Rabu, 1 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Tren Perkembangan Bank dengan Layanan Digital di Indonesia

31 Januari 2025
in Headline
Reading Time: 4 mins read
Bank Digital

Tumbuh Pesat di 2024, Tahun Ini Bank Digital Dituntut Lebih Adaptif (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Dalam beberapa tahun terakhir, transformasi digital di Indonesia mengalami percepatan yang sangat signifikan, tidak terkecuali perbankan. Para pelaku industri perbankan berlomba-lomba menghadirkan layanan perbankan yang dapat diakses hanya melalui aplikasi, mulai dari membuat akun rekening, melakukan pembayaran berbagai macam tagihan, menabung, hingga berinvestasi semua dapat dilakukan hanya melalui genggaman nasabah, tanpa harus datang ke kantor cabang bank sama sekali.

Tak hanya banyaknya bank dengan layanan digital baru yang muncul, namun banyak juga bank konvensional yang mengadopsi layanannya menjadi digital atau mengeluarkan layanan keuangan yang pelayanannya dilakukan secara digital.

Saat ini dapat disebutkan beberapa bank digital yang ada di Indonesia, seperti: Bank Jago, blu, Krom Bank, Bank Neo Commerce (BNC), Jenius, Allo Bank, Line Bank, Livin, Bank Raya, Motion Banking, Wokee, Digibank, D-Save, PermataME, TMRW by UOB, dan sebagainya.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dian Ediana Rae mengatakan bahwa banyak bank konvensional yang pada akhirnya mulai secara serius memberikan layanan secara digital. Sebab, layanan digital membuat bank dapat melakukan otomatisasi banyak proses transaksi perbankan sehingga biaya operasional menjadi lebih efisien.

Selain itu, layanan digital juga memungkinkan pelaku industri untuk dapat memperluas jangkauan mereka, selama infrastruktur memadai di suatu daerah atau kawasan, dan masyarakatnya memiliki smartphone dan koneksi internet, maka mereka dapat dijangkau dan berpotensi menjadi nasabah.

Menurut data Bank Indonesia, sampai dengan periode September 2024, jumlah transaksi bank dengan layanan digital tercatat sebanyak 1.929,33 juta transaksi. Angka itu tumbuh sebesar 40,45% secara tahunan, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar 1.373,63 juta transaksi. Sedangkan untuk nilai transaksinya, juga mengalami peningkatan sebanyak 54,89% dengan total sebesar Rp7.492,93 triliun pada September 2024, naik dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023 yang sebesar Rp4.837,57 triliun.

Baca juga :   Bukukan Laba Bersih 2024 Rp378,8 Miliar, SeaBank Untung Terus Tiga Tahun Berturut-turut

Pertumbuhan ini didorong oleh besarnya populasi Gen Z, generasi dengan jumlah terbesar saat ini di Indonesia. Generasi yang tumbuh besar dengan diiringi perkembangan teknologi ini, memegang peranan penting dalam membentuk tren ekonomi digital.

Berdasarkan riset Populix yang bertajuk “Studi Analisis Ekosistem dan Persepsi terhadap Bank Digital di Indonesia”, memperlihatkan beberapa faktor yang dianggap penting oleh masyarakat dalam menggunakan bank dengan layanan digital.

Riset tersebut dilakukan secara daring terhadap 250 responden laki-laki dan perempuan, dengan 60% responden merupakan Gen Z dan 40% responden milenial, dengan rentang usia 17-39 tahun yang berada di kawasan Jabodetabek, Jawa, Sumatera, dan beberapa kota lainnya.

Beberapa faktor utama yang dinilai penting oleh responden dalam menggunakan bank dengan layanan digital adalah keamanan data dan transaksi (31%), fleksibilitas dalam mengakses aplikasi (12%), fitur aplikasi yang lengkap (12%), integrasi dengan layanan keuangan lain (11%), dan adanya promo khusus (10%). Masyarakat mulai terbiasa untuk melakukan transaksi perbankan melalui bank dengan layanan digital. Bahkan, responden yang tinggal di area Jabodetabek, cenderung menggunakan 2-3 aplikasi bank dengan layanan digital untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

VP Research Populix, Indah Tanip mengungkapkan bahwa bank dengan layanan digital utamanya banyak digunakan untuk isi ulang dompet elektronik (54%), transfer antarbank (49%), berbelanja di e-commerce (48%), serta transfer antar rekening (47%).

Hal ini menunjukkan bahwa setiap bank dengan layanan digital dituntut untuk setidaknya mampu melayani berbagai kebutuhan standar tersebut melalui aplikasi mereka. Tentunya bank dengan layanan digital yang mampu menawarkan berbagai layanan keuangan yang lebih dari yang dibutuhkan nasabah, akan mampu menjadi pemain yang dapat memimpin di industri ini.

Saat ini, dengan banyaknya bank dengan layanan digital bermunculan, menyebabkan persaingan di industri ini semakin ketat. Para pelaku di industri ini berlomba-lomba menggaet calon nasabah dan mempertahankan nasabah eksisting untuk menggunakan layanan yang mereka tawarkan. Berbagai strategi dilakukan oleh setiap bank dengan layanan digital untuk memperluas jangkauan mereka, seperti menawarkan bunga yang kompetitif.

Baca juga :   Amar Bank Bukukan Laba Bersih Rp162,1 Miliar di Kuartal III 2023

Bank dengan layanan digital menawarkan bunga yang di atas rata-rata bank lain untuk menghimpun dana. Namun, pada akhirnya bank dengan layanan digital yang mampu menawarkan beragam layanan yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan transaksi perbankan dari segala segmen nasabah, akan menjadi pilihan utama masyarakat.

