Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Tokopedia Coffee Fest Dongkrak Penjualan Pelaku UMKM Kopi Hingga 50%

6 Juli 2024
in Headline
Reading Time: 3 mins read
Tokopedia Coffee Fest Dongkrak Penjualan Pelaku UMKM Kopi Hingga 50%
0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Seiring meningkatkan konsumsi kopi, industri kopi Indonesia juga terus bertumbuh dari hulu ke hilir.
Pada 2023, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat produksi kopi di Indonesia mencapai lebih dari 760.000 ton. Sumatra Selatan, Lampung, Aceh, Sumatra Utara hingga Jawa Timur menjadi beberapa provinsi dengan perkebunan kopi terluas di Indonesia pada 2023. Para pelaku UMKM kopi juga meningkat pesat, diperkirakan ada 4.000 kedai kopi saat ini.

Untuk terus mendukung pelaku usaha kopi sektor UMKM, Tokopedia dan Shop Tokopedia menggelar Tokopedia Coffee Fest. Head of Communications Tokopedia and ShopTokopedia, Aditia Grasio Nelwan mengatakan, kampanye yang berlangsung sejak Mei hingga saat ini telah mendongkrak penjualan UMKM kopi di platform ini.

“Melihat potensi pasar di dalam negeri yang masih sangat besar, Tokopedia bersama para mitra strategis, termasuk penjual kopi, gencar memacu industri pengolahan kopi agar bisa lebih berdaya saing lewat berbagai inisiatif, salah satunya melalui Tokopedia Coffee Fest. Kampanye ini bisa mendongkrak penjualan para pelaku UMKM kopi hingga 50%, dibandingkan dengan periode sebelum para penjual mengikuti kampanye tersebut,” ungkap Aditia pada jumpa pers, Jumat (5/7/2024) di Dua Coffee, Bintaro, Jakarta.

Baca juga :   Transaksi Produk Fesyen di Tokopedia dan ShopTokopedia Terus Meningkat

Kampanye Tokopedia Coffee Fest, memungkinkan masyarakat untuk menemukan dan mendapatkan beragam produk kopi, mulai dari biji kopi, kopi literan, kopi kapsul, drip bag dan produk olahan kopi lainnya.

Untuk menghadirkan pengalaman yang lebih menarik, kampanye Tokopedia Coffee Fest juga telah menghadirkan deretan kegiatan online dan offline yang dapat diikuti masyarakat sepanjang kampanye berlangsung. Misalnya, Tokopedia bersama beberapa pelaku usaha kopi ternama, secara eksklusif meluncurkan berbagai jenis blend kopi yang dijuluki ‘Tokopedia Coffee Blend’, sehingga sehingga masyarakat bisa menikmati coffee blend sesuai ciri khas masing-masing penjual kopi tersebut.

Tak hanya itu, Tokopedia dan ShopTokopedia juga gencar dengan inisiatif Beli Lokal, yang mempermudah masyarakat untuk belanja online berbagai produk brand lokal, termasuk kopi buatan UMKM lokal. Alhasil, Aditia mengatakan, sejumlah daerah mengalami kenaikan tertinggi nilai transaksi terhadap produk kopi di Tokopedia selama kuartal II 2024 dibandingkan kuartal I 2024, yaitu Bengkulu, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo dan Maluku.

Baca juga :   Penjualan Produk Fashion di Tokopedia dan ShopTokopedia Naik 7 Kali Lipat

“Tidak hanya lewat Tokopedia Coffee Fest, produk kopi juga laris manis di kampanye Beli Lokal yang bisa ditemukan di Tokopedia maupun ShopTokopedia dalam aplikasi TikTok. Tokopedia mencatat penjualan produk makanan dan minuman seperti kopi bubuk naik hampir 2 kali lipat lewat Beli Lokal, jika dibandingkan dengan periode sebelum kampanye berlangsung, ” katanya.

Sementara untuk para pelaku kopi di hulu Tokopedia dan ShopTokopedia berkolaborasi dengan Sustainable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI) dan Pemerintah Kabupaten Lahat menghadirkan program ‘Pelatihan Pascapanen dan Peningkatan Mutu Biji Kopi’ bagi sekitar 1.000 petani lokal kopi di Kabupaten Lahat. “Dengan dukungan dari hulu ke hilir, Tokopedia dan ShopTokopedia berharap program pelatihan bisa dimanfaatkan oleh para petani kopi di Lahat untuk menghasilkan biji kopi yang berkualitas dan menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia, ” ujar Aditia.

Selain Tokopedia Coffee Blend, ada pula beragam kegiatan offline lainnya, seperti cupping session, cafe hopping hingga kompetisi latte art yang diadakan bersama Dua Coffee.

Baca juga :   Starbucks Indonesia Gelar Creative Youth Entrpreneurship

Co-Owner at Dua Coffee, Wempi Januar mengatakan, pihaknya telah memanfaatkan platform online untuk bisa selamat dari badai pandemi covid-19. Meski pandemi telah berlalu, Dua Coffee terus memanfaatkan Tokopedia sebagai salah satu kanal penjualan utama online dan memanfaatkan beragam kampanye di Tokopedia, mulai dari Tokopedia NYAM! hingga Tokopedia Coffee Fest, untuk meningkatkan penjualan. “Setiap bulannya, Dua Coffee bisa meraup omzet hingga Rp100 juta lewat Tokopedia,” ujar Wempi.

Selain untuk berjualan, Dua Coffee menggunakan TikTok untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap produk kopi lokal lewat berbagai konten video pendek yang informatif sekaligus menghibur.

“Kami mengedukasi penonton di TikTok seputar perbedaan antara kopi americano dan long black, dimana perbedaannya terletak pada proses penyajiannya,” ujarnya.

Saat ini Dua Coffee telah memiliki 5 kedai kopi berlokasi di Cipete, Tebet, Kuningan, Bintaro, dan Emerald Bintaro.

 

 

STEVY WIDIA

 

 

Tags: Dua Coffeeindustri kopiTokopedia Coffee FestTokopedia dan ShopTokopedia
Previous Post

Persiapkan Future Digital Talent, Telkom Kembali Gelar Program Digistar Class

Next Post

Octa Tambahkan Fitur Space di Aplikasi OctaTrader

Related Posts

Tokopedia x ShopTokopedia
Headline

Sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia Dorong Pendapatan UMKM Naik 95%

13 Desember 2024
0
Tokopedia dan ShopTokopedia
News

Penjualan Produk Fashion di Tokopedia dan ShopTokopedia Naik 7 Kali Lipat

6 Desember 2024
0
Jacoweek 2024, Rayakan Prestasi Mendunia Para Pelaku Industri Kopi Indonesia
Headline

Jacoweek 2024, Rayakan Prestasi Mendunia Para Pelaku Industri Kopi Indonesia

25 Oktober 2024
0
Load More
Next Post
Octa

Octa Tambahkan Fitur Space di Aplikasi OctaTrader

Langit Musik - Iwan Fals

Platform Langit Musik Hadirkan Album Terbaru Iwan Fals "Tujuh Belas"

inDrive - Alternativa Film Project

Hadirkan Konsep Baru, inDrive Boyong Festival Film Alternativa ke Indonesia

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version