Transaksi Produk Makanan dan Minuman Sehat di Tokopedia Alami Kenaikan Selama Pandemi

Tokopedia Mamin Sehat

[ki-ka] Dokter Gizi Juwalita Surapsari, Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya, Founder Rumah Mocaf Riza Azyumarridha Azra dan Pemilik Loka Padang Irene Umar. (Foto: stevywidia/youngster.id)

youngster.id - Kesadaran akan gaya hidup sehat semakin meningkat sejak pandemi. Hal ini mendorong bisnis di bidang makanan dan minuman sehat juga mengalami pertumbuhan. Bahkan Tokopedia mencatat jumlah transaksi kategori makanan dan minuman sehat di kanal Tokopedia Nyam! Naik hampir dua kali lipat.

Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan,transaksi produk makanan minuman sehat meningkat hamper dua kali lipat sepanjang tahun 2022. Bahkan peningkatan ini terjadi di sejumlah daerah di luar Pulau Jawa.

“ Wilayah dengan peningkatan penjual makmin sehat paling tinggi adalah Kotawaringin (Kalteng), Lampung Timur (Lampung), Indragiri Hulu (Riau), Bukittinggi (Sumbar) dan Musi Banyuasin (Sumsel). Sementara itu, Bengkalis (Riau), Lampung Tengah (Lampung), Demak (Jateng), Kubu Raya (Kalbar) dan Buleleng (Bali) mengalami lonjakan pembeli makmin sehat paling tinggi pada 2022. Sementara, Kampar (Riau), Pringsewu (Lampung), Tabanan (Bali), Dumai (Riau) dan Buleleng (Bali) menjadi wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi makmin sehat paling tinggi,” kata Ekhel dalam jumpa pers Hari Gizi Nasional 2023, Selasa (24/1/2023).

Melihat antuasi ini, Tokopedia melalui kampanye Tokopedia Nyam! Membantu para pelaku UMKM lokal makmim sehat dari seluruh Indonesia untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

“Kami terus mengencarkan inisiatif Hyperlocal ​​untuk mendekatkan penjual-termasuk di industri makmin sehat-dengan pembeli di mana pun mereka berada. Contoh manifestasinya, ada Kumpulan Toko Pilihan (KTP) untuk membantu UMKM memperluas jangkauan pasar di dalam kota dan sekitarnya. Selain itu, ada Dilayani Tokopedia agar UMKM bisa menjangkau pembeli di luar kota,” jelas Ekhel.

Peningkatan transaksi  ini diakui oleh Irene Umar pemilik dari Loka Padang, rumah makan masakan khas Nusantara berbahan dasar nabati. Menurut dia, bisnis yang dimuali sejak 2018 ini mengalami peningkatan transaksi sepanjang tahun 2022.

“Penjualan Loka Padang naik hingga 2 kali lipat sejak bergabung di Tokopedia. Bahkan sepanjang 2022, jumlah transaksi toko Loka Padang di Tokopedia naik dua kali lipat disbanding tahun sebelumnya,” kata Irene.

Hal yang sama juga dialami oleh Riza Azyumarridha, founder dari Rumah Mocaf yang menghadirkan bermacam produk makanan sehat yang berbahan tepung singkong atau modified cassava flour (mocaf) bebas gluten.

“Kami memanfaatkan kanal digital Tokopedia agar produk para petani singkong bisa dijangkau oleh lebih banyak masyarakat. Sejak bergabung, jumlah transaksi toko Rumah Mocaf di Tokopedia bisa naik hingga 25 kali lipat dibandingkan 2021,” kata Riza.

 

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version