youngster.id - Momentum Tahun Baru 2025 turut mendorong lonjakan aktivitas belanja online di Indonesia. Prospeknya juga sangat menjanjikan, dengan laporan Statista 2024 yang menunjukkan proyeksi pertumbuhan volume pasar atau nilai transaksi e-commerce yang mencapai US$79,30 miliar atau sekitar Rp1,2 triliun pada 2029.
Jumlah pengguna e-commerce juga diproyeksi dapat mencapai 99,1 juta pengguna. Peluang ini sangat besar bagi pelaku bisnis di Indonesia untuk mengembangkan strategi dan memanfaatkan potensi pasar yang ada.
Head of Operations Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo mengatakan, pasar e-commerce di Indonesia adalah pasar yang sangat dinamis dan penuh potensi. Karena itu, tren belanja terkini jelas menjadi kunci utama bagi para penjual untuk menyusun strategi bisnis yang tepat dan meraih kesuksesan.
“Kami terus meningkatkan komitmen kami untuk menciptakan ekosistem e-commerce yang inklusif dan berkelanjutan guna memenuhi kebutuhan pelanggan Indonesia dan mendorong pertumbuhan perekonomian di Indonesia,” kata Amelia dikutip Jumat (24/1/2025).
Menurut dia, memahami tren belanja terkini jelas menjadi kunci utama bagi para penjual untuk menyusun strategi bisnis yang tepat dan meraih kesuksesan.
“Melalui fitur Bisnis Analisis di Seller Center Lazada, kami terus berupaya memberikan data, informasi, dan wawasan yang strategis dan menarik yang bisa dijadikan referensi untuk penyusunan strategi pengembangan bisnis para penjual di Lazada,” ujar Amelia.
Untuk itu, Lazada membagikan rekap kategori produk terlaris di Lazada tahun 2024 dan prediksi tren penjualan tahun 2025 :
- Groceries & Household Supplies
Di Lazada, kategori groceries menjadi salah satu kategori teratas yang paling diminati dan terus berkembang sepanjang tahun. Penjualan tissue bahkan meningkat signifikan hingga puluhan kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, menjadikannya sebagai produk terlaris untuk kategori ini di 2024, diikuti dengan beras, dan mi instan. Selain itu, di Harbolnas Lazada 12.12 yang lalu, perlengkapan mencuci seperti detergen, pelembut dan pengharum menjadi produk di luar bahan pokok yang paling banyak dibeli, diikuti dengan ragam kopi, susu, biskuit, dan snack.
Tahun ini, diperkirakan permintaan produk kebersihan berbahan organik akan terus meningkat. Ada juga peluang besar untuk makanan ringan (snack), frozen food, dan juga kebutuhan hewan peliharaan.
- Fashion
Kanal fashion yang lengkap dengan pilihan untuk wanita, pria, anak-anak, dengan penawaran harga terbaik, membuat kategori ini tetap menjadi primadona bagi pelanggan Lazada. Menariknya, aksesoris menjadi produk yang paling banyak dibeli di tahun lalu. Aksesoris khusus rambut, seperti jepit rambut termasuk ‘jedai’ aneka warna, pita dan ikat rambut, mendominasi keranjang belanja pelanggan, dengan penjualan yang meningkat puluhan kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Kaos kaki juga menjadi aksesoris yang banyak dibeli, terutama kaos kaki anak sekolah.
Sementara pada Harbolnas Lazada 12.12 lalu berlangsung, sepatu olahraga menjadi incaran konsumen, diikuti dengan pakaian dan tas olahraga. Pada tahun 2025, Lazada memperkirakan produk fashion yang mendukung gaya hidup sporty dan stylish akan terus berkembang dan membuka peluang bagi pebisnis online.
- Beauty
Sama halnya dengan kategori groceries dan fashion, produk kecantikan harian atau perawatan tubuh juga menjadi barang yang paling laris dibeli pelanggan sepanjang tahun 2024. Penjualan sabun mandi menjadi barang terlaris dan meningkat sebanyak enam kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, diikuti oleh kapas wajah, dan acne patch.
Produk kecantikan lokal juga masih terus memiliki tempat yang spesial di hati para pelanggan Lazada. Produk skincare khusus pria dan parfum juga menjadi produk yang menonjol di kategori beauty, dengan puluhan ribu parfum dari berbagai brand terjual saat Harbolnas Lazada 12.12 yang lalu.
- Elektronik
Sederhana namun penting, ternyata pengaman kabel jadi aksesoris elektronik yang paling banyak dibeli di Lazada sepanjang tahun, diikuti dengan mini fan yang sempat menjadi tren dengan berbagai variasi bentuk dan warna yang menarik, serta headset.
Promo tanggal kembar pun dimanfaatkan pelanggan untuk membeli produk dengan harga yang lebih fantastis, dengan smartphone dan ragam perangkat audio speaker menjadi barang yang paling banyak dibeli.
- Kebutuhan Ibu dan Anak
Kesehatan dan kenyamanan si kecil juga menjadi fokus utama para pelanggan Lazada. Tingginya angka penjualan produk-produk perawatan bayi ini bisa menjadi pertimbangan bagi penjual yang ingin mengembangkan bisnis dalam kategori produk ini.
Informasi ini bisa menjadi wawasan menarik bagi pelaku bisnis yang ingin memanfaatkan tren mendatang, memperluas kategori produk, dan meraih kesuksesan di pasar eCommerce Indonesia yang terus berkembang.
STEVY WIDIA