Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Tingkatkan Kecakapan Digital Masyarakat Melalui Program Literasi Digital

20 Februari 2024
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD)

Tingkatkan Kecakapan Digital Masyarakat Melalui Program Literasi Digital (Foto: Istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Sebagai wujud komitmen untuk terus meningkatkan literasi digital masyarakat dalam rangka membangun kualitas talenta digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) menyelenggarakan Program Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2024.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, tahun 2024 Kominfo terus fokus dalam komitmen untuk melanjutkan Indonesia Makin Cakap Digital demi menyongsong Indonesia Emas 2045-2046.

Menurutnya, literasi digital merupakan bagian dari penyelenggaraan transformasi digital yang memegang prinsip “Nobody Left Behind”. Untuk itu, diharapkan para penyedia dapat menargetkan masyarakat yang masih belum terpapar sama sekali, karena sejatinya program literasi digital hadir untuk mengakomodir mereka yang belum mendapatlkan literasi dibidang digital.

“Maka dari itu, pemilihan peserta dalam kegiatan haruslah diperhitungkan. Kita harus fokus kepada mereka yang belum terpapar literasi dibidang digital, sehingga tidak ada yang ketinggalan,” ujar Semuel, Senin (19/2/2024).

Baca juga :   GudangAda Dukung UKM Indonesia Bangun Daya Saing Lewat Peningkatan Literasi Digital

Seperti tahun sebelumnya, program IMCD 2024 memberikan literasi kepada masyarakat tentang Empat Pilar Literasi Digital, yaitu Kecakapan Digital (Digital Skill), Keamanan Digital (Digital Safety), Budaya Digital (Digital Culture), dan Etika Digital (Digital Ethics). Keempat pilar tersebut dinyatakan penting agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan lebih baik.

“Yang diharapkan adalah para peserta yang mengikuti kegiatan dapat memahami 4 pilar literasi digital sehingga dapat lebih berkegiatan di ruang digital dengan aman, nyaman, dan semakin produktif,” tutup Semuel.

Direktur Pemberdayaan Informatika, Slamet Santoso menyampaikan harapannya kepada seluruh penyedia yang terpilih untuk menjadi perpanjangan tangan Kemenkominfo dalam melaksanakan program IMCD 2024 dengan penuh tanggung jawab serta menjunjung nilai akuntabilitas.

Baca juga :   Platform Penyedia Jasa Profesional Sejasa Raih Pendanaan Series A

“Saya ucapkan selamat kepada konsultan yang mendampingi kita di tahun 2024, maupun 19 penyedia yg terbagi dalam sembilan wilayah di Indonesia dan dua segmen peserta. Tahun 2024 adalah tahun terakhir rencana strategis pemerintah yang sudah dimulai dari 2020. Jadi, ini adalah tahun terakhir program IMCD,” tuturnya.

Slamet berharap, Kemenkominfo dapat mencapai target 30.000.000 orang yang mendapatkan literasi digital. Orang-orang inilah yang nantinya diharapkan dapat menyampaikan Empat Pilar Literasi Digital kepada lingkungan sekitarnya.

“Harapannya kalau 30.000.000 orang terpapar materi yang disampaikan para praktisi dan narasumber dapat disampaikan ke orang-orang di sekelilingnya yang nantinya dapat meningkatkan angka paparan literasi digital menjadi hampir 90% masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Baca juga :   Industri Kripto di Indonesia Menunjukkan Potensi Ekonomi yang Kuat

Menurut Slamet, Kemenkominfo tetap mengusulkan IMCD sebagai program periode 2025-2029 yang diharapkan dapat hadir dengan tingkat yang lebih advanced. Harapannya, level-nya meningkat menjadi kualitatif, yakni kompetensi yang unggul, bukan hanya kuantitas masyarakat yang terpapar.

“Saat ini kami memberikan literasi digital di level yang basic. Di level yang advanced nanti, masyarakat diharapkan dapat menggunakan internet untuk mendukung peningkatan ekonomi digital di Indonesia,” pungkasnya.

Indonesia Makin Cakap Digital 2024 akan menyasar lebih banyak kalangan di segmen masyarakat umum dan pendidikan, dengan target 5.500.000 orang mendapatkan literasi di bidang digital.

 

STEVY WIDIA

Tags: literasi digitalProgram Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2024talenta digital
Previous Post

Majamojo Rilis Game Bergenre Game Survival Third Person Shooter “Mega Zombie M”

Next Post

Penjualan Tertinggi Honda di Januari 2024 Disumbang dari Brio dan HR-V

Related Posts

Keterampilan Pengelola Data AI Jadi Talenta Primadona di Berbagai Industri
Headline

Keterampilan Pengelola Data AI Jadi Talenta Primadona di Berbagai Industri

25 September 2025
0
Indosat Target Melatih 2 Juta Talenta AI Melalui IDCamp 2025
Headline

Indosat Target Melatih 2 Juta Talenta AI Melalui IDCamp 2025

24 September 2025
0
WebFest.Asia, Konferensi Web Developer Se-Asia Tenggara
Headline

Indonesia dan Uni Emirat Arab Siap Cetak 10 Juta Developer

16 September 2025
0
Load More
Next Post
Honda Brio

Penjualan Tertinggi Honda di Januari 2024 Disumbang dari Brio dan HR-V

e-commerce

Industri e-Commerce Indonesia Terus Tumbuh Positif, Pelaku Bisnis Harus Berkolaborasi

transformasi digital

Optimalisasi Operasional Bisnis, Arya Nobel Lakukan Transformasi Digital

Discussion about this post

Recent Updates

Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version