Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Tokopedia Fokus Kembangkan Pasar Lokal

21 Juni 2019
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pendiri dan Co-Founder Tokopedia William Tanuwijaya menegaskan, Tokopedia akan menjalankan strategi fokus mengembangkan pasar domestik terlebih dahulu sebelum berekspansi ke negara-negara lain.

Hal ini belajar dari e-commerce global seperti Alibaba dan Amazon yang pada dekade awal sangat fokus dalam mengembangkan para merchant lokal di platformnya melalui berbagai penunjang fasilitas.

“Jadi, sekarang (fokus) ini yang ingin kami lakukan di Tokopedia,” kata William baru-baru ini.

Menurut dia, dengan menguasai pasar lokal, Tokopedia tidak mengulangi kegagalan pebisnis di Indonesia yang malah kalah bersaing di negaranya sendiri karena fokusnya terpecah-belah dengan bisnisnya yang ada di luar negeri.

Saat ini para merchant yang ada di Tokopedia adalah 100% pedagang lokal. Ia mengatakan, konsep marketplace domestic dipilih karena perusahaannya menyadari adanya benturan antara para pedagang lokal di Indonesia terhadap produk impor dan para pedagang dari luar negeri. “Jadi kami harus melihat secara realistis,” ujarnya.

Baca juga :   Edutech Ini Dorong Siswa Untuk Aktif Bertanya

Tokopedia juga sudah meninjau berbagai aspek dalam rencana ekspor yang akan dilakukan terhadap 5,9 juta merchant di platformnya. Dari hasil kajiannya, untuk dapat bersaing di pasar mancanegara, para merchant di Tokopedia harus memenangkan pasar domestik terlebih dahulu.

“Jika pedagang lokal Indonesia tidak bisa menjadi tuan rumah di negaranya sendiri, maka akan sulit sekali bagi mereka untuk bisa bersaing di luar negeri,” ucap William. Ia memberi contoh, ada beberapa kasus pedagang lokal yang menjual produk mereka di marketplace global. Namun, ternyata mereka kalah bersaing, karena secara produksi, harga, dan kualitas barang masih relatif sulit untuk bersaing dengan negara-negara lain.

Usai Ramadan Ekstra 2019, Tokopedia akan lanjut menghadirkan kejutan-kejutan baru dan produk-produk menarik lainnya yang dapat dinikmati masyarakat Indonesia dan pengguna Tokopedia menjelang ulang tahun e-commerce yang kesepuluh di bulan Agustus mendatang.

Baca juga :   Kolaborasi IOH, Mitratel dan dhost Percepat Ekosistem Digital Indonesia

STEVY WIDIA

Tags: pasar domestik
Previous Post

Dompet Dhuafa Gelar Kampanye #JanganTakutBerkurban

Next Post

Robbi Ibadi : Sukses Berkat Inovasi Tas Pintar

Related Posts

No Content Available
Load More
Next Post
Robbi Ibadi : Sukses Berkat Inovasi Tas Pintar

Robbi Ibadi : Sukses Berkat Inovasi Tas Pintar

GO-FOOD Festival Cetak Rekor MURI

GO-FOOD Festival Cetak Rekor MURI

EIGER Gelar Ekspedisi Menantang di Nepal dan Antartika

EIGER Gelar Ekspedisi Menantang di Nepal dan Antartika

Discussion about this post

Recent Updates

Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version