youngster.id - Sekitar 70% usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia, Malaysia, dan Singapura, memulai bisnis mereka dengan modal awal yang diperoleh dari tabungan pribadi maupun dukungan finansial dari keluarga atau teman.
Hal itu terungkap dari laporan platform pendanaan digital bagi UMKM Grup Modalku, bertajuk: “Perilaku Keuangan dan Pembayaran Digital UKM: Laporan Asia Tenggara 2023.”
Laporan ini bertujuan untuk melihat perilaku dan tantangan yang dihadapi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan bagaimana penggunaan fasilitas pendanaan dan pembayaran digital dapat menciptakan peluang dan efisiensi bisnis.
Survei dilakukan terhadap 977 UMKM di lima negara beroperasi, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Responden pada laporan ini masuk dalam kategori usaha mikro (74%) dan pemilik usaha (63%), yang mana responden tersebut merupakan penerima dana Grup Modalku (59%) dan bukan penerima dana Grup Modalku (41%).
“Survei ini menegaskan dan memperluas pemahaman kami tentang UMKM untuk melayani mereka lebih baik, dengan mempermudah akses pendanaan yang dihadirkan dan mulai masuk ke dalam manajemen arus kas, yang akan diterapkan pada produk kami,” kata Country Head Modalku, Arthur Adisusanto, Selasa (10/10/2023).
Laporan itu menyebutkan, pendanaan dari bank tradisional terdiri dari 23%, sedangkan 7% sisanya beralih ke alternatif pendanaan seperti perusahaan fintech. Di Indonesia, mayoritas UMKM mendapatkan sumber modal awal dari uang tabungan, dukungan keluarga dan teman (51%). Kemudian diikuti oleh bank tradisional (31%), sumber pendanaan alternatif seperti perusahaan fintech (10%), dan sisanya dari investor (3%).
Business Term Loan merupakan produk yang paling banyak digunakan oleh responden (49%). Di Indonesia sendiri, produk business term loan merupakan pendanaan bisnis yang memberikan kontribusi terbesar (74%). Kemudian diikuti oleh produk account payable financing (25%) dan produk invoice financing (22%).
Selain itu, responden di Indonesia juga mengatakan bahwa mereka menggunakan produk manajemen biaya (21%), transaksi lintas-negara (13%) dan sisanya menggunakan fasilitas pembayaran dengan kartu (8%).
Sebagian besar UMKM yang disurvei lebih memperhatikan hutang dibanding piutang, khususnya kemampuan mereka membayar supplier. Lebih dari sepertiga responden menyebutkan akses terhadap pendanaan (termasuk pinjaman dan kartu kredit) dan pemenuhan pembayaran kepada supplier atau vendor yang tidak menawarkan pilihan pembayaran yang fleksibel merupakan permasalahan utang utama mereka. Hal ini termasuk: pemantauan dan pelaporan utang, mendapatkan persetujuan untuk pembayaran, dan integrasi faktur atau invoice dengan pesanan pembelian dan tanda terima
Transfer bank masih menjadi metode pembayaran paling populer bagi UMKM, di mana hampir 90% UMKM membayar supplier melalui transfer bank dan 88% menerima pembayaran dari pelanggan melalui metode yang sama. Namun, transaksi tunai masih memainkan peran besar, di mana 51% responden di Indonesia mengatakan bahwa mereka mengandalkan uang tunai untuk membayar supplier dan menerima pembayaran dari pelanggan.
Di samping itu, responden mengatakan bahwa mereka juga menerima pembayaran dari pelanggan melalui e-wallet (27%), cheque (14%), dan virtual account (12%). Sedangkan untuk pembayaran ke supplier, responden juga menggunakan cheque (17%), virtual account (8%) dan sisanya melalui e-wallet (4%).
Para UMKM yang disurvei mengatakan bahwa pengeluaran terbesar mereka adalah untuk operasional sehari-hari (32%) serta inventaris dan perlengkapan (32%). Di Indonesia, pengeluaran biaya operasional cukup mendominasi (40%). Sedangkan biaya terbesar selanjutnya adalah pembelian inventaris dan perlengkapan (16%), perbaikan dan pendanaan proyek mendesak (14%), serta gaji karyawan (12%).
Suku bunga yang rendah menjadi faktor signifikan dalam mempengaruhi UMKM untuk berpindah merek. Lebih dari setengah (62%) UMKM di wilayah ini cenderung berpindah merek karena ketidakpuasan mereka terhadap pengalaman yang ditawarkan. Khususnya UMKM di Indonesia, rekomendasi dari kolega menjadi faktor yang cukup mempengaruhi keputusan dalam memilih merek atau fasilitas finansial (23%, dibandingkan dengan rata-rata regional sebesar 15%).
STEVY WIDIA
Discussion about this post