youngster.id - Vidi Aldiano termasuk jajaran selebriti tanah air yang berkecimpung di dunia entrepreneurship. Setelah sukses menjalakan bisinis di bidang industri musik, kuliner, dan fashion, kini Vidi akan merambah dunia startup digital.
Ketertarikan Vidi di dunia startup digital khususnya crowdfunding bermula saat ia menjalankan kuliah S2 di Manchester University. Saat itu, Vidi mengambil thesis tentang crowdfunding.
“Iya, jadi aku emang lagi bikin startup digital dan alasannya adalah karena pengalaman pribadi gue. Nama startup-nya adalah KROWD, yaitu sebuah platform yang mehubungkan para kreator di industri kreatif untuk saling berkolaborasi dan berkarya,” ungkap Vidi, dalam sesi talks Geekfest 2017 bertajuk The Disruptive Power of Collaboration.
Diakui Vidi, alasannya menciptakan startup ini adalah karena masalah yang ia alami sendiri dari dulu saat sedang menggarap album baru. Vidi bercerita bahwa saat membuat album, ia sering kali kesulitan menemukan orang yang mahir dan sesuai dengan seleranya dalam pembuatan video klip musik atau cover albumnya.
“Tahun lalu saat aku mau meluncurkan album Persona, aku sempat kesulitan mencari kreator yang sesuai sama apa yang dimau. Jadi, ceritanya karena setelah lima tahun vakum, aku kepengin album Persona ini diluncurkan tidak hanya dalam bentuk CD biasa, tapi dalam bentuk artbook. Saat itu lah aku ketemu Kreavi, dan berkolaborasi sama Kreavi untuk menciptakan artbook dari album Persona ini,” ungkap Vidi.
Momentum itulah yang diakui Vidi menjadi inspirasinya dalam menciptakan KROWDi. Ia merasa dibutuhkannya sebuah platform yang bisa mehubungkan antara satu kreator kreatif dengan kreator lainnya, agar mereka bisa saling bertemu, berkolaborasi, dan berkarya bersama.
“Setelah kerja sama dengan Kreavi, aku berpikir, berarti yang bisa punya akses untuk ketemu langsung dengan para kreator itu tidak semua orang. Nah, dari situ aku kepikiran untuk bikin sesuatu yang bisa mengumpulkan semua pelaku industri kreatif, bisa apa aja, musisi, komikus, videographer, designer, dan sebagainya, dalam satu tempat jadi mereka bisa ketemu dan berkenalan, dan dapat berujung pada mereka bikin karya bareng. Dari situ lah aku kepikiran untuk bikin KROWD ini,” jelas Vidi.
Selain memperkenalkan startup digitalnya yang sedang dalam proses pembuatan ini, Vidi juga berbagi cerita mengenai awal mula perjalanannya dalam industri musik sampai ia sekarang bisa menjadi musisi sukses yang juga gemar berbisnis. Vidi juga tidak sungkan untuk menceritakan masa-masa kegagalannya dulu dan berbagi motivasi kepada para peserta seminar.
STEVY WIDIA
Discussion about this post