Tim Antawirya Undip Kembangkan Mobil Hemat Energi

Tim Antawirya Undip

Tim Antawirya Undip dan mobil Gentayu dan Rondhan. (Foto: istimewa/undip)

youngster.id - Tim Antawirya Undip merupakan tim mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang yang bergerak di bidang mobil hemat energi. Saat ini tim ini membuat dua mobil yang akan diikutsertakan pada kompetisi Shell Eco Marathon 2022 dan Kontes Mobil Hemat Energi 2022.

Kedua mobil tersebut ialah Gentayu yang berfokus pada kendaraan Internal Combustion Engine dan Rondhan yang berfokus pada Electric Vehicle.

“Tim Antawirya dibentuk dengan tujuan mengembangkan inovasi desain mobil ramah lingkungan dan berkontribusi pada pengembangan mobil hemat energi di Indonesia. Serta telah mendapatkan berbagai prestasi yang membanggakan pada tingkat nasional dan internasional,” ungkap Alan Haryudanto General Manager Tim Antawirya yang dilansir laman Undip.

Menurut Alan, tim Antawirya saat ini memiliki dua mobil yang akan diikutsertakan pada kompetisi Shell Eco Marathon 2022 dan Kontes Mobil Hemat Energi 2022. Kedua mobil tersebut ialah Gentayu yang berfokus pada kendaraan Internal Combustion Engine dan Rondhan yang berfokus pada Electric Vehicle. Gentayu dan Rondhan merupakan mobil yang didesain untuk mobilitas dengan unsur keamanan dan dapat menempuh jarak jauh dengan energi seminimal mungkin.

Kompetisi Shell Eco Marathon 2022 akan digelar pada tanggal 11-15 Oktober 2022 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika Lombok, NTB. Kompetisi ini merupakan ajang untuk mengembangkan solusi mobilitas yang inovatif dalam mendesain, membangun, menguji, dan mengendarai kendaraan masa depan yang memenuhi unsur keamanan serta dapat menempuh jarak jauh dengan menggunakan sumber energi seminimal mungkin.

Sedangkan, Kontes Mobil Hemat Energi 2022 akan diselenggarakan pada tanggal 31 Oktober-04 November 2022 di Sirkuit Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur. Kompetisi ini merupakan sebuah lomba mobil irit tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI bekerja sama dengan tuan rumah Perguruan Tinggi.

Dekan FT Undip Prof Mochamad Agung Wibowo memberi apresiasi kepada Tim Antawirya yang akan mengikuti kompetisi Shell Eco Marathon 2022 dan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2022.

“Kompetisi tersebut dapat memberikan pelajaran yang berharga dan juga dapat mengasah softskill serta mencari jejaring antar mahasiswa di berbagai Perguruan Tinggi, sehingga menjadi modal yang berharga pada saat terjun di dunia industri. Selain itu yang lebih penting adalah proses untuk menjadi juara,” kata Prof Agung.

Sementara itu, Direktur Direktorat Akademik Kemahasiswaan dan Alumni Hanifa Maher Denny menambahkan, pihak universitas akan terus mendukung dan mendorong segala kreatifitas dan partisipasi mahasiswa dalam berbagai kompetisi nasional dan internasional.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version