youngster.id - WhatsApp menyelenggarakan acara WhatsApp Business Summit pertama di Indonesia. Pada acara tersebut WhatsApp memperkenalkan beragam fitur baru yang bertujuan untuk mempercepat interaksi bisnis dengan pelanggan melalui platform ini.
“Masyarakat Indonesia menyukai dan menggunakan WhatsApp untuk mengirim pesan kepada teman, keluarga, dan ke semakin banyak bisnis karena sederhana, aman, dan pribadi. Sejak tahun 2022, percakapan sehari-hari antara individu dan bisnis di WhatsApp di Indonesia meningkat hampir dua kali lipat, dan kami bertekad untuk terus mendukung perkembangan ekosistem digital di Indonesia,” kata Pieter Lydian, Country Director Meta Indonesia, dikutip Jum’at (3/11/2023) di Jakarta.
Dia menjelaskan, fitur Flows pada WhatsApp yang bertujuan memberikan kemampuan kepada bisnis untuk menyediakan beragam pengalaman. Mulai dari memilih kursi pesawat dengan cepat atau membuat janji pertemuan. Semuanya dapat dilakukan tanpa harus meninggalkan chat Anda.
“Dengan Flows, bisnis dapat menyediakan berbagai pilihan menu yang lengkap serta formulir yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan yang bermacam-macam. Fitur WhatsApp Flows kini tersedia secara global bagi bisnis yang menggunakan Platform WhatsApp Business,” kata Pieter.
Selain itu bisnis yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business dapat menerima Verifikasi Meta, yang akan meyakinkan pelanggan bahwa mereka sedang berinteraksi dengan akun bisnis yang resmi. Untuk mendapatkan verifikasi Meta, sebuah bisnis dapat menunjukkan keasliannya kepada Meta. Setelahnya, bisnis tersebut akan mendapatkan lencana terverifikasi, dukungan akun yang ditingkatkan, dan perlindungan dari peniruan.
“Dalam waktu dekat, WhatsApp akan mendukung para pelaku bisnis dalam meningkatkan mutu dan kecepatan layanan yang mereka berikan kepada pelanggan melalui penggunaan solusi kecerdasan buatan (AI). Saat ini, kami sedang menguji AI yang dirancang secara khusus untuk keperluan bisnis, agar setiap bisnis dapat memiliki AI yang mampu berinteraksi dengan pelanggan guna melakukan penjualan dan memberikan layanan dukungan,” ungkap Pieter.
Kegiatan ini dihadiri lebih dari 1.500 peserta yang terdiri dari pengusaha kecil, perusahaan, dan pengembang.
Pada kesempatan tersebut, Alfamart mengumumkan bahwa dalam waktu dekat, masyarakat akan dapat berkomunikasi dan melakukan pemesanan secara langsung melalui WhatsApp.
“Alfamart telah berhasil memanfaatkan WhatsApp secara efektif untuk memudahkan para pelanggan kami dalam mengakses program loyalitas kami. Saat ini, kami merasa sangat antusias dalam menggunakan WhatsApp untuk menghadirkan pengalaman online-to-offline yang sederhana dan dapat diandalkan bagi konsumen kami,” ujar Linda Valentin, Chief Commercial Officer Alfagift, Alfamart.
STEVY WIDIA
Discussion about this post