youngster.id - Tahun 2024 menjadi tahun yang penuh dengan perubahan serta harapan bagi pasar tenaga kerja Indonesia. Laporan bertajuk “Decoding Global Talent 2024: Gen AI Edition” yang dirilis Jobstreet by SEEK Oktober 2024 silam, menemukan bahwa adopsi GenAI di antara pekerja di Indonesia memperlihatkan pertumbuhan positif yang menjanjikan.
Dengan 38% pekerja menggunakan GenAI setiap bulannya, Indonesia bersaing dengan angka rata-rata global 39%. Selain itu, laporan eksklusif ini mengungkap bahwa pekerja Indonesia semakin akrab dengan AI yang tidak lagi terbatas pada lingkungan kerja untuk meningkatkan produktivitas sehari-hari, namun telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari mereka, termasuk dalam hal pengembangan diri.
Di sisi lain, terdapat juga perubahan preferensi lokasi dan dan bagaimana orang-orang Indonesia ingin bekerja, di mana melalui laporan berjudul “Decoding Global Talent 2024: Tren Mobilitas Pekerja” yang dirilis Juni 2024 terungkap bahwa 67% masyarakat Indonesia pada tahun 2023 memiliki keinginan yang kuat untuk bekerja di luar negeri, setara dengan rata-rata kawasan Asia Tenggara yang mencapai 68%.
Berbeda dengan tren global di mana individu muda lebih bersedia untuk bekerja di luar negeri, masyarakat Indonesia di berbagai tahap kehidupan dan usia menunjukkan minat yang sama dalam relokasi internasional. Meskipun angka ini menurun dari tingkat sebelum pandemi COVID-19 sebesar 82% pada tahun 2018, minat untuk bekerja di luar negeri tetap tinggi.
Untuk mendukung visi Indonesia Emas 2045, Jobstreet by SEEK telah meluncurkan inisiatif #NextMillionJobs, sebuah gerakan yang bertujuan untuk menciptakan satu juta peluang kerja baru bagi masyarakat Indonesia.
Data Kementerian Ketenagakerjaan 2023 menunjukkan terdapat sekitar 463.000 lowongan pekerjaan yang tersedia di seluruh Indonesia. Kebutuhan untuk lebih banyak informasi mengenai lowongan kerja yang relevan menjadi semakin jelas, sehingga diperlukan upaya untuk membuka kesempatan kerja yang lebih luas.
“Inisiatif #NextMillionJobs merupakan wujud nyata komitmen kami dalam mendukung pertumbuhan industri ketenagakerjaan Indonesia. Dalam semester kedua 2024, pada platform Jobstreet by SEEK terjadi peningkatan jumlah iklan lowongan pekerjaan untuk wilayah di luar pulau Jawa sebanyak 60% jika dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2023. Dengan terciptanya peluang kerja baru, kami berharap dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendorong pertumbuhan positif ekonomi nasional,” papar Sawitri, Country Head of Marketing Indonesia, Jobstreet by SEEK, dikutip Sabtu (21/12/2024).
Kampanye #NextMillionJobs merupakan langkah konkrit dari Jobstreet by SEEK dalam mewujudkan optimisme tersebut dalam mengajak semua pemangku kepentingan termasuk masyarakat, perusahaan, serta pemerintah untuk turut mendorong perekonomian nasional.
HENNI S.
Discussion about this post