya Fitur Voice Notes dan Bisa Kirim Banyak Foto dan Video Sekaligus

8 September 2025
0
Kampanye "#SerunyaBelajar Ada di TikTok
Headline

TikTok Aktifkan Kembali Fitur Live, Lebih Aman dan Beradab

3 September 2025
0
TikTok Now
News

Ini Alasan TikTok Nonaktifkan Fitur “LIVE”

1 September 2025
0
Load More
Next Post
Kemampuan Berbahasa Asing

Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Asing Karyawan, PFN Gandeng Cakap

Aplikasi BRIGHTS

Permudah Generasi Muda Kelola Investasi, Aplikasi BRIGHTS Hadirkan Fitur SMARTINVEST

Inkubator Bisnis

Menumbuhkan Wirausaha Industri Melalui Program Inkubator Bisnis

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version