youngster.id - Platform e-commerce dari ekosistem TikTok, TikTok Shop, menggelar program bernama TikTok Shop For Your Fashion. Acara ini bertujuan untuk mendukung brand fashion lokal meraih brand awareness yang lebih luas.
Pesatnya perkembangan industri fashion juga terlihat dari pertumbuhan TikTok Shop beberapa bulan belakangan ini, dengan mencatatkan pertumbuhan GMV 18 kali lipat selama Agustus hingga Desember 2021. Berangkat dari fenomena ini, TikTok Shop berkomitmen untuk terus memberdayakan UMKM dan seller fashion dengan memanfaatkan ekosistem TikTok yang lengkap dan terintegrasi.
Fashion Category Lead TikTok Shop Indonesia Desey Muharlina Bungsu mengatakan, memasuki era endemi, meningkatnya aktivitas fisik dan pertemuan tatap muka yang semakin marak mendorong peningkatan kebutuhan konsumen akan pakaian dan item fashion lainnya. TikTok Shop menyadari fenomena ini sebagai sebuah kesempatan untuk turut memajukan seller dan brand lokal, termasuk dari kategori fashion.
“Program TikTok Shop For Your Fashion khusus bagi brand fashion lokal Indonesia agar mereka mendapatkan eksposur yang lebih luas lagi melalui interaksi tatap muka dengan masyarakat Indonesia melalui pameran offline. Di pameran ini, brand fashion lokal dapat menunjukkan produk unggulan mereka yang dapat disandingkan dengan brand fashion internasional”, kata Desey dalam keterangan pers, Sabtu (13/8/2022).
Program TikTok Shop For Your Fashion menghadirkan dua program utama, mulai dari pameran dan fashion show di Mal Kota Kasablanka, hingga in-app challenge #TikTokShopBanggaLokal untuk memberi apresiasi sekaligus ruang agar brand fashion lokal dapat terus maju dan berkembang. Program TikTok Shop For Your Fashion merupakan bagian dari kampanye #SerunyaIndonesia yang diselenggarakan oleh TikTok sepanjang bulan Agustus untuk mengobarkan semangat kebhinekaan agar Indonesia dapat pulih lebih cepat, dan bangkit lebih kuat.
“TikTok Shop For Your Fashion sengaja dikemas dan terintegras secara offline dan online agar brand fashion lokal dapat menghadirkan pengalaman berbelanja online yang mulus bagi konsumen mereka, sembari berinteraksi tatap muka. Konsumen bisa langsung berbelanja dengan mudah melalui keranjang belanja kuning yang disematkan di dalam video pendek, live streaming, dan profil konten kreator tanpa harus meninggalkan aplikasi TikTok,” kata Desey.
Program TikTok Shop For Your Fashion diselenggarakan pada tanggal 11 – 21 Agustus 2022 secara hybrid dengan kombinasi antara kegiatan online di platform TikTok dan offline di Mal Kota Kasablanka di Jakarta. Mulai dari brand fashion modest seperti Mayoutfit, produk fashion pria seperti Roughneck 1991 dan Shining Bright, tas dan sepatu seperti Jimshoney dan Aurum Lab, produk pakaian olahraga seperti Eiger, hingga produk unisex seperti Sweaterpolos.id.
Selain menghadirkan brand lokal, kreator dan host teratas TikTok juga hadir untuk mengadakan sesi livestream langsung di booth brand fashion lokal selama pameran For Your Fashion berlangsung.
“Dengan menggunakan fitur yang ada di TikTok Shop, kami dapat melakukan aktivitas pemasaran dan penjualan dengan lebih kreatif dan lebih cocok dengan target konsumen. Calon pembeli yang melihat video tentang brand kami di TikTok bisa langsung berbelanja di toko kami di TikTok Shop, sehingga proses belanja mereka bisa cepat dan praktis. Platform TikTok Shop juga sangat ramah untuk sellers dan mempermudah kami untuk melayani pelanggan mulai dari proses belanja sampai pengiriman dengan cepat,” kata Selvy Sepani, Founder Sweaterpolos.id.
STEVY WIDIA
Discussion about this post