Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Tren Berbisnis di Bulan Ramadan

9 Juni 2018
in Headline, News
Reading Time: 3 mins read
Tren Berbisnis di Bulan Ramadan

Moka merilis tren bisnis sepanjang Ramadan. (Foto: moka/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Di bulan Ramadan, para pebisnis tentunya merasakan perbedaan yang signifikan dibandingkan penjualan di hari biasa; terlebih ketika memasuki masa-masa akhir di bulan puasa ini. Moka merilis beberapa data menarik terkait tren Ramadan yang bisa dimanfaatkan oleh pebisnis.

Moka, startup penyedia layanan point-of-sale berbasis cloud, melakukan survey dan analisa kegiatan bisnis di bulan Ramadan. Dalam keterangannya, Jumat (8/6/2018) didapati bahwa apapun perubahan pada pola bisnis yang dijalani, pastinya momen Ramadan menjadi momen yang tepat untuk meraih keuntungan berbisnis yang dapat membawa berkah bagi diri sendiri, keluarga, dan juga orang sekitar.

Riset ini diharapkan dapat memudahkan pelaku bisnis dalam meningkatkan penjualan dan meningkatkan skala bisnisnya. Setelah melihat data tren ini, pastikan aktivitas bisnis yang kamu jalani sudah maksimal ya.

Tren Berbisnis di bulan Ramadan:

– Tiga bisnis yang melesat

Dari sekian banyak industri bisnis yang ada, tiga industri bisnis yang mengalami peningkatan pendapatan penjualan yang signifikan adalah bisnis food & beverage (F&B), salon kecantikan, serta aksesoris dan pakaian. Pada bisnis F&B misalnya, rata-rata pendapatan pemilik bisnis meningkat sampai 43,1% per outlet. Untuk salon kecantikan, rata-rata pendapatan meningkat menjadi 30,3%. Wah, sepertinya banyak yang ingin tampil menarik dengan gaya baru di bulan Ramadan ya.

Baca juga :   Jobstreet by SEEK: Ada Tren Peningkatan Rekrutmen di Indonesia

– Ketertarikan di bulan Ramadan

Nah uniknya, ketertarikan akan Ramadan dari orang-orang yang mencari informasinya melalui search engine sudah ada bahkan jauh dari sebelum Ramadan itu mulai loh, dan terus meningkat sampai satu minggu sebelum bulan suci dimulai. Bagi yang sudah melakukan promosi secara online dari sebelum masa Ramadan, good job!

– Waktu yang baik untuk promosi

Penjualan bisnis yang baik tentunya dimulai dengan promosi yang baik dan menarik. Data menunjukkan waktu yang paling efektif untuk pelaku bisnis mempromosikan produknya adalah saat menjelang berbuka puasa. Mungkin ini yang disebut the power of Ngabuburit ya, bisa jalan-jalan sambil liat promosi di toko. Berbeda lagi kalau promosinya lewat online, waktu yang efektif untuk upload materi promosi itu saat jam makan siang dan juga saat sahur.

Makan dan Minum selama Ramadan

– Nah khusus untuk aktivitas yang paling banyak berubah di bulan ini, yaitu kegiatan makan dan minum, tentunya peak hour pemesanan terjadi di jam-jam tertentu mengikuti jadwal puasa. Misalnya pembelian pada jam makan siang (11.00-14.00) berkurang sampai 25% dan akan mulai melonjak mulai pukul 17.00, dan terus meningkat sampai jam 20.00. Untuk pelaku bisnis, perubahan jam ini bisa dimanfaatkan agar semua pelanggan kamu bisa tetap berbuka puasa dengan nyaman tanpa menunggu makanan terlalu lama ya.

Baca juga :   Jakarta Coffee Championship, Fasilitasi 20 UKM Bidang Kopi

– Sehubungan dengan berbuka puasa, pendapatan penjualan dari air mineral yang dibeli pada pukul 16.00 – 19.00 akan meningkat sebanyak 47% dari hari-hari biasa. Selain itu, minuman favorit semua orang untuk buka puasa, yaitu es teh manis, mengalami peningkatan pendapatan penjualan sampai sampai dengan 70%.

– Buka puasa bersama atau bukber. Siapa sih yang ngga pernah bukber bareng teman, keluarga, atau rekan kerja? Menurut data, peningkatan makan-makan di luar untuk buka puasa akan meningkat di minggu ke-2 bulan Ramadan di mana peningkatan penjualan mencapai 40% di minggu ini. Tren ini akan terus berlanjut sampai di tingkat tertinggi pada Ramadan yaitu satu minggu sebelum lebaran. Pada momen ini, volume penjualan bisa meningkat 187% lebih tinggi dari hari biasa.

Baca juga :   OLX Usung Tiga Konsep Baru

– Lalu bagaimana dengan budaya ngopi, atau hangout di tempat kopi? di bulan Ramadan, orang-orang tidak lagi memesan kopi di pagi hari sebelum berangkat kerja. Volume penjualan kopi pada jam 5-9 pagi di bulan Ramadan akan menurun sebanyak 37,5%. Tapi jangan berkecil hati bagi yang memiliki bisnis minuman kopi, karena penjualan akan kembali meningkat pada pukul 20.00 sampai dengan tengah malam sebanyak 30,3%. For the love of coffee, walaupun sudah masuk tengah malam akan tetap diorder, ya.

Bisnis setelah Ramadan usai

– Setelah Ramadan, bisnis F&B, retail dan aksesoris mengalami penuruan penjualan drastis hingga 50% setelah Ramadan berakhir. Alasan utamanya, orang tidak lagi membelanjakan uangnya sebanyak saat peak season Ramadan.

– Tapi jangan khawatir, untuk mengantisipasi performa penjualan yang biasanya menurun setelah masa Ramadan, pemilik bisnis bisa mengandalkan promo lebaran. Menurut data, bisnis yang menerapkan promo setelah peak season mampu mencegah penurunan penjualan hanya menjadi -3.65%.

 

STEVY WIDIA

Tags: MokaTren bisnis Ramadan
Previous Post

Indonesian Women’s Forum 2018 : Keberagaman Gender Beri Keuntungan Finansial

Next Post

Tren Positif Pengguna Hijab Pengaruh Pada Bisnis Salon

Related Posts

GoTo Financial
News

GoTo Financial Dorong Optimalisasi Layanan Keuangan Lewat Ekosistem yang Inklusif

23 September 2022
0
GoTo Davos
News

GoTo Boyong Perwakilan Mitra Usaha GoFood dan Moka Unjuk Gigi di Kancah Internasional

27 Mei 2022
0
CEO Grup GoTo Andre Soelistyo
Headline

Luncurkan KONTAG, GoTo Financial Tingkatkan Peluang Bisnis UMKM Ritel Indonesia

26 Agustus 2021
0
Load More
Next Post
Tren Positif Pengguna Hijab Pengaruh Pada Bisnis Salon

Tren Positif Pengguna Hijab Pengaruh Pada Bisnis Salon

Demi Transformasi Ekonomi Digital di Indonesia, DANA Siapkan Teknologi Baru

DANA Gelar Promo Menarik di Bulan Juni

Peresmian GraPARI TelkomGroup Digital di Medan Hadirkan “Seamless Experience” bagi Pelanggan Telkom dan Telkomsel

Ramadan Fair, Telkomsel Hadirkan Bazar Smartphone

Discussion about this post

Recent Updates

Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version