Direktur Utama PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC), Eri Budiono mengatakan, saat ini BNC telah mampu memenuhi kebutuhan transaksi keuangan beragam segmen nasabah, mulai dari nasabah perorangan, UMKM, maupun korporasi. Saat ini, aplikasi neobank milik BNC menjadi salah satu aplikasi perbankan yang paling lengkap.

“BNC menawarkan beragam layanan keuangan bagi seluruh nasabah. Kami melihat bahwa masyarakat mengapresiasi layanan yang BNC berikan, beberapa di antaranya yaitu produk tabungan NOW, deposito WOW, layanan pembayaran QRIS, transfer melalui Virtual Account (VA), transaksi PPOB, dan produk Neo Pinjam yang melayani nasabah yang memerlukan peminjaman dana untuk berbagai keperluan,” papar Eri, Jum’at (31/1/2025).

Masa depan bank dengan layanan digital diperkirakan masih akan mengalami peningkatan. Hal ini akan terjadi seiring dengan peningkatan adopsi teknologi dan terjadinya shifting atas perilaku nasabah terkait aktivitas transaksi perbankan mereka. Perkembangan teknologi terkini seperti Artificial Intelligence (AI) juga turut memungkinkan lahirnya berbagai inovasi baru dalam dunia perbankan, yang memungkinkan bank dengan layanan digital untuk dapat menawarkan layanan keuangan kepada nasabah yang lebih dapat dipersonalisasi, sehingga membuat layanan tersebut lebih efektif dan efisien.

Menurut Eri dengan melihat pesatnya peningkatan penggunaan bank dengan layanan digital di 2024, pihaknya melihat bahwa masa depan bank dengan layanan digital masih sangat menjanjikan, salah satunya juga karena didorong oleh demografi yang mendukung. Data survei menunjukkan bahwa Gen Z adalah generasi dengan jumlah yang terbanyak saat ini di Indonesia. Mereka merupakan generasi yang tumbuh bersama dengan teknologi, sehingga lebih akrab dengan teknologi dan dengan segala perkembangannya.

Baca juga :   Sediakan Ragam Layanan dan Produk Digital, Kinerja BNC Bertumbuh Positif

“Di tahun 2025 ini, Bank Neo Commerce akan berfokus menggenjot aset dari sisi commercial banking. Selain itu, kami juga akan terus mendorong peningkatan pemanfaatan direct loan melalui aplikasi neobank agar dapat digunakan oleh lebih banyak nasabah untuk memenuhi berbagai kebutuhan,” kata Eri.

Di sisi lain, berdasarkan data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2024, tingkat inklusi keuangan di Indonesia berada di angka 75,02%, sedangkan indeks literasi keuangan masyarakat berada di angka 65,43%. Tahun ini, OJK telah menetapkan target inklusi keuangan di Indonesia dapat mencapai angka 98% pada 2045.

Untuk mencapai target tersebut, tentunya dibutuhkan kerja sama antara pemerintah dan para lembaga jasa keuangan. Maka dari itu, pemerintah dalam hal ini OJK mengimbau lembaga jasa keuangan untuk turut bersama-sama mengadakan aktivitas-aktivitas yang bertujuan untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan masyarakat Indonesia.

Diklaim Eri, pihaknya aktif menyelenggarakan beragam kegiatan literasi keuangan baik online maupun offline, dengan menggandeng berbagai pihak. Selain Jakarta, BNC juga mengadakan kegiatan di berbagai kota seperti Medan, Palembang, Yogyakarta, Surabaya, Balikpapan, dan Banjarmasin. Sejak 2022, melalui kampanye Neo Keliling, BNC berkeliling memberikan pemahaman keuangan kepada masyarakat ke berbagai kawasan di Indonesia.

“Diharapkan dengan aktifnya BNC menyelenggarakan kegiatan literasi keuangan, dapat turut serta mendukung pemerintah dalam meningkatkan taraf literasi keuangan masyarakat Indonesia,” tutup Eri. (*AMBS)

 

Tags: Bank DigitalBank Neo Commerce (BNC)
Previous Post

Dukung Akselerasi Adopsi AI di Indonesia, Lintasarta Luncurkan GPU Merdeka

Next Post

inDrive Adopsi Teknologi AI untuk Layanan Ride-Hailing dan Pengiriman

Related Posts

Raih Untung Rp214 Miliar di Semester I-2025, SeaBank Fokus Tingkatkan Inklusi Keuangan
News

Raih Untung Rp214 Miliar di Semester I-2025, SeaBank Fokus Tingkatkan Inklusi Keuangan

20 Agustus 2025
0
Amar Bank
Headline

Tertinggi Sejak Awal Beroperasi, Amar Bank Bukukan Laba Rp67,5 Miliar Pada Kuarta I 2025

17 Juni 2025
0
aplikasi Krom Bank
Headline

Bank Digital Krom Bukukan Pendapatan Bersih Rp965 Miliar di 2024, Naik 125%

8 April 2025
0
Load More
Next Post
inDrive

inDrive Adopsi Teknologi AI untuk Layanan Ride-Hailing dan Pengiriman

Sociolla Store

Beauty Tech Sociolla Buka Toko ke-100 di Madiun

IndoBuild AI

Tantang DeepSeek, Alibaba Kenalkan Qwen 2.5-Max

Discussion about this post

Recent Updates

Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version