Sabtu, 28 Januari 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

WhatsApp Ajak Generasi Muda Indonesia Jadi Penggiat Literasi Digital

13 September 2022
in Headline
Reading Time: 2 mins read
masyarakat digital

Literasi digital. (Foto: ilustrasi/youngster.id)

youngster.id - Bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan ICT Watch (organisasi masyarakat sipil yang berfokus pada literasi digital), WhatsApp meluncurkan program #BertemanAman, sebuah program literasi digital baru yang mengajak generasi muda Indonesia menjadi penggiat literasi digital.

Program #BertemanAman mencakup berbagai kegiatan literasi digital WhatsApp yang sedang berlangsung, termasuk JaWARa Internet Sehat dan Digital Impact Challenge.

Program #BertemanAman didukung oleh beberapa mitra seperti UNICEF Indonesia, Siberkreasi, dan lebih dari 60 organisasi lain, yang akan mengamplifikasi rangkaian kampanye ini. Melalui program ini, WhatsApp bertujuan untuk mengintensifkan penetrasi literasi digital di keluarga dan komunitas di Indonesia, memberikan literasi digital di masa transformasi digital yang pesat di Indonesia, serta mendidik kaum muda tentang privasi dan keamanan. Hal tersebut selaras dengan agenda Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) dan tema keseluruhan program literasi digital nasional “Menjadikan Indonesia Lebih Mampu Secara Digital”.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, anak-anak muda Indonesia adalah ujung tombak dalam upaya peningkatan literasi digital di Indonesia.

“Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi keberlanjutan program JaWAra Internet Sehat dan mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam kampanye #BertemanAman yang diinisiasi oleh WhatsApp dan ICT Watch supaya kita semua #MakinCakapDigital,” kata Semuel, Selasa (13/9/2022).

Ungkapan senada dikemukakan Manajer Kebijakan Publik WhatsApp untuk Indonesia Esther Samboh. “Kami percaya bahwa pemuda memiliki potensi besar untuk menjadi agen perubahan. Dengan kreativitas konten mereka, kami berharap kedua kegiatan ini dapat menjangkau lebih banyak orang di seluruh negeri dan membantu meningkatkan literasi digital,” kata Esther.

Langkah awal program ditandai dengan peluncuran akun Instagram @BertemanAman yang dijalankan oleh ICT Watch. ICT Watch akan memanfaatkan wadah ini untuk membuat konten beragam tentang literasi digital, mulai dari misinformasi, privasi dan keamanan, hingga spam dan penipuan. ICT Watch juga berencana untuk berkolaborasi dengan para key opinion leaders (KOLs) dan content creator muda di Indonesia untuk meningkatkan dan memperkuat dampak literasi digital.

Dengan peluncuran program ini, ICT Watch juga menjalankan kegiatan Digital Impact Challenge di bawah payung #BertemanAman. Masyarakat juga diajak untuk mengikuti kompetisi membuat konten literasi digital untuk melawan hoaks secara online. Konten terbaik setiap bulannya akan mendapatkan penghargaan “Best of the Best”, memenangkan hadiah, dan ditayangkan langsung di akun Instagram @BertemanAman. Kegiatan Digital Impact Challenge akan berlangsung sepanjang September dan berakhir pada 28 Oktober.

“Kami menyaksikan antusiasme anak muda yang terlibat dalam program JaWara Internet Sehat tahun lalu. Tahun ini, kampanye #BertemanAman akan melanjutkan program tersebut melalui aktivasi konten media sosial untuk merangkul lebih banyak lagi anak muda dalam meningkatkan jangkauan edukasi literasi digital melalui media sosial. Gerakan bersama ini tentunya tidak akan terwujud tanpa dukungan Kominfo, Siberkreasi, RelawanTIK, pemerintah daerah, organisasi non-pemerintah, serta institusi pendidikan lainnya,” kata Direktur Eksekutif ICT Watch Indriyatno Banyumurti.

 

STEVY WIDIA

Tags: ICT WatchKementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)literasi digitalWhatsApp
Previous Post

Tim Robotik Indonesia Siap Berlaga di First Global Challenge 2022

Next Post

Kampanye Live Streaming Shopee 9.9 Super Shopping Day Ditonton 12 Juta Jam

Related Posts

perilaku belanja konsumen
Analyze

Tren Perilaku Belanja Konsumen: Bisnis Perlu Beradaptasi dalam Ekosistem Digital

27 Januari 2023
0
Modalku x Ninja Xpress
Headline

Modalku Gandeng Ninja Xpress Untuk Permudah UMKM Impor Bahan Baku

27 Januari 2023
0
NextDev Academy 2023
Headline

NextDev Academy 2023, Perkuat Fundamental Startup Digital Indonesia

27 Januari 2023
0
Load More
Next Post
Shopee 9.9 Super Shopping Day TV Show

Kampanye Live Streaming Shopee 9.9 Super Shopping Day Ditonton 12 Juta Jam

Scarlett Gideon Cari Juara

Scarlett Gandeng Marcus Gideon Hadirkan Beasiswa untuk 7 Atlet Muda Bulutangkis

Fox Logger

Fox Logger, Startup Penyedia Tracking Sistem Siap IPO di BEI

Discussion about this post

Berita Terbaru

perilaku belanja konsumen

Tren Perilaku Belanja Konsumen: Bisnis Perlu Beradaptasi dalam Ekosistem Digital

27 Januari 2023
0
iQOO x BMW M Motorsport

Smartphone ini Kolaborasi dengan BMW M Motorsport

27 Januari 2023
0
Space Roastery

Space Roastery Kenalkan Kopi Khas Nusantara Di Ajang World Economic Forum 2023

27 Januari 2023
0
kosmetik

Strategi Perusahaan Korea Menggarap Potensi Pasar Industri Kosmetik Indonesia

27 Januari 2023
0
Cakap x Telkomcel

Ekspansi ke Timor Leste, Edtech Cakap Gandeng Telkomcel

27 Januari 2023
0
Modalku x Ninja Xpress

Modalku Gandeng Ninja Xpress Untuk Permudah UMKM Impor Bahan Baku

27 Januari 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version