TikTok Gelar Program Jelajah 77 Destinasi Wisata di Indonesia

TikTok

Peluncuran Program Jelajah #SerunyaIndonesia dari Tiktok, Kemenparekraf dan tiket.com. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - TikTok, destinasi video pendek terdepan, meluncurkan kampanye #SerunyaIndonesia. Kampanye hyperlocal bertajuk Jelajah #SerunyaIndonesia ini akan mengeksplorasi 77 destinasi wisata di Indonesia bersama kreator TikTok merupakan bagian dari promosi pariwisata Indonesia melalui platform digital TikTok Live.

Program perjalanan wisata bertajuk “Jelajah #SerunyaIndonesia” ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Plh Direktur Komunikasi Pemasaran, Kemenparekraf/Baparekraf Firnandi Gufron mengatakan, inovatif merupakan salah satu fokus pemerintah melalui Kemenparekraf dalam memajukan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

“Inovasi, digitalisasi, dan ekonomi kreatif merupakan solusi berkelanjutan pengembangan parekraf global yang masuk dalam lima line of action (pilar aksi) agenda Presidensi Tourism Working Group G20 Indonesia. Kami berharap lewat program kolaborasi bersama TikTok ini, pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bisa mendapatkan inspirasi baru dalam meningkatkan kemampuan adaptasi, inovasi, dan kolaborasi yang baik, demi pariwisata Indonesia yang lebih maju,” kata Firnandi dalam acara jumpa pers virtual, Kamis (4/8/2022).

Menurut dia, program ini sejalan dengan prioritas Kemenparekraf, lima destinasi super prioritas yang mencakup Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Danau Toba di Sumatera Utara, dan Likupang di Sulawesi Utara akan menjadi bagian dari program Jelajah #SerunyaIndonesia ini.

Program ini akan mengeksplorasi 77 destinasi wisata di Indonesia bersama kreator TikTok, Canny Claudia, Firly Adhyatma Rusli, Melani Amelia dan Nanda Setya Pratama Juanda. Mereka akan membentuk grup untuk tampil langsung di TikTok LIVE selama 77 jam.

“Ragam konten oleh para kreator yang secara aktif berbagi rekomendasi kuliner khas nusantara, wisata daerah yang terkenal, hingga rekomendasi wisata baru sebagai “hidden gem” lewat video di TikTok, menjadikan konten wisata dan travel berkembang pesat dan menjadi bagian dari lima konten teratas di Indonesia,” kata Agung Pamungkas, Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia.

Masing-masing grup akan melaksanakan penjelajahan selama 10 hari. Grup pertama akan memulai penjelajahan di kota Aceh dan berakhir di Pontianak, grup kedua dimulai dari Samarinda dan berakhir di Yogyakarta, grup ketiga dari Manado dan berakhir di Ambon, sementara grup keempat akan memulai jelajah dari Merauke dan berakhir di Bali. Setelah 10 hari penjelajahan berakhir, keempat grup akan kembali berkumpul merayakan Festival #SerunyaIndonesia di Jakarta.

“Kami berharap, konten livestream dari kreator yang ikut serta di “Jelajah #SerunyaIndonesia” ini dapat memberikan inspirasi dalam meningkatkan adaptasi, inovasi, dan kolaborasi untuk kemajuan pariwisata Indonesia. Program ini pun bisa menjadi cara untuk saling menginspirasi dalam mencintai, menumbuhkan rasa bangga, sekaligus mempromosikan Indonesia dengan cara yang seru, kreatif, dan menghibur,” kata Agung lagi.

Tak hanya menjelajah berbagai wilayah di Indonesia, program ini juga akan mendukung pemberdayaan kreator daerah dan lokal, melalui program “Serunya On The Road (SOTR)” di tiga kota, yaitu Semarang, Bali, dan Medan. Program ini bertujuan untuk membuka peluang dan memberdayakan ekonomi kreator di Indonesia, sehingga siapa pun dapat ikut mempromosikan wisata Indonesia dengan cara yang kreatif dan menyenangkan.

“Yang menyenangkan dari TikTok LIVE adalah wadah bagi saya dan kreator lainnya untuk saling berinteraksi. Perjalanan di Jelajah #SerunyaIndonesia ini memberikan kesempatan bagi saya untuk berinteraksi, dengan masyarakat di berbagai daerah yang akan saya kunjungi dengan komunitas TikTok. Saya yakin akan ada banyak cerita menarik yang bisa kami sampaikan di program ini, rasanya tidak sabar!” ucap Melani Amelia, kreator TikTok LIVE.

Sementgara kreator TikTok, Canny Claudya yang kerap berbagi destinasi wisata melalui akunnya mengatakan, setiap destinasi wisata dan budaya tradisional menyimpan banyak cerita di baliknya, dan merupakan kesempatan besar bagi saya dan tiga rekan kreator lainnya untuk bisa mengeksplorasi kekayaan wisata Indonesia yang beraga.

“Semoga konten livestream yang kami bagikan dapat membuat masyarakat semakin menghargai keunikan setiap daerah di Indonesia dan menjadikan perbedaan itu sebagai hal yang menyatukan kita di Hari Kemerdekaan RI ke-77 nantinya,” ucapnya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version