Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Tren Bisnis Ramadan 2019, Terjadi Peningkatan Transaksi

22 Mei 2019
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Tren Bisnis Ramadan 2019, Terjadi Peningkatan Transaksi

Head of Content Moka Himan Desfakhrian, Destry Anna Sari Asisten Deputi Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia, Data Analyst Moka Hutami Nadya, Co-Founder The Fit Company, Co-Founder Kibo Cheese Vicky Kurniawan . (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Moka, ​startup​ penyedia layanan sistem kasir digit merilis ​data-driven insight menarik yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku UKM sebagai bahan evaluasi strategi bisnis Ramadan tahun ini dibandingkan dengan Ramadan tahun lalu.  

Selama Ramadan, industri ritel, F&B dan servis mengalami peningkatan transaksi yang signifikan, terutama pada minggu-minggu akhir di bulan Ramadan. Komoditi seperti pakaian dan aksesoris mengalami peningkatan volume pendapatan sebanyak 38,8%. Sementara jumlah transaksi tiap outletnya pun naik hingga 68,1%.

Hutami Nadya, Data Analyst Moka, menjelaskan poin-poin menarik yang dapat menjadi acuan bagi pelaku UKM untuk mengevaluasi bisnisnya selama Ramadan.

“Dapat disimpulkan puncak penurunan transaksi akan terjadi di minggu Idulfitri, namun penjualan akan kembali naik pada minggu pertama setelah Idulfitri,” jelas Hutami dalam  diskusi bertajuk A Cup of Moka (ACOM) 2019, Selasa (21/5/2019) di Kolega kawasan Mega Kuningan Jakarta

Baca juga :   Ekosistem Digital Kunci Maksimalkan Potensi UMKM

Menurut Hutami, langkah yang bisa diambil oleh para pelaku UKM setelah melihat tren aktivitas ini adalah dengan memperpanjang periode diskon hingga minggu pertama setelah Ramadan, menawarkan produk baru, menjual stok lama dengan promo paketan, serta meningkatkan program loyalitas dengan menawarkan ​reward khusus setelah bulan Ramadan.

Salah satu produk pakaian yang paling laku terjual saat bulan Ramadan tahun 2018 adalah hijab, dengan preferensi hijab berbahan ​voile polos dan syal bermotif serta hijab dengan warna lembut seperti merah muda, persik dan biru. Berbeda dengan tahun lalu dengan hijab berbahan ​voile polos yang banyak digemari, data menunjukkan bahwa hijab ​voile bermotif mulai mendominasi pasar di Ramadan 2019.

Baca juga :   Tren Berbisnis di Bulan Ramadan

Untuk bisnis F&B, tren penjualan di tahun 2018 lebih kurang serupa dengan tahun 2019. Pada minggu pertama Ramadan, bisnis F&B sedikit melemah dibandingkan minggu sebelumnya dengan penurunan jumlah transaksi antara 20%-30% tiap outlet. Penjualan di bisnis F&B kembali meningkat di minggu kedua Ramadan dan diperkirakan akan terus meningkat sampai minggu terakhir Ramadan, yaitu 15%-25% lebih tinggi dibandingkan dari minggu kedua Ramadan.

​ Namun begitu, terlepas dari angka pertumbuhan bisnis yang positif, terdapat penurunan penjualan di berbagai industri satu minggu setelah Hari Raya. Adapun penurunan yang terjadi sejumlah 42,5% pada ​merchant kuliner, 67,75% pada merchant ritel, dan 70% pada ​merchant servis. Diperlukan strategi khusus bagi para pelaku UKM agar tetap dapat meningkatkan performa bisnisnya bahkan sampai Ramadan usai.

Baca juga :   Teknologi Jadi Strategi Baru Bisnis Ritel Fashion Hadapi Pandemi

Sementara itu Ibu Destry Anna Sari, ​Asisten ​Deputi Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia mengatakan kegiatan diskusi seperti ACOM spesial Ramadan ini bermanfaat untuk meningkatkan aktifitas ekonomi di kalangan UKM Indonesia.

“Dengan mengetahui tren yang berlangsung dan memanfaatkan momentum, kami berharap para pelaku usaha dapat tetap produktif untuk meningkatkan produksi dan penjualan bisnis,” ujarnya.

FAHRUL ANWAR

Tags: Moka
Previous Post

TelkomGroup Siaga RAFI 2019 Meriahkan Ramadhan, Telkom Berbagi Santunan Anak Yatim, Bantuan Sarana Ibadah dan Pondok Pesantren dalam Acara Buka Puasa Bersama

Next Post

Beli Cokelat Untuk Berbagi Menu Berbuka

Related Posts

GoTo Financial
News

GoTo Financial Dorong Optimalisasi Layanan Keuangan Lewat Ekosistem yang Inklusif

23 September 2022
0
GoTo Davos
News

GoTo Boyong Perwakilan Mitra Usaha GoFood dan Moka Unjuk Gigi di Kancah Internasional

27 Mei 2022
0
CEO Grup GoTo Andre Soelistyo
Headline

Luncurkan KONTAG, GoTo Financial Tingkatkan Peluang Bisnis UMKM Ritel Indonesia

26 Agustus 2021
0
Load More
Next Post
Beli Cokelat Untuk Berbagi Menu Berbuka

Beli Cokelat Untuk Berbagi Menu Berbuka

Kemenkop-UKM dan GoJek Kerja Sama Pelatihan Kewirausahaan

Kemenkop-UKM dan GoJek Kerja Sama Pelatihan Kewirausahaan

Teknologi Digital Permudah Kegiatan Filantropi Milenial

Teknologi Digital Permudah Kegiatan Filantropi Milenial

Discussion about this post

Recent Updates

Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version