Tokopedia Hadirkan Berbagai Fitur Berbasis Teknologi Terbaru, Termasuk Augmented Reality

Fitur AR Tokopedia

Peluncuran fitur AR Tokopedia. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Tokopedia, meluncurkan beragam fitur berbasis teknologi terbaru termasuk Augmented Reality (AR). Melalui fitur AR di Tokopedia, masyarakat dapat lebih mudah dalam memilih dan mencoba berbagai produk secara virtual sebelum membeli.

“Inovasi teknologi AR Tokopedia hadir berkat kolaborasi bersama mitra strategis demi memberikan nilai tambah pada pengalaman belanja online. Dengan fitur ini kami berharap bisa makin membantu masyarakat mendapatkan produk makeup yang sesuai dengan warna kulit,” ungkap Azzahra Rahmani Ali Category Strategic Partnership Senior Lead Tokopedia dalam siaran pers, Kamis (24/5/2023) di Jakarta.

Azzahra menerangkan, untuk mencoba fitur AR Tokopedia, masyarakat cukup ketik dan klik ‘Virtual Try On’ pada kolom pencarian di halaman utama aplikasi Tokopedia. Pada halaman tersebut, masyarakat bisa mencoba berbagai produk dengan AR bertulisan ‘Cobain barangnya, yuk!’.

“Masyarakat juga bisa memilih hingga 4 varian warna produk secara bersamaan sehingga bisa membandingkannya secara lebih praktis. Fitur AR ini dapat dinikmati pengguna Android dan iOS dengan aplikasi Tokopedia versi terbaru,” jelas Azzahra.

Fitur terbaru lainnya dari Tokopedia adalah Keyboard Tokopedia. “Khusus untuk pengguna iOS, kini dapat menggunakan fitur Keyboard Tokopedia. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membagikan barang yang ada di wishlist Tokopedia mereka ke teman atau kerabat dengan lebih mudah,” katanya.

Selain fitur Keyboard Tokopedia, Tokopedia juga telah meluncurkan fitur Bagikan Alamat. “Masyarakat bisa mengirimkan hampers, hadiah atau berbagai produk lainnya kepada teman atau kerabat dengan lebih mudah melalui dengan menggunakan fitur Bagikan Alamat. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu ketik alamat penerima secara manual,” jelasnya.

Azzahra menekankan, fitur Keyboard Tokopedia dan Bagikan Alamat berlaku untuk seluruh kategori produk yang ada di Tokopedia, mulai dari kecantikan dan perawatan diri, makanan dan minuman, elektronik, gadget dan beragam kategori produk lainnya.

Selain menyediakan berbagai fitur untuk mempermudah pembeli berbelanja online, Tokopedia juga menghadirkan sejumlah fitur untuk membantu pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal, meningkatkan daya saing bisnis online.

“Ada berbagai fitur terbaru yang bisa dimanfaatkan penjual, yaitu fitur Spesifikasi, Katalog Tokopedia dan Kurir Rekomendasi. Fitur-fitur ini berlaku untuk berbagai kategori produk, mulai dari kecantikan dan perawatan diri, makanan dan minuman, elektronik, gadget dan masih banyak lagi,” ujar Azzahra.

Pada fitur Spesifikasi, penjual bisa memberikan informasi produk lebih lengkap, seperti manfaat, kandungan produk hingga cara pakai, untuk lebih meyakinkan calon pembeli. Sedangkan Katalog Tokopedia membantu penjual melakukan kurasi produk unggulan agar pembeli bisa lebih mudah memilih dan membandingkan produk berdasarkan harga, ulasan dan lain-lain.

Di sisi lain, Kurir Rekomendasi, menerapkan AI untuk merekomendasikan mitra logistik terbaik berdasarkan performa sehingga kualitas pengiriman makin terjaga. Layanan ini tersedia di Jabodetabek, Medan, Deli Serdang, Yogyakarta, Bantul, Sleman, Semarang, Surakarta, Malang, Denpasar, Surabaya, Sidoarjo, Bandung dan akan terus bertambah di kota lainnya.

“Dengan Kurir Rekomendasi, penjual bisa mengatur jadwal pick up barang. Selain itu, penjual juga bisa live chat bersama tim khusus apabila terjadi kendala pengiriman,” jelas Azzahra.

Sebelumnya Tokopedia menggencarkan inisiatif Hyperlocal yang menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada. Contoh manifestasinya adalah Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli, dan Dilayani Tokopedia, layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi.

“Berkat Hyperlocal Tokopedia dan berbagai inisiatif lainnya, penjualan produk Kecantikan dan Perawatan Diri di Tokopedia naik hampir 2 kali lipat sepanjang kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022. Sampo, pembersih wajah, lipstik, bedak dan masker wajah menjadi beberapa produk yang paling laris di kategori Kecantikan dan Perawatan Diri di Tokopedia,” pungkasnya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version