Tips Pertahankan Keuangan Usaha Fesyen Usai Lonjakan Omzet saat Ramadan

Zilingo

Model memeragakan produk Zilingo. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Tren positif pemulihan ekonomi masih terus berlanjut selepas bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1443 H. Pelonggaran pembatasan sosial oleh pemerintah memicu peningkatan permintaan pasar sehingga sektor usaha semakin optimistis untuk menambah intensitas produksi dan penjualan. Tidak terbatas pada usaha retail saja, fenomena ini juga berdampak positif pada transaksi layanan Zilingo.

Sejak Januari hingga Maret lalu, pelaku usaha fesyen sudah mulai meningkatkan intensitas belanja kain melalui layanan Zilingo. Pembelian kain juga tercatat masih terus berlangsung selama Ramadan untuk memenuhi kebutuhan konsumen jelang hari raya.

“Ramadan dan Idul Fitri tahun ini benar-benar dimanfaatkan pelaku usaha sebagai booster pertumbuhan usahanya, baik skala kecil maupun besar. Volume transaksi pada layanan Zilingo tumbuh hingga 75% dibandingkan tahun lalu. Kabar baiknya, sejumlah brand baru juga memulai penjualannya tahun ini. Meski naik cukup signifikan, beberapa pelaku usaha masih memilih untuk memantau keputusan pemerintah terkait kebijakan pasca Idul Fitri,” ungkap Kang Ay Lie, Head of Commerce Zilingo Indonesia dalam keterangannya, Sabtu (14/5/2022).

Untuk itu, menurut dia, pelaku usaha yang telah sukses mendorong pertumbuhan bisnisnya selama Ramadan hingga Idul Fitri 1443 H perlu tetap mengantisipasi penurunan omzet penjualan setelah hari raya, baik dalam jumlah kecil maupun besar. Sebab, lonjakan permintaan selama Ramadan hingga jelang lebaran merupakan dampak dari perubahan kebutuhan masyarakat. Sedangkan kebutuhan usai Idul Fitri umumnya kembali seperti semula.

Tim Zilingo merangkum beberapa tips agar bisnis yang telah berkembang bisa bertahan setelah mengalami lonjakan transaksi dalam momen Ramadan dan Idul Fitri:

Mengelola Keuangan dengan Bijak

Omzet penjualan yang naik signifikan sebaiknya dilihat sebagai akselerasi dalam perkembangan usaha Anda. Lonjakan permintaan seperti saat jelang hari raya tidak datang sepanjang tahun. Jika usaha Anda telah sukses memanfaatkan momen Ramadan hingga jelang lebaran untuk mendulang keuntungan, maka mulailah mengelola hasil penjualan dengan bijak. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika omzet menurun setelah hari raya berakhir. Keuntungan selama Ramadan bisa dialokasikan ke berbagai kebutuhan bisnis, seperti pembayaran biaya operasional hingga dana darurat.

Melunasi Pinjaman Modal

Dalam menjalankan usaha, tidak jarang pemilik usaha perlu mengajukan pinjaman modal untuk mendukung operasional bisnisnya. Hal ini sah-sah saja selama dana yang dipinjam menjadi utang yang produktif. Prioritaskan pengembalian pinjaman modal setelah usaha Anda memperoleh keuntungan. Utamakan untuk melunasi pinjaman yang menerapkan bunga, biaya tambahan, dan tanggal jatuh tempo terdekat. Sehingga tidak membebani bisnis di masa mendatang.

Menyiapkan Dana Pengembangan Usaha

Pengembangan usaha sebaiknya menjadi salah satu prioritas setelah Anda mengalami peningkatan omzet penjualan selama Ramadan. Hal ini menjadi salah satu cara agar usaha yang telah berjalan tetap tumbuh. Pengembangan usaha bisa dilakukan dengan menyusun strategi produksi hingga penjualan yang lebih inovatif dengan memanfaatkan teknologi.

Contohnya, pelaku usaha fesyen mulai beralih menggunakan layanan berbasis teknologi dari Zilingo untuk memudahkan pembelian bahan baku. Dengan Zilingo Trade, Anda bisa memilih supplier terpercaya dan mengajukan permintaan sampel bahan baku kain sebelum membeli. Anda juga dapat berkonsultasi sebelum melakukan transaksi untuk memastikan Anda mendapat bahan baku dengan kualitas dan harga terbaik.

Membuat Program Pemasaran dan Promosi Baru

Meski momentum Ramadan dan Idul Fitri telah berlalu, pemilik usaha harus tetap kreatif meluncurkan program-program promosi strategis. Misalnya dengan mengadakan diskon spesial gajian, giveaway produk baru, hingga program apresiasi bagi pelanggan setia.

Anda dapat memanfaatkan layanan Zilingo Spotlight untuk mendukung dalam mempromosikan keunggulan produk Anda. Sekaligus melakukan konsultasi pemasaran digital dengan tim profesional kami. Zilingo bekerja sama dengan lebih dari 950 bisnis di Asia Tenggara untuk mendukung pemasaran yang lebih efektif, cepat dan terjangkau.

Peningkatan dan penurunan omzet dalam bisnis merupakan hal yang wajar terjadi. Namun dengan pengelolaan keuntungan tepat yang diperoleh dari penjualan selama Ramadan, akan mencegah Anda merasakan fenomena keuntungan semu.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version